Connect with us
PERTAMINA

Energi & Tambang

PLN Resmikan Terminal Batu Bara PLTU Jawa 7

Published

on

PLN

PLN atau Perusahaan Listrik Negara terus mengebut proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap atau PLTU Jawa 7. Yang memiliki kapasitas hingga 2×1.000 Megawatt.

Pada Jumat, 5 Juli 2019 dilaksanakan acara peresmian operasi perdana Terminal batu bara PLTU Jawa 7. Acara tersebut diresmikan oleh Haryanto W. S. Selaku Direktur Bisnis Regional Jawa bagian Barat.

Kegiatan tersebut berlokasi di Desa Terate, Kecamatan Kramatwatu, Serang, Banten yang dihadiri beberapa pejabat PLN. Seperti Iwan Agung selaku Direktur Utama PJB serta Gunawan selaku Direktur Utama Pembangkitan Jawa Bali Investasi (PJBI).

Hal itu menjadi simbol ketersediaan pasokan batu bara guna mendukung pengoperasian PLTU Jawa 7. Yang direncanakan bakal segera mulai beroperasi, untuk unit 1 pada bulan Oktober 2019 mendatang. Sedangkan untuk unit 2 bakal beroperasi pada bulan April 2020 mendatang secara komersial guna mendukung pasokan sistem PLN di Jawa-Bali.

PLN Kebut Pembangunan PLTU Jawa 7

“PLTU Jawa 7 merupakan bagian dari perwujudan nyata (pada) program pemerintah dalam pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan 35 ribu Megawatt. Kita (PLN) harapkan pengoperasian PLTU Jawa 7 bakal menjadi kado bagi masyarakat Indonesia,” ujar Haryanto.

Haryanto mengatakan lebih lanjut, bahwa peresmian batu bara tersebut sebagai titik krusial dalam percepatan pembangunan PLTU Jawa. “Dengan adanya terminal batu bara ini, maka bisa segera dilakukan berbagai rangkaian performance tes. Seperti Realibility Run Test, Boiler Test, sampai mendapatkan Sertifikat Layak Operasi. Sehingga (dapat) mempercepat proses menuju COD,” jelas Haryanto.

PLTU Jawa 7 bakal menjadi PLTU batu bara terbesar dan pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi Boiler Ultra Super Critical. Dengan menggunakan bahan bakar batu bara low rank yang mempunyai nilai kalor 4.000 sampai 4.600 kilokalori per kilogramnya.

Serta mengonsumsi sekitar 7 juta ton per tahun apabila telah beroperasi kedua unitnya. Dalam pengoperasiannya PLTU ini menggunakan Sea Water Fuel Gas Desulfurization atau SWFGF yang digadang-gadang sangat ramah terhadap lingkungan.

Sebab memakai coal handling plant, sehingga tidak ada batu bara yang tercecer sampai di coal yard. Diharapkan PLTU Jawa 7 tersebut dapat mendukung PLN dalam memenuhi kebutuhan listrik para pelanggan. Serta sekaligus menopang pertumbuhan ekonomi nasional ke depannya. []

Energi & Tambang

Lebih Hemat dan Aman, Ini Sederet Keunggulan Kompor Induksi

Published

on

Induksi

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT PLN (Persero) terus mendorong electrifying lifestyle atau gaya hidup baru dengan menggunakan peralatan serba elektrik yang bebas emisi dan ramah lingkungan.

Dukungan ini juga sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk menjalankan program transisi energi. Salah satu wujud konkret electrifying lifestyle adalah dengan menggunakan kompor induksi.

Executive Vice President Komunikasi Korporat dan CSR PLN Agung Murdifi merekomendasikan penggunaan kompor induksi di dapur rumah tangga karena lebih aman, mudah, dan efisien.

“Kompor induksi memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan dengan kompor konvensional,” ujarnya.

Kompor ini menggunakan energi listrik sebagai energi panas. Kompor induksi tidak memancarkan api layaknya kompor gas.

Lalu bagaimana kompor induksi bekerja? Kompor ini bekerja ketika alat masak diletakkan di atas kompor, lalu arus listrik bolak-balik dilewatkan dari dalam badan kompor melalui gulungan kawat.

Panas yang dihasilkan langsung dialirkan ke alat masak, sehingga ketika bersentuhan dengan anggota tubuh, tidak terasa panas dan relatif aman.

Keuntungan lainnya, kompor listrik mudah dibersihkan. Dari sisi waktu memasak juga lebih hemat karena kompor induksi memungkinkan penyebaran panas yang lebih merata ketimbang kompor gas.
Hal ini memungkinkan aktivitas memasak lebih cepat, sehingga hemat waktu.

