Pesanan Semakin Banyak, INKA Akan Bangun Pabrik Baru

by

Dalam rangka mendukung program pengembangan industri perkerataapian nasional serta menjawab tantangan kebutuhan sarana kereta api yang semakin diminati hingga mancanegara, PT INKA kini tengah berupaya untuk membangun pabrik baru guna meningkatkan kapasitas produksinya.

Dengan memanfaatkan lahan seluas seluas 84 hektare di wilayah Banyuwangi Jawa Timur, PT INKA melakukan sinergi dengan PTPN XII untuk mewujudkan pabrik/workshop perakitan kereta api baru selain workshop yang telah ada selama ini di Madiun.

Menurut Direktur Utama PT INKA (Persero), Budi Noviantoro, pihaknya tengah melakukan penyelesaian pada proses perizinan serta rancang bangun untuk pabrik modern yang akan digunakan INKA dalam memproduksi sarana kereta api yang berbasis pada alumunium dan stainless steel.

“Tahap I proses pembangunannya direncanakan akan dimulai pada akhir tahun ini sserta ditargetkan beroperasi pada awal tahun 2020. Pembangunannya diprediksi akan menelan biaya Rp1.6 Triliun,” ujarnya.

INKA sengaja membangun pabrik baru tersebut berdekatan dengan pelabuhan barang Tanjung Wangi yang dikelola oleh PT Pelindo III. Karena hal ini akan semakin mendukung dari sisi logistik untuk ekspor maupun pengiriman ke dalam negeri.

Seperti diketahui bahwa kinerja penjualan ekspor PT INKA mengalami peningkatan dalam 3 tahun belakangan ini. Hal tersebut terlihat dari nilai kontrak yang tercatat sebesar Rp850 Miliar pada tahun 2015 kemudian tumbuh menjadi RP1.33 Triliun di tahun 2017.

“Negara-negara tujuan ekspor INKA adalah Malaysia, Bangladesh, Australia, Singapura dan Filipina,” tutupnya. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *