POCC Pelindo III Resmi Diluncurkan

by
POCC Pelindo

POCC Pelindo III telah resmi diluncurkan. POCC merupakan pusat kontrol operasional pelabuhan untuk pelayanan kapal dan bongkar muat atau Port Operations Command Center. di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya belum lama ini. POCC tersebut diperkuat sebanyak 64 operator yang bekerja secara terjadwal yaitu beroperasi selama 24 jam.

Dalam persmian tersebut, Direktur Operasi dan Komersial Pelindo III Putut Sri Muljanto, mengatakan jika ke depannya POCC akan terus dikembangkan secara bertahap, dimana sebagai pilot project nya adalah Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan Pelabuhan Gresik.

“Selanjutnya POCC akan dibangun pada seluruh cabang pelabuhan milik Pelindo III,” ujarnya. Dengan adanya inovasi POCC kami berharap ke depannya akan semakin menekan biaya logistisk nasional,” terangnya.

Baca Juga: Pelindo III Raih Laba Rp1.8 Triliun

Fungsi POCC, jelas Sri, yaitu mengintegrasikan sistem internal seperti TOS (operasional terminal), Vasa (pelayanan kapal), Anjungan (pelayanan tagihan), dan lainnya, dengan sistem eksternal, seperti Inaportnet (sistem informasi kepelabuhanan).

“Secara inti POCC mengintegrasikan sistem internal eksternal, agar saat ada unusual condition yang mungkin terjadi di operasional pelabuhan yang sangat kompleks ini, ada sentuhan intelegensia manusia yang selalu siaga di pusat kontrol untuk memberikan solusi dengan cepat dan tepat,” jelasnya.

Sebelum adanya POCC, proses permohonan administrasi pelayanan kapal masih terpisah dan melibatkan beberapa pihak antara lain pelayanan kapal dan terminal. Kini semuanya mulai dari proses perencanaan hingga pelayanan kapal, dan pengendalian bongkar muat termonitor dalam satu pintu yang terpusat, sehingga prosesnya dapat menjadi lebih efisien dan efektif baik dari sisi tenaga ataupun waktu. Hal ini sangat menguntungkan pengguna jasa. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *