Connect with us
PERTAMINA

Perbankan

Peserta Kartu Prakerja Bisa Buka Rekening BNI Dari Rumah

GUNADI WITJAKSONO

Published

on

Peserta kartu Prakerja

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Peserta kartu Prakerja sekarang bisa dengan mudah membuka rekening di Bank BNI. Sebab PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk menyiapkan fasilitas pembukaan rekening secara online. Jadi para penerima kartu prakerja cukup dari rumah sehingga tidak perlu datang ke kantor cabang.

Diketahui, Kartu Prakerja telah dirilis pemerintah pada 11 April lalu, dengan kebijakan membebaskan penggunaan insentif sebesar Rp600.000 per bulan selama empat bulan. VP Corporate Communication BNI Selly Adriatika menyampaikan, para peserta Kartu Prakerja akan menerima uang dengan sistem transfer ke rekening peserta usai mengikuti pelatihan.

“Maka untuk memudahkan para peserta yang mendaftar Kartu Prakerja memperoleh rekening pembayaran insentif, BNI telah menyediakan formulir digital (e-form) di laman prakerja.go.id. Peserta tinggal mengklik logo BNI di laman tersebut akan diarahkan ke laman situs BNI,” ujarnya, Selasa (28/4/2020).

Selly menjelaskan, peserta kartu pra kerja tidak perlu mengisi saldo saat membuka rekening BNI, dan tidak akan dikenakan biaya pendaftaran. Selain BNI, peserta juga bisa memilih penerimaan transfer ke e-wallet lainnya seperti LinkAja, Ovo, dan Gopay.

“Namun BNI punya kelebihan yaitu peserta bisa menarik tunai insentif di ATM. Jadi kalau sudah punya tabungan BNI, peserta bisa langsung daftarkan nomor rekening tabungan sebagai rekening penyaluran dana insentif,” terangnya.

Hal senada disampaikan Direktur Layanan dan Jaringan BNI Adi Sulistyowati. Saat ini BNU telah menyiapkan sistem yang terintegrasi dengan Project Management Office (PMO) Program Kartu Prakerja. sistem ini akan memungkinkan calon peserta Kartu Prakerja membuka rekening BNI dari rumah.

“BNI juga sudah punya sistem formulir elektronik, sehingga membuka rekening bisa dari mana saja, termasuk dari rumah. Cukup mengisi e-form, lalu akan mendapat notifikasi yang menyatakan rekening sudah dibuka. Rekening BNI yang dibuat peserta Kartu Pra-Kerja juga tidak memerlukan saldo awal dan tidak dikenai biaya administrasi selama satu tahun,” jelas Adi.

Rekening BNI ini, kata Adi tetap dapat digunakan sebagai tabungan dan alat transaksi setelah program Kartu Prakerja selesai. Untuk pembayaran insentif kepada peserta Kartu Prakerja akan dilakukan setelah menyelesaikan proses pelatihan atau kursus. Selain itu, BNI sudah bekerja sama dengan sejumlah balai latihan kerja yang terdaftar dalam marketplace mitra PMO Kartu Prakerja.

“BNI juga memberikan jaminan semua transaksi dalam program Kartu Prakerja dilaksanakan secara akuntabel dan transparan. Semua bisa dicek dan diaudit pemerintah. Kami menjamin semua dana APBN yang digunakan bisa dipertanggungjawabkan,” tandasnya. []

Perbankan

BRI Buka Rekening Dilaunching, Target 1 Juta Rekening Baru

EKO PRASETYO

Published

on

BRI Buka Rekening

MEDIABUMN.COM, Jakarta – BRI Buka Rekening resmi dilaunching PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk pada Rabu (8/7/2020). BRI Buka Rekening merupakan inovasi layanan dalam pembukaan rekening secara digital yang memudahkan nasabah tanpa harus bertatap muka dengan petugas bank.

Direktur Konsumer Bank BRI Handayani mengatakan, Platform BRI Buka Rekening ini dapat diakses melalui situs resmi BRI pada laman https://bukarekening.bri.co.id/digital-saving/.

Dengan platform terbaru ini, Handayani menyebut nasabah bisa melakukan pembukaan rekening dengan teknologi digital signature dan face recognition.

“Sebelumnya, pembukaan rekening tanpa bertatap muka hanya dapat dilakukan oleh nasabah eksisting BRI. Tapi dengan layanan ini, nasabah baru pun bisa membuka rekening digital tanpa datang secara fisik,” kata Handayani melalui keterangan resminya usai acara peluncuran BRI Buka Rekening.

Menurutnya, BRI selaku salah satu bank BUMN akan terus memberikan kemudahan layanan perbankan kepada masyarakat luas.

Handayani menyebut, inovasi digital saving BRI menjadi salah satu solusi pelayanan menabung yang lebih mudah, cepat, dan aman.

Keunggulan lain dari platform BRI Buka Rekening adalah konsep verifikasi nasabah yang dipilih tidak perlu tatap muka dengan agen bank, tapi melalui media video call, sehingga proses pembukaan rekening dapat lebih cepat dan mudah.

“Meski dilakukan secara daring, kami memastikan semua proses ini tetap aman, karena pembukaan rekening hanya dapat dilakukan apabila calon nasabah adalah pemilik NIK yang benar dan sesuai dengan yang didaftarkan,” jelasnya.

Dengan layanan ini, nasabah tidak hanya mendapatkan rekening Digital Saving, tapi juga otomatis teregistrasi sebagai user Internet Banking BRI, sehingga rekening yang dibuat dapat langsung digunakan untuk bertransaksi secara digital.

Handayani menambahkan, melalui strategi perluasan channel pembukaan rekening ini, perseroan menargetkan di tahun pertama ini akan ada 1 juta pembukaan rekening baru.

“BRI Buka Rekening ini nantinya akan kami tempatkan di berbagai aplikasi dan website Bank BRI, serta beberapa aplikasi atau website pihak ketiga yang bekerja sama denga BRI. Dengan begitu, masyarakat dapat semakin mudah mengakses platform BRI Buka Rekening,” tandasnya.

Untuk diketahui, BRI juga meluncurkan program Akuisisi Digital Saving melalui BRI Buka Rekening pada periode 7 Juli sampai dengan 31 Desember 2020 atau selama kuota tersedia.

Nasabah yang ikut program ini akan mendapatkan hadiah berupa voucher digital. []

Continue Reading

Perbankan

Sinergi Pemulihan Ekonomi Nasional, bank bjb Kerja Sama Penjaminan Kredit Modal Kerja UMKM

MediaBUMN

Published

on

kredit modal kerja

MEDIABUMN.COM, Jakarta – bank bjb sebagai salah satu bank penyalur kredit modal kerja andalan, khususnya bagi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) terus mendukung penuh agenda Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang diusung pemerintah untuk menekan dampak negatif situasi pandemi COVID-19. Salah satu bentuk langkah dorongan bank bjb terhadap pemulihan ekonomi ini ialah dengan menjalin sinergi demi penguatan kelembagaan dalam menghadapi ketidakpastian selama masa pandemi.

bank bjb ikut melaksanakan penandatanganan penjaminan kredit modal kerja dengan PT Jamkrindo dan PT Askrindo pada Selasa (7/7/2020). Lewat kerja sama ini, pihak Jamkrindo dan Askrindo ditunjuk sebagai penjamin kredit modal kerja perseroan. Dana kredit modal kerja sebagai upaya menstimulasi perekonomian nasional yang dikeluarkan oleh bank bjb akan dijamin pihak Jamkrindo dan Askrindo.

Sebagai bentuk simbolisasi formal, bank bjb menyalurkan kredit modal kerja sejumlah Rp110 juta kepada nasabah UMKM yang menjalankan usah toko reklame dan toko tas. Penyaluran kredit modal kerja ini menandai secara resmi berlakunya penjaminan oleh Jamkrindo dan Askrindo sebagai pihak yang bertanggung jawab sebagai penjamin.

Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi mengatakan bank bjb memang menjadikan UMKM sebagai salah satu sektor fokus penyaluran pembiayaan, terlebih menghadapi situasi pandemi COVID-19 yang serta-merta membuat geliat usaha para pelaku usaha kecil meredup.

“Sektor UMKM adalah tulang punggung utama yang menopang tegaknya perekonomian nasional. Dorongan terhadap pelaku usaha mikro harus menjadi prioritas terutama dalam situasi yang penuh tantangan seperti saat ini. Di sisi lain, diperlukan pula distribusi tugas dan tanggung jawab agar strategi pemulihan berjalan komprehensif. Karena itu, bank bjb sangat mendukung penuh sinergi penguatan antar lembaga dalam rangka penguatan jaring pengaman di berbagai lapisan demi menjamin kelancaran pemulihan ekonomi yang menjadi harapan semua orang,” kata Yuddy.

Sebelumnya, kedua perusahaan pelat merah itu resmi ditunjuk pemerintah sebagai penjamin. Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, pemerintah memberikan penjaminan kredit modal kerja untuk UMKM sebesar Rp5 triliun kepada dua BUMN tersebut. Langkah penjaminan ini merupakan salah satu strategi pemulihan ekonomi yang ditekankan pemerintah, khususnya dalam memulihkan denyut nadi para pelaku UMKM yang menjadi salah satu kelompok paling terdampak.

Berdasarkan perjanjian, jumlah plafon kredit yang dapat dijamin pada program ini adalah hingga Rp10 miliar dengan tenor pinjaman hingga tiga tahun. Program ini merupakan seri lanjutan dari agenda PEN oleh pemerintah. Sebelumnya, pemerintah juga telah menginstruksikan program relaksasi kredit yang salah satunya difokuskan untuk menopang UMKM. Diharapkan sinergi yang terjalin ini dapat mempercepat langkah pemulihan ekonomi nasional yang saat ini masih terhantam wabah. []

Continue Reading

Perbankan

Ulang Tahun BNI di Tengah Pandemi, Tetap Suarakan Optimisme

Alfian Setya Saputra

Published

on

Ulang tahun BNI

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Ulang tahun BNI PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk jatuh pada tanggal 5 Juli, dan tahun ini BNI kembali merayakan momen istimewa yang genap berusia 74 tahun.

Meski hari ulang tahun BNI ini dirayakan di tengah situasi pandemi Covid-19, segenap karyawan dan jajaran direksi BNI tetap menyampaikan rasa syukur dan menyuarakan optimisme.

Dengan tema Ulang Tahun “Semangat dan Energi Optimis” untuk Indonesia yang sedang membutuhkan banyak dukungan dari semua pihak.
Direktur Utama BNI Herry Sidharta mengatakan, pada ulang tahun ini akan dijadikan sebagai langkah untuk menyediakan energi baru di era normal baru.

“Semangat peringatan ulang tahun BNI ke-74, dipadukan melalui tema Satukan Energi untuk Indonesia di Era New Normal. Tema ini menyampaikan makna bahwa segenap pegawai BNI (BNI Hi-Movers) harus bekerja lebih optimal dan efisien,” kata dia, Senin (6/7/2020).

Dengan begitu, segenap insan BNI dapat memberikan energi kebaikan dalam rangka menopang pencapaian kinerja bisnis yang lebih luas dalam skala nasional.

Energi positif dari BNI ini, kata dia, diharapkan dapat menyatu dengan energi kebaikan dari berbagai elemen bangsa lainnya sehingga dapat melangkah lebih baik di era normal baru.

Herry menjelaskan, perubahan perilaku dalam beraktivitas di masa new normal sangat diperlukan agar tetap produktif, sehat, dan aman, dengan menerapkan protokol kesehatan, sehingga dapat mencegah penularan Covid-19.

“Saat ini diperlukan perubahan pola dan cara kerja yang biasa menjadi lebih giat, lebih keras dan lebih cerdas. Dengan begitu tentu pencapaian target bisnis serta kinerja BNI akan meningkat kembali untuk menjaga roda bisnis perusahaan tetap berjalan,” pesannya.

Ragam Program di Ulang Tahun BNI

Sementara M Gunawan Putra selaku Pemimpin BNI Kantor Wilayah Surabaya mengatakan, dalam peringatan hari ulang tahun BNI kali ini, BNI telah menyiapkan beberapa Program.

Di antaranya program BNI Berbagi untuk Penyaluran Bantuan Donasi Pegawai kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19, Program BNI Berbagi untuk membangkitkan perekonomian melalui UMKM dan Gerakan Bangga produk buatan Indonesia.

“Untuk bantuan bagi warga terdampak covid-19 ini merupakan hasil dari pengumpulan sebagian THR segenap pegawai BNI, telah terkumpul dana Bantuan dengan total 154.000 paket sembako dan alat kesehatan berupa masker yang disalurkan di seluruh Indonesia,” jelasnya.

Bank BUMN juga mengadakan program dengan beragam promo spesial bagi masyarakat dan nasabah yang hanya diadakan saat perayaan ulang tahun BNI. []

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM

error: Content is protected !!