Agung menjelaskan, waktu masak yang lebih cepat akan membuat kompor listrik lebih hemat penggunaan energi daripada gas.

Dari sisi penggunaan, kompor induksi juga lebih murah dibandingkan dengan kompor LPG. Hasil uji coba menunjukan, untuk memasak 1 liter air menggunakan kompor induksi 1.200 watt hanya memerlukan biaya sebesar Rp 158, sementara dengan kompor elpiji tabung 12 kilogram sekitar Rp 176. Sehingga dengan pola memasak rata-rata masyarakat di Indonesia menggunakan gas LPG 11,4 kg per bulan, terjadi penghematan Rp 28.500,- dari biaya memasak setiap bulan.

“Tidak hanya itu, menggunakan kompor induksi juga lebih praktis, tinggal colok saja,” ucap Agung.

Agung mengatakan, penggunaan kompor induksi juga mengurangi potensi polusi rumah tangga. Menurut dia, itulah salah satu tujuan penerapan electrifying lifestyle.

Sejatinya, penggunaan kompor induksi juga memberi dampak positif kepada negara. Data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menunjukkan bahwa rata-rata subsidi impor gas dalam 6 tahun terakhir sekitar Rp 43 Triliun per tahun.

“Kami mengajak masyarakat beralih ke kompor induksi tanpa harus bergantung ke kompor elpiji yang saat ini sebagian besar penyediaan energinya masih impor,” tambahnya.

Bagi yang tertarik beralih ke kompor induksi, PLN memberikan harga khusus tambah daya hanya sebesar Rp 150 ribu melalui program Nyaman Kompor Induksi 2021 bagi pelanggan yang membeli kompor induksi melalui partner yang memiliki kerja sama dengan PLN.

PLN juga memiliki produk layanan Ekstra Daya, yaitu paket layanan listrik untuk rumah baru dengan daya 2200 VA ditambah kompor Induksi lengkap peralatan masak. Program ini dilakukan dengan menggandeng ini BUMN Karya serta perusahaan properti.

Produk-produk layanan PLN untuk paket kompor induksi ini merupakan bagian dari rencana program konversi energi berbasis impor menjadi domestik. Langkah ini akan berkontribusi terhadap penguatan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan. []

Continue Reading

Energi & Tambang

Bayar Tagihan dan Beli Token Listrik Cepat dan Mudah Lewat PLN Mobile

Published

on

bayar-tagihan

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Bayar Tagihan dan Beli Token Listrik kini semakin mudah dan cepat. Melalui aplikasi PLN Mobile, PT PLN (Persero) menghadirkan beragam kenyamanan dan kemudahan.

Selain kemudahan, PLN juga menyajikan petunjuk sederhana sehingga memberikan kecepatan dalam proses transaksi.

Executive Vice President Komunikasi Korporat dan CSR PLN Agung Murdifi mengatakan, PLN berkomitmen memberikan kemudahan pembayaran tagihan dan pembelian token listrik.

“Sekarang PLN Mobile bisa dibilang super app, karena pelanggan juga dapat dengan mudah dan cepat membayar tagihan atau membeli token listrik,” ujarnya.

Agung menjelaskan, setidaknya ada tiga pilihan menu yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran tagihan atau membeli token listrik.

OPSI PERTAMA

1. Pilih menu “Kelistrikan”

2. Pilih ID Pel yang akan dilakukan proses pembayaran rekening listrik, atau

3. Menuju pada menu “Pemberitahuan” (untuk ID pelanggan pascabayar yang telah didaftarkan pada akun PLN Mobile)

OPSI KEDUA

1. Pilih Menu “Token dan Pembayaran”

3. Masukkan Nomor ID pelanggan yang akan dilakukan pembayaran (apabila belum terdaftar pada akun PLN Mobile), atau

3. Pilih ID pelanggan yang akan dilakukan pembayaran (apabila sudah terdaftar pada akun PLN Mobile)

OPSI KETIGA

Menuju pada fitur “Pemberitahuan”, apabila pelanggan telah mendaftarkan ID Pel pada PLN Mobile akan tertampil pemberitahuan antara lain:

1. Tagihan Listrik (Pasca Bayar)

2. Sisa Token (Pra Bayar)

3. Pemadaman yang terjadi hingga info Nyala akibat pemadaman.

Setelah memilih salah satu opsi di atas, pelanggan akan ditujukan untuk melakukan pembayaran. Berikut caranya:

– Akan tampil daftar tagihan, pilih tagihan yang terbit, pilih “PILIH TAGIHAN”

– Akan muncul detil tagihan pilih “LANJUTKAN PEMBAYARAN”

– Muncul halaman pembayaran, Pelanggan dapat memilih metode pembayaran dengan pilih
“GANTI METODE PEMBAYARAN”. Apabila sudah memilih metode pembayaran, pilih “BAYAR”

– Akan tampil Batas Waktu Pembayaran, selesaikan pembayaran, apabila telah selesai, pilih “LIHAT TRANSAKSI SAYA”, akan terhubung ke halamat riwayat transaksi.

– Pelanggan akan menerima notifikasi di HP-nya seperti gambar di atas.

Sementara itu, untuk pembelian token listrik, setelah memilih salah satu opsi di atas, pelanggan akan diarahkan pada instruksi sebagai berikut:

– Setelah pilih ID Pel/No Meter, akan tampil daftar tagihan, pilih “BELI TOKEN”

– Pilih nominal token yang akan dibeli,
pilih “LANJUTKAN PEMBAYARAN”

– Muncul halaman pembayaran, pelanggan dapat memilih metode pembayaran dengan pilih “GANTI METODE PEMBAYARAN”. Apabila sudah memilih metode pembayaran, pilih “BAYAR”.

– Pilih metode pembayaran

– Akan tampil batas waktu pembayaran, selesaikan pembayaran. Apabila telah selesai,
pilih “LIHAT TRANSAKSI SAYA”, akan terhubung ke halamat riwayat transaksi.

– Tampilan Riwayat Transaksi. Pelanggan akan menerima notifikasi di HPnya seperti gambar di atas.

Selain fitur pembayaran tagihan dan pembelian token listrik, masih banyak layanan PLN Mobile yang sangat membantu pelanggan.

“Maka dari itu, bagi pelanggan PLN yang belum memiliki PLN Mobile dapat segera mengunduh secara gratis melalui PlayStore atau AppStore untuk mendapatkan informasi dan layanan kelistrikan terkini,” ucapnya. []

Continue Reading

Energi & Tambang

Fitur ListriQu, Inovasi PLN Mobile Hadirkan Perbaikan Instalasi Listrik

Published

on

Fitur ListriQu

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Fitur ListriQu menjadi inovasi pembaruan dari PLN Mobile yang memudahkan pelanggan untuk mendapatkan layanan perbaikan instalasi listrik.

Perlu diketahui, kewenangan PLN terkait kelistrikan hanyalah hingga ke meteran pelanggan. Sementara untuk instalasi di dalam rumah merupakan kewenangan dan tanggung jawab pelanggan. Banyak terjadi kasus korsleting listrik yang menyebabkan kebakaran yang disebabkan karena kurang kompetennya tukang listrik yang memasang atau memperbaiki instalasi milik pelanggan dan akibat komponen instalasi yang tidak standard.

EVP Komunikasi Korporat dan TJSL PLN Agung Murdifi menjelaskan PLN ingin menjawab kebutuhan pelanggan terkait instalasi dalam rumah pelanggan melalui fitur ListriQu pada PLN Mobile. Layanan ini memudahkan pelanggan untuk mendapatkan fasilitas jasa perbaikan instalasi listrik. Tak hanya itu, melalui fitur ListriQu juga para pelanggan bahkan bisa langsung membeli komponen instalasi listrik.

“Jika pelanggan ada persoalan instalasi listrik pelanggan tak perlu repot repot mencari tukang listrik lagi. PLN menyediakan langsung para teknisi yang tentunya sudah terlatih dan terjamin kualitasnya untuk menjawab kebutuhan instalasi masyarakat,” ujar Agung.

Dirinya menambahkan, fitur ListriQu pada PLN Mobile sudah terintegrasi dengan sistem PLN sehingga jika ada order yang masuk, sistem akan secara otomatis meneruskan order tersebut ke kantor unit PLN terdekat sehingga pelanggan tidak perlu menunggu lama.

Sistem transaksi juga bisa dilakukan dalam satu genggaman. Pengguna PLN Mobile diberikan pilihan beberapa metode pembayaran saat mengakses layanan.

“Kami juga memberikan opsi pembayaran bagi pelanggan terutama di saat pandemi yang mengedepankan transaksi cashless. Jadi semua pembayaran bisa dilakukan melalui sistem transaksi yang sudah tersedia di PLN Mobile,” jelas Agung.

Saat ini fitur ListriQu sudah dapat di manfaatkan di Wilayah Jawa, Madura, Bali, Sumatera, Kalimantan dan Nusa Tenggara Barat. Kedepannya, PLN akan segera menghadirkan fitur ini di wilayah timur Indonesia seperti Nusa Tenggara Timur, Sulawesi, Maluku dan Papua. []

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM

error: Content is protected !!