Connect with us
PERTAMINA

Industri

Perum PPD Hadirkan JA Connexion, Layanan Bus Bandara Soetta di Tamini Squere

MediaBUMN

Published

on

Perum PPD terus menghadirkan inovasi dan upaya peningkatan pelayanan bagi masyarakat seiring meningkatnya kebutuhan transportasi dalam mendukung mobilitas. Setelah sukses dengan proyek JA Connexion (layanan bus ke Bandara) di Mall Kelapa Gading, Plaza Senayan, Ciputra World, Mall Taman Anggrek dan ITC Cempaka Mas, Perum PPD beberapa waktu lalu me-launching layanan JA Connexion di Tamini Squere.

Baca Juga : Garuda Indonesia Berpredikat “Indonesia Airline of The Year”

Menurut Direktur Utama Perum PPD, Pande Putu Yasa, PPD senantiasa menghadirkan kepraktisan dan gaya hidup baru bagi para pebisnis maupun wisatawan yang akan ke Bandara. Ke depan, imbuhnya, pihaknya akan terus menambah rute-rute baru sehingga lebih PPD lebih menjangkau masyarakat.

“Kami layani masyarakat dengan Bus eksekutif berkapasitas 30 penumpang. Tarif yang dikenakan sebesar Rp25.000,- dengan waktu tempuh dari Tamini Squere ke Bandara diperkirakan akan memakan waktu selama 1 jam,” ujarnya.

Baca Juga : Pelni Bidik Revenue Rp5,6 Triliun di 2018

Sebagai informasi, Bus akan berangkat dengan interval 1 jam yang dimulai pada kloter pertama yaitu pukul 05:00 dan berakhir pada pukul 18:00.sebagai operator JA Connexion, Perum PPD senantiasa memberikan pelayanan terbaik dengan ketepatan waktu keberangkatan.

“Bus akan melewati rute tol Jagorawi kemudian masuk ke tol dalam kota dan berlanjut ke tol Prof.Sedyatmo yang menuju Bandara Soekarno Hatta,” tutup Putu. []ct

Energi & Tambang

Kesepakatan Pertamina, Bukit Asam dan Air Products: Proyek Gasifikasi Batu Bara Guna Pangkas Impor LPG, Kembangkan Green Economy, dan Bawa Investasi ke Indonesia

MediaBUMN

Published

on

gasifikasi

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT Pertamina (Persero), PT Bukit Asam Tbk. (PTBA), dan Air Products & Chemicals Inc. (APCI) memastikan proyek gasifikasi batu bara menjadi Dimethyl Ether (DME) terus berlanjut untuk mengurangi ketergantungan pada impor Liquid Petroleum Gas (LPG). Hal ini sejalan dengan upaya mewujudkan ketahanan energi dan penguatan green economy di Indonesia sesuai arahan Presiden RI, Joko Widodo.

Proyek Strategis Nasional ini akan dilakukan di Tanjung Enim selama 20 tahun, dengan mendatangkan investasi asing dari APCI sebesar USD 2,1 miliar atau setara Rp 30 triliun. Dengan utilisasi 6 juta ton batu bara per tahun, proyek ini dapat menghasilkan 1,4 juta DME per tahun untuk mengurangi impor LPG 1 juta ton per tahun sehingga dapat memperbaiki neraca perdagangan. Selain itu, proyek ini diharapkan dapat memberikan multiplier effect antara lain menarik investasi asing lainnya, dan melalui penggunaan porsi TKDN di dalam proyek juga dapat memberdayakan industri nasional dengan penyerapan tenaga kerja lokal.

Kepastian berlanjutnya proyek gasifikasi tersebut ditandai dengan penandatangan Amandemen Perjanjian Kerja Sama Pengembangan DME antara Pertamina, PTBA dengan APCI yang berlangsung di Los Angeles, Amerika Serikat dan Jakarta, Indonesia (11/5/2021) oleh Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, Direktur Utama PTBA Suryo Eko Hadianto dan President & CEO APCI Seifi Ghasemi, yang disaksikan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Pada kesempatan yang sama, juga dilakukan penandatanganan Perjanjian Pengolahan DME yang menjadi bagian dari kerja sama pengembangan DME tersebut.

gasifikasi

Menteri BUMN Erick Thohir menyambut baik kerja sama ini: “(Kerja sama) ini merupakan wujud dari eratnya hubungan ekonomi antara Indonesia dan Amerika Serikat. Gasifikasi batu bara memiliki nilai tambah langsung pada perekonomian nasional secara makro, karena sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk mengurangi ketergantungan pada produk impor, juga transformasi ke green economy serta energi baru dan terbarukan. Kerja sama gasifikasi batu bara bisa menghemat cadangan devisa hingga 9,7 triliun rupiah per tahun dan menyerap 10 ribu tenaga kerja.”

Senada, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan sejalan dengan arahan Presiden melalui Grand Strategi Energi Nasional: transisi energi, green energy, dan circular energy menjadi prioritas. “Pertamina sebagai BUMN telah memformulasikan kembali strategi yang sejalan dengan arahan Pemerintah dalam pencapaian target bebas impor LPG pada tahun 2027 dan penurunan emisi karbon di tahun 2030,” ungkap Nicke.

Selain itu, Nicke menuturkan Pertamina juga memahami bahwa pengembangan dan produksi DME ini berkaitan dengan isu lingkungan. Karenanya, sesuai arahan Pemerintah, Pertamina akan menjalankan proyek DME secara paralel dengan proyek Carbon Capture Utilization and Storage (CCUS) sehingga isu mengenai emisi karbon dapat ditekan hingga mencapai 45%. Pada kesempatan yg sama, Pertamina juga menjajaki potensi kerja sama dengan Exxonmobil terkait CCUS. Diharapkan melalui penerapan CCUS, emisi yang dihasilkan dari proses gasifikasi dapat digunakan untuk peningkatan produksi di sumur-sumur tua, sehingga mendorong terwujudnya green economy untuk proyek-proyek sejenis.

Direktur Utama PT Bukit Asam Tbk (PTBA) Suryo Eko Hadianto menambahkan para pihak yang terlibat dalam penandatanganan pada hari ini akan bekerja keras untuk segera merealisasikan pembangunan proyek. “Kami percaya penandatanganan pada hari ini merupakan lompatan signifikan dalam perkembangan kerja sama proyek, dan kami optimis proyek ini dapat dijalankan tepat waktu,” ujarnya.

PTBA juga menegaskan kerja sama ini menjadi portofolio baru bagi perusahaan yang tidak lagi sekadar menjual batu bara, tetapi juga mulai masuk ke produk-produk hilirisasi untuk meningkatkan nilai tambah. []

Continue Reading

Perbankan

bjb 60versary – Lucky Birthday Tawarkan Hadiah Jutaan Rupiah

MediaBUMN

Published

on

Lucky Birthda

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Pada tahun 2021 ini Bank bjb genap berusia 60 tahun. HUT kali ini dibingkai dalam tema “Melaju Penuh Energi Wujudkan Visi Negeri”.

Untuk merayakan pencapaian tersebut, perseroan telah menyiapkan sejumlah program dan promo menarik bagi para nasabah loyal.

Salah satu promo menarik yang menawarkan hadiah jutaan rupiah adalah Promo bjb Lucky Birthday 2021.

Program bjb Lucky Birthday 2021 ini terbagi dalam dua periode. Pertama, Birthday Package 1 – 3 yang berlangsung dari 1 Mei sampai 31 Juli 2021. Kedua, Birthday Package 4 yang berlangsung hanya sepanjang Mei 2021.

Lucky Birthda

Program promosi bjb Lucky Birthday 2021 yang terdiri dari empat paket program promosi dapat diikuti oleh nasabah dengan ketentuan sebagai berikut:

• Birthday Package 1 berlaku bagi nasabah yang bersedia menempatkan dana fresh fund dengan ketentuan tertentu.

• Birthday Package 2 merupakan program pemberian hadiah langsung kepada nasabah yang melakukan pembelian produk Bancassurance disertai penempatan dana pada Giro/Tabungan bank bjb.

• Birthday Package 3 diberikan kepada nasabah untuk mendapatkan hadiah langsung dengan melakukan pembelian produk Reksa Dana disertai penempatan dana pada Giro/Tabungan bank bjb.

• Birthday Package 4 adalah program khusus bagi nasabah bjb precious yang bersedia menempatkan dana fresh fund dalam bentuk Giro/Tabungan dan Deposito selama 3 bulan.

Jangan sampai ketinggalan dan ikuti kemeriahan promo Hari Ulang Tahun bank bjb. Mengenai ketentuan lebih lanjut dapat mengunjungi https://60versary.infobjb.id []

Continue Reading

Perbankan

Aplikasi Mandiri Diupgrade Untuk Kembangkan Ekosistem Digital

EKO PRASETYO

Published

on

Aplikasi Mandiri

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Aplikasi Mandiri dari PT Bank Mandiri akan terus dikembangkan untuk membangun ekosistem digital bagi seluruh nasabah.

Bahkan bank BUMN ini sedang menyiapkan aplikasi Mandiri Livin 2.0 yang merupakan model upgrade dari aplikasi Livin 1.0.

Kepala Riset Henan Putihrai Sekuritas, Robertus Yanuar Hardy mengatakan, dari hasil riset terkai jasa keuangan, Bank Mandiri berencana meluncurkan aplikasi Livin 2.0.

Rencannya aplikasi Mandiri ini akan dilaunching pada kuartal empat tahun ini, yakni antara Oktober hingga Desember 2021.

“Livin 0.2 adalah model yang telah disempurnakan dari ‘Livin 1.0. Bank Mandiri melakukan pembenahan sehingga aplikasi ini memiliki fitur yang tidak terbatas hanya pada pembukaan tabungan, pembayaran QR, asuransi, investasi, pembiayaan, dan pendaftaran kartu kredit saja,” kata dia, Senin (10/5/2021).

Dalam aplikasi Mobile Mandiri yang baru ini, pihaknya telah melengkapi fitur Pay Later yang dapat dimanfaatkan oleh para konsumen untuk kemudahan transaksi.

Menurutnya, pengembangan Aplikasi Mandiri tersebut berpotensi meningkatkan efisiensi operasional perusahaan ke depan.

Bahkan diprediksi dapat meningkatkan marjin laba operasional sebelum pencadangan atau Pre Provision Operating Profit (PPOP).

Dimana pada kuartal I tahun ini, PPOP Bank Mandiri tumbuh menjadi 57.2 persen, sementara pada kuartal I tahun 2020 sebesar 56,1 persen.

Menurut Robertus, bank berkode BMRI memiliki big data yang tidak kalah unggul dengan layanan dari berbagai bank digital yang saat ini banyak bermunculan.

Ia melanjutkan, pinjaman berbasis payroll dan Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang merupakan 50 persen dari kredit segmen ritel perseroan adalah hasil dari pengembangan jaringan grup BMRI.

Grub BMRI terdiri dari 10 anak usaha, dengan puluhan BUMN dan korporasi swasta yang selama ini menjadi debitur perseroan.

Menurutnya, berbagai produk ini akan memiliki dampak yang lebih baik dengan dukungan tim khusus ‘Enterprise Data Management’ (EDM) Group.

Untuk diketahui, nilai transaksi melalui aplikasi Mandiri ‘Livin 1.0’ pada kuartal pertama tahun ini mencapai Rp 341 triliun.

Jumlah itu sudah melampaui nilai transaksi pada ATM Mandiri yang turun dari Rp280 triliun menjadi Rp200 triliun.

Selain itu, Bank Mandiri melalui anak usahanya Mandiri Capital Indonesia (MCI) juga telah berinvestasi di Bukalapak dan IPO Cashlez dengan market cap mencapai US$ 45 juta.

MCI kini memiliki investasi di sejumlah perusahaan rintisan di sektor teknologi keuangan yang dapat menumbuhkan ekosistem digital, seperti Amarta, Koinworks, dan Investree. []

Continue Reading

Label

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM

error: Content is protected !!