Connect with us
PERTAMINA

Industri

Pindad Terus Lakukan Penetrasi Pasar Global

MediaBUMN

Published

on

Agar tetap eksis di kancah global maka dibutuhkan eksistensi dan upaya strategis untuk melakukan pengenalan produk secara intensif. Hal tersebut sejalan dengan apa yang telah dilakukan Pindad. Keberhasilannya mengenalkan produk-produk alutsista ke pasar internasional tidak terlepas dari upaya perseroan yang senantiasa aktif mengikuti berbagai pameran internasional.

Direktur Utama PT Pindad (Persero) Abraham Mose mengatakan bahwa agar tetap eksis di pasar global, pihaknya senantiasa mengikuti kegiatan expo atau pameran produk alutsista maupun industrial yang diadakan di luar negeri. Selain kegiatan expo, Seperti diketahui bahwa perseroan memiliki kemampuan SDM yang sangat mumpuni di bidangnya masing-masing.

Baca Juga: PTDI Gencarakan Pemasaran N219 Nurtanio

Melalui networking yang dibangun oleh SDM tersebut melalui berbagai kegiatan strategis seperti seminar maupun pemaparan di luar negeri atas kemampuan industri alutsista Indonesia, sehingga secara tidak langsung mengenalkan produk-produk ke pasar global.

“Di berbagai kompetisi internasional seperti; ASEAN Armies Rifle Meet (AARM), Australian Army of Skill Arms at Meeting (AASAM), BISAM (Brunei Darussalam), Indonesia selalu menjadi juara. “Kompetisi AASAM Indonesia keluar sebagai pemenang selama 10 kali berturut-turut dan AARM Indonesia menang untuk yang ke 11 kalinya,” ungkap Abraham.

Dengan demikian atas keberhasilan Indonesia tersebut, maka secara tidak langsung mengenalkan produk-produk Pindad, senjata dan munisi buatan Indonesia pada perhelatan kompetisi tersebut. Hal ini tentunya memberikan dampak yang sangat baik terhadap bisnis perusahaan ke depan.

“Dari situ lah kemudian berdatangan ke Pindad silih berganti. Mulai dari Negara Asean termasuk Brunei, Australia, Timor Leste, Negara Kepulauan Fiji, Negara Timur Tengah, bahkan dari Prancis. Pada akhirnya kegiatan ekspor pun berjalan dengan sangat baik,” ujarnya.

Namun tidak berhenti sampai disitu, Abraham mengaku mengundang negara-negara tersebut untuk masuk ke Indonesia untuk melakukan joint operations atau strategic partnership, terlebih negara-negara tersebut merupakan negara yang berstatus sebagai vendor teknologi.

“Harapannya ke depan, kita bisa menjual produk bersama tersebut ke luar negeri tetapi dengan tetap menggunakan brand Pindad. Ini sedang berjalan, dimana pada akhirnya kami memiliki pabrik di dalam negeri untuk kemudian menjual produknya ke luar negeri,” ungkapnya.

Baca Juga : Krakatau Steel Segera Kembangkan Produk Baja Otomotif

Terkait mengenai komposisi dalam penjualan produk, untuk saat ini komposisinya adalah 80-85% domesik dan 15-20% adalah ekspor. Namun kini Pindad tengah fokus dalam meningkatkan ekspor dengan membentuk Project Management Officer (PMO) yang secara khusus mengamati pasar ekspor. Dan juga terdapat divisi penjualan yang secara khusus fokus terhadap produk-produk ekspor dengan mengkaji kerjasama dengan luar negeri.

Lebih lanjut ia menuturkan bahwa dalam waktu dekat pihaknya akan memiliki pabrik baru untuk mengembangkan kapasitas produksi munisi, kerjasama dengan partner untuk mengembangkan sayap lebih besar.

“Kami akan memiliki 2 lokasi pabrik. di Bandung dengan luas 66 hektare dan Turen, Malang seluas 168 hektare, Dengan lahan yang masih cukup luas tersebut, Pindad memiliki kemampuan melakukan Joint Operation (JO) dengan company lain untuk menambah pabrik,” tutup Abraham. []ct

Perbankan

Inovasi bank bjb dan Tim Pembina Samsat, Setor Pajak Kendaraan di Kepri Bisa via Bukalapak dan Indomaret

MediaBUMN

Published

on

samsat

MEDIABUMN.COm. Jakarta – bank bjb bekerja sama dengan Tim Pembina Samsat Kepulauan Riau (Kepri) mengembangkan inovasi cara pembayaran pajak tahunan kendaraan dengan membuka layanan pembayaran via Indomaret dan Bukalapak. Inovasi ini menambah channel pembayaran pajak yang selama ini telah dimiliki Samsat Kepri.

Dengan hadirnya format layanan baru ini, para wajib pajak dapat melakukan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ), serta registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor di daerah hukum Kepolisian Daerah Kepulauan Riau secara elektronik melalui aplikasi bayar pajak Kepri, website Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah, gerai Indomaret dan Bukalapak.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto menuturkan inovasi tersebut sengaja dilakukan sebagai bentuk dukungan bank bjb terhadap optimalisasi pendapatan daerah. Dengan akses pembayaran pajak yang semakin mudah dan praktis, diharapkan akan semakin banyak wajib pajak yang memanfaatkan layanan hasil inovasi ini sehingga pendapatan daerah ikut terdongkrak.

“Telah sejak awal bank bjb hadir dan ikut serta membangun sistem elektronifikasi layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor di berbagai daerah di Indonesia. Sebagai agen perubahan nasional, kami telah berhasil merevolusi sistem pembayaran pajak sehingga berjalan lebih mudah dan efisien. Kami berharap inovasi-inovasi yang kami persembahkan ke depan, khususnya di sektor pembayaran pajak, dapat semakin mengakselerasi kinerja perolehan pendapatan daerah yang menjadi modal penting bagi pemerintah untuk menjalankan agenda-agenda pembangunan demi kesejahteraan masyarakat,” ujar Widi.

Selama ini, bank bjb memang senantiasa melakukan langkah inovasi demi menghadirkan layanan yang semakin mempermudah bagi publik dan nasabah sebagai penerima manfaat. Selain E-Samsat, beberapa hasil inovasi elektronifikasi pembayaranm pajak yang telah dilakukan bank bjb antara lain Tabungan Samsat (T Samsat), Samsat Jawa Barat Ngabret (Samsat J’bret), dan Samsat Banten Hebat (Sambat). Inovasi juga dilakukan untuk sistem setoran Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) yang dapat secara online melalui aplikasi bjb DIGI. Pembayaran pajak dapat dilakukan melalui seluruh channel bank bjb antara lain Teller, Automated Teller Machine (ATM), dan Electronic Data Captured (EDC). Pembayaran juga dapat dilakukan di channel layanan yang sudah bekerjasama dengan bank bjb dan Pemerintah Daerah setempat melalui Indomaret, Alfamart, Tokopedia, Bukalapak, Traveloka, PT Pos Indonesia.

Pembayaran PKB di Bukalapak dan Indomaret dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi E-Samsat KEPRI yang tersedia di Google Play Store untuk memperoleh kode bayar. Kode bayar ini diperlukan sebagai syarat pembayaran pajak di Indomaret dan Bukalapak.

Langkah pertama untuk mendapatkan kode bayar pada aplikasi E-Samsat KEPRI yakni dengan memilih pembayaran melalui bank bjb pada opsi menu. Setelahnya, masukkan nomor polisi kendaraan. Lalu, Masukkan enam digit terakhir nomor rangka. Selanjutnya kode bayar akan muncul.

Setelah kode bayar diperoleh, pembayaran PKB dapat dilanjutkan melalui aplikasi Bukalapak maupun Indomaret. Setelahnya, Wajib Pajak akan memperoleh bukti pembayaran. Simpanlah bukti pembayaran kendaraan bermotor untuk mencetak Surat Ketetapan Pajak Daerah (SKPD) dan pengesahan STNK pada layanan Samsat yang tersebar di Kepri berlaku selama dua bulan setelah pembayaran dilakukan. []

Continue Reading

Konstruksi & Properti

Dana PMN Rp11 Triliun Disalurkan ke Hutama Karya

EKO PRASETYO

Published

on

Dana PMN

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Dana PMN (Penyertaan Modal Negara) dari Pemerintah akan disalurkan kepada PT Hutama Karya (Persero) atau HK sebesar Rp 3,5 triliun tahun ini. Namun besaran dana PMN ini kemungkinan akan ditambah lagi sebesar Rp 7,5 triliun.

Dengan begitu, perusahaan pelat merah yang bergerak dalam pengelolaan jalan tol ini akan mendapatkan total modal tambahan senilai Rp 11 triliun.

Senior Executive Vice President (SEVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Muhammad Fauzan mengatakan, penambahan dana PMN ini sejalan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 23/2020 tentang Program Pemulihan Ekonomi Nasional.

Keseluruhan dana PMN yang diterima Hutama Karya akan digunakan perusahaan untuk melanjutkan pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) sepanjang 2.765 km dari Lampung hingga Aceh.

“Hutama Karya menjadi salah satu BUMN yang akan menerima tambahan dana PMN. Pihak perseroan tentunya sangat berterima kasih atas dukungan dan kepercayaan yang telah diberikan pemerintah dalam melanjutkan pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera,” ujar Fauzan dalam keterangannya, Rabu (27/5/2020).

Dengan tambahan Dana PMN ini, menurut Fauzan akan memperkuat perusahaan dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh pemerintah. Sebab sebelumnya HK juga telah menerbitkan Global Bonds senilai Rp 9 triliun.

Selanjutnya, dana tersebut akan digunakan untuk pembangunan ruas Pekanbaru – Pangkalan sepanjang 95 km (Rp 4,3 triliun), ruas Muara Enim – Simpang Indralaya sepanjang 119 km (Rp 3,2 triliun), dan ruas Dumai- Pekanbaru sepanjang 131 km dengan nilai proyek Rp 2 triliun.

Kemudian menutup pembiayaan untuk ruas tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung di Sumatera Selatan dan Lampung sepanjang 189 km senilai Rp 1,5 triliun.

Penambahan Dana PMN

Menurut Fauzan, penambahan dana PMN untuk BUMN ini tidak dilakukan secara merata, tetapi didasarkan pada kriteria yang telah disusun oleh pemerintah.

Mulai dari pengaruh terhadap hajat hidup orang banyak, pengaruh terhadap sistem keuangan, peran sovereign atau kuasa penuh yang dijalankan BUMN, dan kepemilikan pemerintah serta total aset.

“Dana PMN ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas usaha dan memperbaiki struktur permodalan Hutama Karya. Dana PMN ini merupakan kelanjutan dari penyaluran PMN yang telah diterima HK sejak tahun 2015 lalu,” jelasnya.

Untuk diketahui, Hutama Karya telah menyelesaikan sekitar 500 km jalan tol, sepanjang 368 km di antaranya sudah beroperasi penuh. Mulai dari ruas tol Lampung yaitu Bakauheni – Terbanggi Besar 140 km dan Terbanggi – Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung sepanjang 189 km.

kemudian di Sumsel yaitu ruas tol Palembang – Indralaya sepanjang 22 km, dan di Sumut ruas tol Medan – Binjai seksi 2 dan 3 sepanjang 17 km.

“Di tahun 2020, HK akan membangun beberapa ruas prioritas, di antaranya ruas tol Pekanbaru – Dumai, ruas tol Sigli – Banda Aceh, dan ruas Medan – Binjai seksi 1 Tanjung Mulia – Helvetia,” tutupnya. []

Continue Reading

Jasa Pelayanan & Logistik

Aplikasi Space Diluncurkan PT Pos, Bisa Vicon dengan Data Rendah

Alfian Setya Saputra

Published

on

Aplikasi Space

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Aplikasi Space resmi diluncurkan PT Pos Indonesia (Persero) sebagai bagian dari persiapan menghadapi skenario new normal atau normal baru.

Layanan digital yang didapat dari aplikasi Space ini yaitu video conference sebagai media rapat virtual sehingga tetap bisa mengadakan berbagai rapat tanpa harus bertatap muka.

Direktur Strategic PT Pos Indonesia (Persero) Noer Fajrieansyah mengatakan aplikasi Space dibangun oleh Divisi IT secara inhouse dan dinahkodai langsung oleh Noer.

Pengembangan aplikasi digital ini juga sejalan dengan arahan Kementerian BUMN tentang Antisipasi Skenario The New Normal Badan Usaha Milik Negara.

“Pengembangan aplikasi Space pada tahap awal ini, diharapkan sebagai solusi atas kebutuhan komunikasi dan koordinasi internal yang efisien dan lebih cepat dalam menunjang operasional bisnis,” kata Noer, dalam pernyataan tertulis, Rabu (27/5/2020).

Meski tidak jauh berbeda dengan apikasi video conference lainnya, Space dipastikan lebih aman, efektif dan efisien dari sisi biaya bagi Pos Indonesia karena dikembangkan sendiri oleh tim IT internal.

Aplikasi Space juga punya kelebihan dari layanan virtual lain, karena tetap bisa berjalan pada koneksi data rendah minimal 50 Kbps juga mampu menjangkau wilayah pelosok.

“Layanan Space sangat cocok untuk menjembatani komunikasi di internal PT Pos Indonesia, karena memiliki jumlah karyawan yang besar, kondisi regional yang tersebar di seluruh Indonesia, dan akses internet tidak merata,” jelasnya.

Fitur yang ditawarkan Aplikasi Space antara lain aplikasi berbasis web, terintegrasi dengan Sistem Informasi Manajemen SDM PT Pos Indonesia dan tersedia versi android mobile.

Selain Aplikasi Space, PT Pos juga menyediakan aplikasi di bidang layanan keuangan yaitu Pos Giro Mobile (PGM). Masyarakat dapat memanfaatkan layanan PGM untuk melakukan transaksi layanan jasa keuangan Pos Indonesia sebagaimana biasanya.

Melalui layanan berbasis online ini, diharapkan dapat mendukung masyarakat agar tidak perlu keluar rumah untuk menghindari penyebaran Covid-19.

“Dalam skema new normal, kami mengimbau para pelanggan agar menggunakan transaksi digital. Aplikasi PGM bisa diunduh di Playstore yang kami kembangkan untuk berkompetisi merebut pasar financial technology dan sebagai upaya perseroan dalam meningkatkan Financial Inclusion di Indonesia. Ini juga sesuai target strategis nasional,” ujar Noer.

Noer pun menyarankan seluruh pelanggan untuk melakukan transaksi jasa keuangan melalui PGM. Sedangkan jasa kurir dan logistik dapat manfaatkan layanan pick up dengan menghubungi kantor pos terdekat di daerah masing-masing. []

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM