Connect with us
banner pln 2023

HIGHLIGHT BUMN

Pimpinan BUMN Berkinerja Buruk Diblacklist Erick Thohir

Published

on

Pimpinan BUMN

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Pimpinan BUMN yang punya kinerja dan rekam jejak buruk dipastikan akan masuk ‘daftar hitam’ Menteri BUMN Erick Thohir.

Kementerian BUMN mengambil tindakan tegas dengan mem-blacklist para pemimpin BUMN yang kinerjanya buruk dan tidak membawa dampak baik para perusahaan.

Langkah ini dilakukan karena seluruh pimpinan BUMN telah diminta berkomitmen dalam mewujudkan transformasi di tiap perusahaan pelat merah.

Erick Thohir mengatakan, setiap kebijakan yang diambil dalam memajukan BUMN harus dapat dipertanggungjawabkan dan bersifat sustain.

Maka salah satu tindakan tegas yang dilakukan yaitu memasukkan nama-nama pimpinan BUMN yang kinerjanya buruk ke dalam daftar hitam sebagai catatan bagi Kementerian.

Dengan begitu, bos perusahaan yang track recordnya buruk dipastikan tidak bakal diberi kesempatan lagi untuk memimpin BUMN yang lain di kemudian hari.

“Saya tidak mau pemimpin yang seperti itu balik lagi, maka harus saya akan keluarin blacklist,” tegas Erick, Sabtu (17/9/2022).

Ia pun menegaskan, setiap direksi atau komisaris yang namanya sudah masuk blacklist ini tidak akan diberi kesempatan untuk jadi pimpinan BUMN lagi di kemudian hari.

Menurutnya, dalam membangun perusahaan milik negara yang punya daya saing, harus diwujudkan dengan transformasi di sektor human capital.

Untuk itu, Erick selalu mengimbau agar di tiap BUMN melakukan perbaikan di bidang manajemen dan Sumber Daya Manusia (SDM).

Karena tanpa pembenahan SDM, transformasi tidak akan berjalan maksimal, dan perusahaan tak akan mampu bersaingan tanpa sistem manajemen yang baik.

Ia pun memastikan bahwa ketentuan blacklist ini bukan atas dasar suka atau tidak suka terhadap seseorang, tetapi dengan penilaian yang objektif dan berbasis data.

Menurutnya, jika pemimpin BUMN sudah seringkali membuat perusahaan yang dipimpinnya rugi atas kebijakan yang tidak baik, maka tidak perlu diberi kesempatan lagi.

Saat ini, Kementerian BUMN di bawah kepemimpinan Erick Thohir terus menggenjot hasil dari transformasi di semua perusahaan pelat merah.

Dalam 3 tahun terakhir, hasil yang dicatat terbilang sangat sukses, pemasukan kas negara dari Laba BUMN sudah naik hingga Rp68 triliun. []

Continue Reading

BNI

Label

Copyright © 2023 MEDIABUMN.COM