PLTP Small Scale Dieng Bakal Mulai Dibangun

oleh
PLTP small scale

PLTP small scale Dieng mulai dibangun pada Rabu, 10 Juli 2019 ini. Proyek tersebut dikerjakan oleh PT Geo Dipa Energi (Persero) yang merupakan proyek pertama di Indonesia. Dan ditargetkan bakal beroperasi secara komersial pada akhir tahun 2020 nanti.

Riki Firmanda Ibrahim selaku Direktur Utama PT Geo Dipa Energi menuturkan bahwa, PLTP small scale tersebut sebesar 10 MegaWatt. Proyek ini juga termasuk ke dalam program strategis nasional RUPTL 2019-2018.

“Bahkan termasuk (dalam) kegiatan proiritas pemantauan kantor staf Presiden Jokowi yang selalu dimonitor. Guna peningkatan kapasitas terpasang PLTP di Indonesia (yang) besarnya 10 MW. Dan PLTP small scale ini (merupakan) yang pertama di Indonesia,” jelas Riki usai melaksanakan groundbreaking.

PLTP Small Scale Bakal Penuhi Kebutuhan Listrik Jawa Bali

Proyek yang bernilai US$19 juta tersebut, bakal memenuhi kebutuhan daya listrik di wilayah Jawa dan Bali. Dengan adanya pembangunan PLTP small scale yang ada di Dieng dan di Patuha. PT Geo Dipa bakal menambah pasokan produksi listrik hingga sebesar 130 MegaWatt.

“PLTP Unit 1 Dieng (berkapasitas) 60 MW, tetapi memang usianya sudah tua jadi perlu ada yang baru. Untuk (bisa) menambah produksi listrik. (Yang) nantinya diperuntukkan utuk kebutuhan listrik Jawa dan Bali,” jelas Riki.

PT Geo Dipa juga akan bertanggung jawab dalam memenuhi target rencana umum energi nasional. Apalagi dengan energi ini yang tersedia melimpah. “Proyek (PLTP small scale) ini merupakan langkah konkret rencana jangka panjang. Selain itu juga, guna mewujudkan komitmen BUMN dalam membuka wawasan ekonomi Indonesia. (Yang) berbasis pemanfaatan energi domestik,” kata Riki.

Sebelumnya, proyek ini tertunda sebab menunggu kepastian keputusan Mahkamah Agung yang akhirnya mengabulkan permohonan banding. Yang diajukan PT Geo Dipa dalam sengketa perdata dengan perusahaan energi lainnya. Serta melakukan negosiasi harga listrik dengan PLN dari wilayah kerja panas bumi Candradimuka, Dieng, Jawa Tengah.

Apabila telah dibor dan dibangun PLTP (Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi), wilayah kerja panas bumi Candradimuka tersebut bakal menghasilkan listrik. Dengan besar sekitar 40 Megawatt untuk tahap awal. Pekerjaan pengembangan tersebut dimodali oleh Asian Development Bank atau ADB. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *