Pindad Berdaya Saing di Era “Industry 4.0”

oleh
Pindad

Lebih lanjut ia mengatakan jika kerja sama yang bangun tersebut lebih khusus untuk membangun pabrik amunisi kaliber kecil dengan nilai invetasi menembus 100 juta Dollar AS. Adapun dalam kesepakatan ini Pindad dan Waterburry Farel bersepakat dengan kerjasama berskema Build Operate Tranfer (BOT). Dimana kerja sama tersebut lebih mengarah kepada kerjasama strategic partnership untuk membangun pabrik amunisi kaliber kecil, dengan nilai investasi menembus 100 juta Dollar AS.

Abraham berharap dengan kerjasama tersebut maka di tahun 2019 kapasitas Pindad dalam memproduksi munisi bisa mencapai 350 juta butir per tahun. Meskipun jumlah tersebut belum dapat memenuhi seluruh kebutuhan dalam negeri yaitu TNI dan POLRI yang berjumlah sekitar 500 juta butir pertahun.

“Tapi ke depan kami tetap akan menargetkan sejumlah tersebut untuk kebutuhan di dalam negeri dengan melakukan kerjasama strategic partnership atau tetap melakukan pembelian-pembelian mesin baru,” pungkas Abraham.

PRODUK INDUSTRIAL BERDAYA SAING
Tidak hanya produk-produk alutsista, Pindad juga terus mengembangkan produk industrial strategis lainnya. Jika sebelumnya Pindad telah memproduksi Excavator, belum lama Pindad memperkenalkan produk barunya yaitu Amphibious Excavator yang merupakan pengembangan dari produk Excavator 20 ton standard ini sebagai wujud inovasi Pindad yang didedikasikan untuk memenuhi kebutuhan pembangunan infrastruktur nasional.

Dibekali mesin Inter-Cooled 170 HP premium dikelasnya, varian berdimensi 14m x 5m x 4m tersebut sudah mampu membawa berat 30 ton untuk bekerja di medan kemeringan 30-40 derajat, berbeda Excavator pada umumnya harus diberi landasan kemiringan 15 derajat terlebih dahulu.

Amphibious Excavator dilengkapi dengan undercarriage khusus untuk beroperasi lebih optimal di area yang berair seperti rawa dan sungai. Adapun beberapa keunggulan lainnya di produk Excavator ini antara lain, retractable dan expandable pontoon artinya pada bagian undercarriage yang terpasang di produk ini pontoon dapat melebar dan mengecil hal itu berfungsi saat mobilitas di medan yang sempit ataupun yang luas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *