Connect with us
PERTAMINA

Energi & Tambang

PLN Tambah Pasokan Listrik Di Tanjung Selor

Published

on

PLN tambah pasokan

PLN tambah pasokan listrik untuk Tanjung Selor dan sekitarnya. Seluruh mesin pembangkit tambahan untuk memulihkan sistem kelistrikan telah beroperasi, agar pasokan listrik kembali normal.

General Manajer PLN UIW Kaltimra, Djoko Dwijatno menuturkan, “Berkat upaya keras tim lapangan, kami sudah berhasil menormalkan pasokan (listrik) yang sempat hilang. Setelah adanya pemeliharaan pada salah satu pembangkit yang menyuplai sistem di Tanjung Selor. Dengan telah normalnya sistem kelistrikan, kami berharap pelaksanaan pemilu di Tanjung Selor berjalan dengan lancar dan aktivitas masyarakat tidak terganggu.”

Bersamaan dengan sinkronnya seluruh pembangkit tambahan dengan total kapasitas sebanyak 3.2 MW. Saat ini sistem kelistrikan Tanjung Selor kembali beroperasi dengan daya 11.5 MW serta beban puncak masyarakat umum berkisar 11.2 MW. Sehingga PLN dapat menyatakan tidak ada lagi pemadaman bergilir.

Sebelumnya agar menormalkan pasokan listrik Tanjung Selor pasca pemeliharaan pada PLTU SAS, menyebabkan hilangnya daya hingga 3 MW. PLN tambah pasokan listrik dengan melakukan penambahan mesin pembangkit berdaya diesel berjumlah 5 mesin, dengan kapasitas total 3.2 MW.

Dalam usaha untuk mempercepat pemulihan daya yang hilang, PLN tambah pasokan listrik dengan mengirimkan sejumlah pembangkit. Dari daerah Tanah Grogot dan Long Ikis, Kalimantan Timur. Agar memberikan suplai tambahan, sehingga masyarakat nyaman dengan tercukupinya kebutuhan listrik.

PLN Tambah Pasokan Tingkatkan Kapasitas

Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ferdy Manurun Tanduklangi menyampaikan, “Sesuai kewenangan-kewenangannya. Kita sudah melakukan berbagai usaha. Di antaranya berkoordinasi dengan pihak penyalur listrik, dalam hal ini pihak PLN. Bahkan Pak Gubernur pun ikut secara langsung. Beliau menyambangi pimpinan PLN, meminta solusi atau penyelesaian cepat dalam persoalan listrik di Kaltara,” kata Ferdy.

Sebelum PLN tambah pasokan listrik, banyak laporan mengenai persoalan pemadaman listrik di Bulungan, terutama Tanjung Selor. Hal itu disebabkan PLN mengalami defisit daya, dampak dari terjadinya kerusakan di PLTU milik PT SAS dan berakibat pada berkurangnya pasokan daya.

Selain menyelesaikan perbaikan, dalam jangka pendek PLN menjanjikan akselerasi pengoperasian PLTU (2 x 7,5 Megawatt) dan PLTMG (3 x 7 Megawatt) di Gunung Seriang. “Ditargetkan paling lambat pada Juni, kedua pembangkit dengan kapasitas daya 32 Megawatt telah bisa dioperasikan di Tanjung Selor. Bahkan, Kaltara akan aman (pasokan listriknya),” tutur Ferdy.

Sementara untuk jangka panjang, PLN tambah pasokan listrik dengan cara pemerintah mulai merealisasikan pembangunan PLTA Kayan dengan kapasitas total sebesar 9.000 Megawatt. Pada tahap pertama akan dimulai dengan kapasitas 900 Megawatt. []

Energi & Tambang

Kinerja PLN Dioptimalkan, Erick Thohir Rombak Jajaran Direksi

Published

on

Kinerja PLN

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Kinerja PLN terus dioptimalkan oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara. Salah satu langkah yang dilakukan baru-baru ini adalah melakukan pergantian pada jajaran direksi.

Menteri BUMN Erick Thohir secara resmi telah melakukan perombakan jajaran pada BUMN listrik tersebut.

Keputusan tersebut dalam surat bernomor SK-200/MBU/06/2021 dan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PLN tahun 2021.

Dalam keputusan tersebut secara resmi menetapkan sejumlah nama sebagai direksi PLN yang berlaku sejak 16 Juni 2021.

Adapun beberapa nama tersebut adalah Direktur Bisnis Regional Sumatera dan Kalimantan yang diisi oleh Muhammad Ikbal Nur,

Selanjutnya untuk kursi Direktur Mega Proyek dan Energi Baru Terbarukan diduduki oleh Wiluyo Kusdwiharto.

Kemudian posisi Direktur Perencanaan Korporat, Erick Thohir menaruh harapan pada Evy Haryadi.

Dengan demikan maka susunan Direksi PLN saat ini adalah sebagai berikut:

1. Direktur Utama – Zulkifli Zaini

2. Wakil Direktur Utama – Darmawan Prasodjo

3. Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko – Sinthya Roesly

4. Direktur Manajemen Sumber Daya Manusia – Syofvi Felienty Roekman

5. Direktur Perencanaan Korporat – Evy Haryadi

6. Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan – Bob Saril

7. Direktur Energi Primer – Rudy Hendra Prastowo

8. Direktur Mega Proyek dan Energi Baru Terbarukan – Wiluyo Kusdwiharto

9. Direktur Bisnis Regional Sumatera dan Kalimantan – Muhammad Ikbal Nur

10. Direktur Bisnis Regional Jawa,Madura dan Bali – Haryanto W.S

11. Direktur Bisnis Regional Sulawesi, Maluku, Papua & Nusa Tenggara – Syamsul Huda

Seperti diketahui bahwa adanya pergantian pengurus menjadi hal yang lumrah pada setiap BUMN termasuk PLN. Langkah tersebut menjadi bagian dari upaya mendorong kinerja PLN.

PLN senantiasa terus berkomitmen dalam memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh masyarakat Indonesia. Sehingga dengan adanya direksi baru tersebut diharapkan kinerja PLN akan jauh semakin baik.

Continue Reading

Energi & Tambang

PLN Gandeng Ditjen Dukcapil Guna Peningkatan Pelayanan

Published

on

Dukcapil

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PLN tandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri terkait Pemanfaatan Nomor Induk Kependudukan, Data Kependudukan Dan Kartu Tanda Penduduk Elektronik Dalam Lingkup Layanan PLN.

Penandatanganan Kerja Sama dilakukan secara daring oleh Direktur Utama PLN, Zulkifli Zaini dan Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil, Zudan Arif Fakrulloh pada Jumat, (11/6). Hal ini merupakan bentuk digitalisasi proses bisnis khususnya pada peningkatan pelayanan pelanggan.

“PLN melayani lebih dari 79 juta pelanggan, dimana diantaranya sekitar kurang lebih 37 juta pelanggan merupakan pelanggan yang mendapatkan subsidi listrik yang harus dikelola secara profesional dan tepat sasaran,” tutur Zulkifli.

Dirinya menambahkan, diperlukan sinkronisasi data pelanggan PLN dengan data DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) dari Kementerian Sosial dimana Nomor Induk Kependudukan (NIK) digunakan sebagai basis pelayanan publik.

Dengan tercantumnya NIK pada seluruh data pelanggan PLN akan mempermudah verifikasi dan validasi data NIK pelanggan pada data base PLN serta membantu penyaluran subsidi listrik berbasis DTKS akan tepat sasaran.

“Mudah-mudahan 79 juta pelanggan PLN dengan target 37 juta pelanggan yang mendapatkan subsidi berbasis DTKS yang sudah berbasis NIK dapat berjalan dengan lancar dan tepat sasaran. Dengan sinkronasi data yang dilakukan, nantinya PLN dapat mengetahui informasi mengenai pelanggannya,” ucap Zudan.

Dirinya menambahkan, kerja sama ini dapat memudahkan PLN untuk membangun proses digitalisasi, pemberian subsidi, sekaligus melakukan pencocokan pelanggan lama dan verifikasi pelanggan baru.

PLN berharap kerja sama ini menjadi sebuah langkah strategis yang akan memberikan nilai tambah bagi kedua belah pihak. PLN akan terus meningkatkan sinergi dengan berbagai pihak untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan. []

Continue Reading

Energi & Tambang

Pasokan BBM dan LPG di Wilayah Jawa Tengah dan DIY Dipastikan Aman

Published

on

pasokan BBM

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Pertamina pastikan pasokan BBM dan LPG di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tetap dalam kondisi aman, pasca insiden kebakaran di salah satu bundwall tangki penyimpanan di area Kilang Cilacap, Jumat (11/6).

Unit Manager Communication, Relations, & Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina Pemasaran Regional Jawa Bagian Tengah dalam keterangan pers di Semarang mengatakan kejadian tersebut tidak akan mempengaruhi distribusi BBM dan LPG, khususnya di wilayah Jawa Tengah dan DIY.

“Pertamina Pemasaran Regional Jawa Bagian Tengah memiliki 7 Fuel Terminal dan 3 LPG Terminal yang berfungsi untuk memasok kebutuhan BBM dan LPG di provinsi Jawa Tengah dan DIY, untuk itu pasokan dan distribusi kepada masyarakat dapat dipastikan aman dan cukup melalui unit operasi tersebut,” ungkap Brasto.

“Untuk itu masyarakat tidak perlu khawatir, terlebih terkait kebutuhan pasokan BBM dan LPG,” tutupnya. []

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM

error: Content is protected !!