Pindad Pamerkan Kendaraan Berbahan Bakar Listrik

by
Pindad

PT Pindad (Persero) memamerkan kendaraan listrik roda dua dan roda tiga di acara seminar and Exhibition Electric Car yang digelar belum lama ini di Gedung BPPT Jakarta. Seminar dan pameran mobil listrik tersebut dihadiriMenteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto dan Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan.

Direktur Bisnia Produk Industrial Heru Puryanto mengatakan Pindad saat ini tengah berencana meluncurkan kendaraan listrik roda dua yang diberi nama Gesits. Proses pembuatannya merupakan kerjasama dengan beberapa pihak diantaranya Wika Industri dan Konstruksi, Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Koknservasi Energi, Ristekdikti, Garasindo, serta ITS.

“Ini sebenarnya baru prototype, intinya kalau Pindad telah mengembangkan motor listrik, adapun kendaraannya bisa kerja sama dengan partner manapun,” ujarnya.

Dalam prosesnya, desain bodi Gesits dikerjakan oleh Wijaya Konstruksi, sementara proses perakitan seluruhnya dilakukan di Pindad. Produk lain yang ditampilkan yaitu Kendaraan listrik roda tiga yang dilengkapi dengan bak di bagian belakangnya yang bisa dimanfaatkan untuk membawa barang.

Heru menambahkan kendaraan ramah linngkungan yang dikembangkan dengan ITB ini memilki konsep angkutan pedesaan sehingga dapat digunakan untuk mengangkut produk-produk pertanian maupun berdagang. Pengisian bahan bakarnya pun sangat mudah.

“Ini sementara kami kerja sama dengan ITB pengembangan. ini konsepnya angkutan pedesaan, bisa untuk jualan juga bisa, ini membantu operasional pedagang, atau petani. Mereka sederhana tidak perlu cari bahan bakar tinggal sampai di rumah colok listrik selesai. Pas listrik mati bisa diisi bensin karena ini hybrid intinya bensin menggerakkan generator disimpan di aki,” terangnya. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *