PLTS Madura Siap Pasok Listrik di 8 Pulau

oleh
PLTS Madura

PLTS Madura / Pembangkut Lisrtrik Tenaga Surya, kabarnya telah mencapai sembilan puluh persen dari total progres pembangunannya di Wilayah Madura. Hal ini ke depannya akan difungsikan untuk memasok kebutuhan listrik 8 pulau yang berada di wilayah tersebut.

Ke-8 pulau yang dilistriki tersebut antara lain, Pulau Sabuntan, Pulau Sakala, Pulau Paliyat, Pulau Pagerungan Kecil, Pulau Saubi, Pulau Masakambing, Pulau Tonduk, serta Pulau Goa-Goa. Penggeberan pembangunan ini sejalan dengan komitmen PLN untuk capai target elektrifikasi 100 persen pada tahun 2020. PLTS Madura ini juga salah satu usaha guna wujudkan energi ramah lingkungan (Green Energy).

Imam Asrori selaku Manager PLN Unit Pelaksana Proyek Ketenagalistrikan (UP2K) Provinsi Jawa Timur menyatakan, jika program pembangunan sarana ini akan siap bekerja pada Agustus 2019. Serta diprediksi akan mampu beroperasi selama 12 dalam satu hari.

Imam turut mengungkapkan jika pembangunan pembangkit listrik tenaga surya ini banyak tantangan. Untuk sampai di tempat proyek seperti Tonduk, para petugas PLN mesti terjang lautan ombak dengan jarak tempuh hingga 6 jam menggunakan kapal Ferry. Tak berhenti sampai di situ, mereka juga masih harus melanjutkannya dengan perahu kecil selama 30 menit.

Namun bersyukur, kini kapasitas 200 kWP Pulau Tonduk memiliki potensi pelanggan hingga 1.200 orang. Imam menambahkan, jika keseluruhan proses pengiriman material pembangunan dikirim lewat laut. Serta tak adanya akses kendaraan dari Pelabuhan itu sendiri.

Pihak PLN meyakini jika kunci keberhasilan pembangunan ini ialah, adanya komunikasi yang baik dengan seluruh aparat desa juga warga sekitarnya. Imam juga mengatakan, jika jalur panjang pembangunan PLTS Madura ini sebagai hadiah HUT RI ke-74.

Tahun ini PLN berencana akan membangun PLTS guna melistriki 23 pulau kecil lainnya. Sebelumnya, warga di delapan pulau di Madura ini memanfaatkan genset dari swadaya guna memberikan penerangan sehari-hari.

Beni Halim selaku warga Tonduk sangat senang dengan adanya pengaliran listrik oleh PLN tersebut. Dia berharap, dengan listrik PLN ini mampu mengurangi biaya genset yang menurutnya sangat membebani.

Selain itu, swadaya genset ini bisa mencapai biaya hingga 50.000 per titik lampu. Pun dengan perekonomian di pulau ini diharap akan terus berkembang dengan adanya PLTS dari PLN. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *