Connect with us
PERTAMINA

Jasa Pelayanan & Logistik

Pos Indonesia Gandeng GP Ansor Resmikan Layanan Agen Pos Kurir

Published

on

Agen Pos Kurir

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Ponorogo bersama GP Ansor Ponorogo meresmikan pembukaan layanan agen pos kurir pada Sabtu, 18 Juni 2022 di Gedung Sasanapraja Kabupaten Ponorogo.

Penandatangan perjanjian kerja sama dilakukan oleh Kepala Kantor Cabang Ponorogo Dedy Nurditya dengan Ketua GP Ansor Ponorogo Muhammad Ilham. Pada kesempatan ini juga diresmikan kerja sama pemanfaatan aplikasi Sobat Bayar milik GP Ansor  bekerja sama dengan PT Pos Indonesia (Persero) Nantinya, kedua layanan ini dapat digunakan oleh Kader Ansor hingga tingkat ranting di seluruh wilayah Kabupaten Ponorogo.

Kegiatan ini dilaksanakan bertepatan dengan pelantikan Muhammad Ilham sebagai Ketua GP Ansor Ponorogo periode 2021-2025. Acara dihadiri oleh Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas yang juga menjabat sebagai Ketua Umum GP Ansor, Bupati Kab. Ponorogo Sugiri Sancoko dan EVP Regoional 5 Surabaya Pos Indonesia Kiagus Muhammad Amran, serta 307 kader GP Ansor se-Kab. Ponorogo.

“Saya sangat mendukung kerja sama antara Pos Indonesia dan GP Ansor guna meningkatkan kemandirian ekonomi seluruh kader GP Ansor,” kata Menteri Agama Yaqut  Cholil Qoumas.

Acara ditutup dengan penyerahan cindera mata berupa Prangko Prisma oleh EVP Regional 5 kepada Menteri Agama RI. []

Jasa Pelayanan & Logistik

Erick Thohir, “Jika Sarinah Mampu Diubah, Kota Tua Harus Juga Bisa”

Published

on

Gedung Filateli Pos

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Berkunjung ke Kota Tua, Jakarta Utara pada Minggu (26/6) siang mendatangkan banyak inspirasi bagi Menteri BUMN, Erick Thohir. Di kawasan seluas 1,3 km persegi, yang juga disebut Batavia Lama (Oud Batavia) dan terdapat beberapa gedung milik BUMN, Erick memiliki visi mengubah Kota Tua agar lebih bermanfaat dan lebih maksimal seperti halnya Gedung Sarinah di Jakarta Pusat.

“Saya tertarik dan terinspirasi melihat bangunan di sekitar Kota Tua ini. Aset-aset bersejarah milik BUMN ada yang sudah dimanfaatkan dengan baik, seperti PosBloc di Pasar Baru untuk UMKM, produk lokal, seni dan budaya”, ujar Erick mencontohkan Gedung Filateli Pos yang kini menjadi Pos Bloc di kawasan Pasar Baru.

Tapi, Erick melanjutkan, untuk kawasan Kota Tua sendiri masih banyak yang bisa dimaksimalkan. “Apalagi ada gedung-gedung milik BUMN, seperti Bank Mandiri, Jasindo, Kerta Niaga, atau Cipta Niaga masih belum maksimal penggunaannya,” ujarnya saat berkeliling di kawasan yang selesai di bangun pada tahun 1650 itu.

Merujuk pada renovasi terhadap Gedung Sarinah yang dilakukan Kementerian BUMN sehingga gedung yang berdiri sejak 15 Agustus 1966 itu kini menjadi pusat perbelanjaan berstatus cagar budaya dengan konsep urban forest yang mengutamakan outdoor space di jantung ibu kota , Erick ingin Kota Tua juga mengalami transformasi serupa. Terlebih nilai historis Kota Tua jauh lebih kental seiring dengan pembentukan kota Jakarta sebagai ibukota negara.

“Jika Sarinah mampu kita ubah, Kota Tua Harus Juga Bisa. Jika Sarinah kini menjadi daya tarik dan ikon baru Jakarta, maka Kota Tua akan hadir dengan impresi berbeda, namun memiliki manfaat yang luas bagi masyarakat karena juga akan ada UMKM, produk lokal, pentas seni dan budaya. Apalagi tak jauh dari sini, ada eks Gedung Arsip Nasional. In syaa allah, tahun depan kita akan coba sinergikan dengan pembangunan kota tua secara menyeluruh,” tambahnya. []

Continue Reading

Airport Services

PT Bandara Internasional Batam Resmi Kelola Bandara Hang Nadim Batam

Published

on

Bandara Hang Nadim Batam

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Pada hari Jum’at, 24 Juni 2022 telah dilaksanakan penandatanganan serah terima pengoperasian Bandara Internasional Hang Nadim dari Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam (BP Batam) kepada PT Bandara Internasional Batam (PT BIB). PT Bandara Internasional Batam (PT BIB) merupakan konsorsium yang dibentuk oleh PT Angkasa Pura I dengan kepemilikan saham 51%, Incheon International Airport Corporation (IIAC) saham 30%, dan 19% saham milik PT Wijaya Karya (Persero) Tbk [WIKA].

Penandatanganan tersebut dilaksanakan oleh Kepala BP Batam Muhammad Rudi kepada Pikri Ilham Kurniansyah selaku Direktur Utama Pelaksana Badan Usaha Pelaksana PT Bandara Internasional Batam (PT BIB). Bandara Internasional Batam akan dikelola per 1 Juli 2022 oleh PT BIB dengan masa pengelolaan 25 tahun.

Turut hadir dalam acara serah terima tersebut adalah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Sekjen Kementerian Perhubungan Novie Riyanto, Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi, perwakilan dari Incheon International Airport Corporation (IIAC) Min Jae Chun, dan Direktur Operasi III PT Wijaya Karya (Persero) Tbk [WIKA] Rudy Hartono.

Sebelumnya, pada tanggal 21 Desember 2021 Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam (BP Batam) telah melakukan penandatanganan kerja sama pengelolaan (desain, pembangunan, pembiayaan, pengalihan, pengoperasian, dan pemeliharaan) dengan PT Bandara Internasional Batam.

PT Bandara Internasional Batam selanjutnya akan bertanggung jawab dalam pengoperasian dan pengembangan bandara yang meliputi renovasi, perluasan, dan pemeliharaan terminal penumpang eksisting (Terminal 1), pembangunan terminal penumpang (Terminal 2), pengelolaan terminal kargo baru, serta pengembangan rencana induk Bandara Internasional Hang Nadim dengan konsep Logistics Aerocity.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi, yang juga merupakan Komisaris Utama PT Bandara Internasional Batam, optimis terhadap prospek Bandara Hang Nadim Batam. “Per 1 Juli 2022 nanti, Bandara Internasional Hang Nadim resmi dikelola oleh Angkasa Pura I melalui PT Bandara Internasional Batam. Hal ini tentunya merupakan milestone besar perusahaan dalam pembuktian kapabilitas dan kualitas Angkasa Pura I dalam mengelola bandara. Kami bertekad untuk dapat mengembangkan Bandara Hang Nadim menjadi bandara berpengaruh, utamanya sebagai pusat logistik kargo udara tidak hanya di Indonesia saja, tetapi juga di kawasan regional Asia,” ujar Faik Fahmi.

“Hal ini juga merupakan langkah awal dalam transformasi bisnis perusahaan yang dilakukan oleh Angkasa Pura I untuk meningkatkan potensi pendapatan perusahaan. Bersama Incheon International Airport Corporation dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk [WIKA] yang merupakan anggota konsorsium, kami bertekad untuk memfasilitasi pencapaian target pertumbuhan perekonomian Batam melalui beberapa langkah yang telah dicanangkan oleh BP Batam sebelumnya,” lanjutnya.

Menko Airlangga Hartarto berharap Bandara Hang Nadim Batam dapat berperan positif terhadap proses supply chain barang industri. “Airport merupakan game changer karena logistik dari Batam sekarang lebih mahal daripada logistik dari Singapura. Tentunya dengan adanya airport, diharapkan dengan kerja sama ini, kargo bisa jadi hub untuk dapat mendorong supply chain. Kami harap hub ini juga bisa menjadi gateway,” ujar Menko Airlangga.

Sementara itu, Direktur Utama PT Bandara Internasional Batam Pikri Ilham Kurniansyah optimis dapat berkontribusi positif terhadap ekonomi Batam. “Kami berharap kedatangan PT BIB dapat membawa Bandara Hang Nadim untuk menjadi lebih baik, mampu bersaing di kancah internasional. Kami juga berharap kehadiran Hang Nadim ini memberi dampak bagi masyarakat lokal, tidak hanya kepada PT Angkasa Pura I, tidak hanya kepada WIKA, tidak hanya kepada Incheon, tetapi masyarakat lokal juga berkembang sejalan dengan perkembangan Hang Nadim,” ujarnya.[]

Continue Reading

Airport Services

Mei 2022, Volume Angkutan Kargo di 15 Bandara Angkasa Pura I Capai 32.819 Ton

Published

on

PT Angkasa Pura I

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Kinerja angkutan kargo di 15 bandara yang dikelola oleh PT Angkasa Pura I terus menunjukkan tren peningkatan. Selama bulan Mei, Angkasa Pura I tercatat melayani angkutan kargo hingga 32.819 ton atau meningkat hingga 9,8 persen jika dibanding pada Mei 2021 yang melayani 29.951 ton.

Jika dirinci, jumlah tersebut terdiri dari angkutan kargo domestik yang melayani hingga 30.153 ton atau meningkat hingga 7,57 persen dibandingkan pada Mei 2021 yang melayani 28.031 ton. Sedangkan untuk angkutan kargo internasional tercatat melayani hingga 2.666 ton atau meningkat hingga 39 persen dibandingkan pada Mei 2021 yang melayani 1.919 ton.

“Trafik kargo di 15 bandara yang kami kelola terus menunjukkan tren positif dalam beberapa tahun terakhir. Tren peningkatan ini tidak lepas dari perubahan pola konsumsi masyarakat selama masa pandemi Covid-19 dari biasanya berbelanja secara langsung atau offline menjadi berbelanja secara online melalui e-commerce dan dorong juga dengan mulai meningkatnya trafik penerbangan internasional di beberapa bandara yang kami kelola,” ujar Direktur Utama Angkasa Pura I, Faik Fahmi.

Setidaknya ada 3 bandara Angkasa Pura I yang melayani volume kargo terbesar selama bulan Mei, yaitu Bandara Sentani Jayapura yang melayani 9.220 ton atau meningkat hingga 54 persen dibandingkan pada tahun sebelumnya yang melayani 5.991 ton, disusul Bandara Sultan Hasanuddin Makassar yang melayani 6.936 ton atau meningkat 157 persen dibandingkan pada tahun sebelumnya yang melayani 2.702 ton dan Bandara Juanda Surabaya yang melayani 8.831 ton atau meningkat hingga 239 persen jika dibandingkan pada tahun sebelumnya yang melayani 2.605 ton.

“Angkasa Pura I optimis dapat meraih kinerja yang lebih baik dari tahun 2021 seiring dengan mulai pulihnya industri aviasi & pariwisata secara perlahan. Angkasa Pura I menargetkan dapat melayani angkutan kargo hingga 451.024 ton hingga akhir tahun 2022 atau meningkat 4 persen dibandingkan pada tahun 2021 yang melayani hingga 433.904 ton,” tambah Faik Fahmi. []

Continue Reading

BNI

Label

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM

error: Content is protected !!