Pesawat R80 Segera Diproduksi Pemerintah 30 Unit Tiap Tahun

oleh
Pesawat R80

Pesawat R80 yang sebelumnya akan diproduksi pemerintah sebanyak 6 unit dipastikan akan ditingkatkan menjadi 30 unit per tahunnya. Adapun pemerintah telah menyiapkan anggaran mencapai Rp1,5 triliun untuk memproduksi pesawat R80 yang akan diproduksi PT Regio Aviasi Industri (RAI) dan PT Dirgantara Indonesia (DI).

Menurut CEO Pina Center for Private Investment, Eko Putro Adijayanto pihaknya sebagai lembaga penyalur investasi bersama Kementerian PPN/Bappenas (Perencanaan dan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) tengah berdiskusi secara intensif mengenai model bisnis industri dirgantara tanah air.

“Anggarannya mencapai US$112 miliar atau sekitar Rp1,5 triliun, untuk meningkatkan kapasitas produksi pabrik dari sebelumnya 6 unit per tahun menjadi 30 unit per tahunnya namun secara bertahap,” ujar Eko.

Pemerintah, sebut Eko saat ini tengah menyiapkan kebijakan dalam bentuk masterplan industri penerbangan, untuk menciptakan ekosistem industri yang baik.

“Pengerjaan Pesawat R80 Harus memiliki master planning serta feasibility studies. Jadi sebelumnya Bappenas harus memastikan ekosistemnya terbangun terlebih dahulu. Dimana Ekosistem tersebut baru bisa dibangun kalau ada kebijakan,” tamba Eko.

Eko mangatakan nantinya masterplan tersebut akan mencakup pembiayaan pembangunan pesawat R80. Selain itu masterplan tersebut nantinya akan menjadi usaha untuk menghidupkan lagi PT Dirgantara Indonesia sebagai satu-satunya motor penggerak industri pesawat dalam negeri yang pernah tumbuh.

“Masterplan itu mencakup pembiayaannya. Pembiayaan bukan hanya Pesawat R80, tapi kita memiliki PT Dirgantara Indonesia. Nah ini juga kita harus pikirkan bagaimana menghidupkan PT Dirgantara Indonesia tersebut,” tutup Eko. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *