Pilot Ancam Mogok Terbang, Luhut Serahkan Persoalan Garuda Indonesia ke Menteri BUMN

by

Kisruh yang terjadi di internal PT Garuda Indonesia (Persero) seakan belum tuntas. Belum lama ini Asosiasi Pilot Garuda (APG) dan Sekretariat Bersama Serikat Karyawan PT Garuda Indonesia (Sekarga) kembali mengancam akan mogok kerja.

Sebelumnya jelang libur lebaran kemarin Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan diminta untuk memfasilitasi mediasi antara manajemen Garuda Indonesia dengan APG dan Sekarga, menyusul ancaman pilot akan mogok terbang pada arus lebaran.

Kemenko Kemaritiman bahkan telah membentuk satuan tugas khusus untuk melakukan mediasi dengan langsung melibatkan kementerian yang terkait seperti Kementerian BUMN, Kementerian Perhubungan, dan Kantor Staf Presiden (KSP).

Mediasi yang berjalan hampir sebulan itu dinilai sangat a lot komunikasinya. Hal ini, menurut Luhut akan menjadi langkah intropeksi pemerintah, manajemen Garuda Indonesia dan tentunya karyawan.

Lebih lanjut Luhut mengaku telah menyerahkan persoalan ini kepada Menteri BUMN Rini Soemarno untuk melanjutkan kepada tahapan perundingan selanjutnya.

“Tugas saya untuk persoalan Garuda sudah selesai! Saya sudah serahkan ke Bu Rini (Menteri BUMN) biar beliau sekarang yang urus,” ujar Luhut. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *