Connect with us
PERTAMINA

Industri

Perum PPD Hadirkan JA Connexion, Layanan Bus Bandara Soetta di Tamini Squere

MediaBUMN

Published

on

Perum PPD terus menghadirkan inovasi dan upaya peningkatan pelayanan bagi masyarakat seiring meningkatnya kebutuhan transportasi dalam mendukung mobilitas. Setelah sukses dengan proyek JA Connexion (layanan bus ke Bandara) di Mall Kelapa Gading, Plaza Senayan, Ciputra World, Mall Taman Anggrek dan ITC Cempaka Mas, Perum PPD beberapa waktu lalu me-launching layanan JA Connexion di Tamini Squere.

Baca Juga : Garuda Indonesia Berpredikat “Indonesia Airline of The Year”

Menurut Direktur Utama Perum PPD, Pande Putu Yasa, PPD senantiasa menghadirkan kepraktisan dan gaya hidup baru bagi para pebisnis maupun wisatawan yang akan ke Bandara. Ke depan, imbuhnya, pihaknya akan terus menambah rute-rute baru sehingga lebih PPD lebih menjangkau masyarakat.

“Kami layani masyarakat dengan Bus eksekutif berkapasitas 30 penumpang. Tarif yang dikenakan sebesar Rp25.000,- dengan waktu tempuh dari Tamini Squere ke Bandara diperkirakan akan memakan waktu selama 1 jam,” ujarnya.

Baca Juga : Pelni Bidik Revenue Rp5,6 Triliun di 2018

Sebagai informasi, Bus akan berangkat dengan interval 1 jam yang dimulai pada kloter pertama yaitu pukul 05:00 dan berakhir pada pukul 18:00.sebagai operator JA Connexion, Perum PPD senantiasa memberikan pelayanan terbaik dengan ketepatan waktu keberangkatan.

“Bus akan melewati rute tol Jagorawi kemudian masuk ke tol dalam kota dan berlanjut ke tol Prof.Sedyatmo yang menuju Bandara Soekarno Hatta,” tutup Putu. []ct

Transportasi

Penumpang ASDP Turun Hingga 94 persen

EKO PRASETYO

Published

on

Penumpang ASDP

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Penumpang ASDP di 9 lintasan penyeberangan nasional mengalami penurunan drastis sebesar 94,47 persen selama periode angkutan lebaran, yakni mulai Minggu (17/5) atau H-7 hingga Senin (25/5) atau hari kedua Lebaran.

Selama periode angkutan lebaran ini, jumlah penumpang yang dilayani PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) sebanyak 131.683 orang dan 74.846 unit kendaraan.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Imelda Alini mengatakan, total penumpang ASDP turun di masa angkutan lebaran kali ini turun 94,47 persen di lintasan penyeberangan tersebut.

“Tahun 2019 lalu jumlah penumpang ASPD mencapai 2.380.124 orang. Untuk kendaraan yang melintas tahun ini juga turun 86,49 persen dibandingkan tahun lalu yang jumlahnya mencapai 553.817 unit,” jelas Imelda Alini dalam siaran pers, Selasa (26/5/2020).

Adapun 9 rute penyeberangan utama ini yakni Ketapang-Gilimanuk, Ajibata-Ambarita, Padangbai-Lembar, Tanjung Kelian – Tanjung Api-api, Merak-Bakauheni, Kayangan-Pototano, Bajoe-Kolaka, Bira-Pamatata dan Kariangau-Panajam.

Menurut Imelda, di tengah situasi pandemi Covid-19, arus kendaraan dan penumpang ASDP di masa angkutan lebaran ini berjalan lancar, aman, dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Dengan penurunan jumlah penumpang ASDP ini, aktivitas penyeberangan di 9 lintasan itu pun relatif sepi. Hal memang sudah diprediksi oleh ASDP karena dampak dari penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) oleh Pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Yang juga berdampak langsung pada mobilitas masyarakat, termasuk yang menggunakan layanan kapal ferry ASDP.

“Dengan menurunnya jumlah penumpang ini berarti masyarakat mematuhi anjuran pemerintah. Maka kami mengapresiasi tingginya kesadaran masyarakat dalam mendukung larangan mudik untuk menunda perjalanan pada masa Lebaran kali ini,” kata Imelda.

Menurutnya, tren kenaikan hanya terjadi pada trafik kendaraan truk angkutan. Jumlah truk logistik yang dilayani mencapai 45.131 unit di 9 lintasan penyeberangan atau naik 50,56 persen dibandingkan periode sama tahun lalu sebanyak 29.975 unit.

Hal ini juga sesuai Permenhub 25 Tahun 2020. Dimana ASDP hanya boleh melayani penyeberangan angkutan logistik serta penumpang khusus yang telah lolos verifikasi tim gugus tugas Covid-19.

“Meski trafik penumpang dan kendaraan sepi, kami memastikan akan tetap memberikan pelayanan prima kepada para penumpang ASDP. Untuk mengantisipasi kepadatan, kami menerapkam sistem penyekatan sejak dari gate verifikasi tim gugus tugas Covid-19 sebelum memasuki area pelabuhan hingga menuju area terminal dan saat naik ke kapal,” jelasnya.

Langkah ini, kata Imelda untuk mencegah terjadinya antrian penumpang maupun kendaraan yang menimbulkan ketidaknyamanan pengguna jasa. Pihak ASDP juga konsisten menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Antara lain yaitu melakukan penyemprotan disinfektan secara berkala, pemeriksaan suhu tubuh, hingga penerapan physical distancing saat di terminal dan kapal. Bahkan, untuk penumpang pejalan kaki jumlahnya dibatasi maksimal hanya 75 orang. []

Continue Reading

Energi & Tambang

Harga BBM dan Listrik Segera Turun

GUNADI WITJAKSONO

Published

on

Harga BBM

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Harga BBM (Bahan Bakar Minyak) dan tarif dasar listrik dalam waktu dekat dipastikan akan segara turun. Untuk mendukung kebijakan, pemerintah telah menganggarkan dana kompensasi sebesar Rp 90,42 triliun.

Namun penurunan harga BBM dan listrik ini hanya dikhususkan bagi kalangan dunia usaha, bukan konsumen umum atau rumah tangga. Kebijakan tersebut untuk membantu dunia usaha yang masih terpapar efek pandemi virus corona atau Covid-19.

Diketahui pemerintah telah mengeluarkan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang anggarannya sebesar Rp 641,17 triliun. Sebesar 14,1 persen dari total dana PEN itu atau senilai Rp 90,42 triliun disiapkan untuk penurunkan tarif BBM dan listrik bagi dunia usaha.

“Dana itu merupakan kompensasi yang akan diberikan kepada PT Pertamina sebesar Rp 45,42 triliun dan PT PLN senilai Rp 45 triliun,” jelas Direktur Jenderal Anggaran (DJA) Kementerian Keuangan, Askolani, Selasa (26/5/2020).

Ia mengatakan, kebijakan kompensasi tersebut sudah ditetapkan oleh pemerintah untuk bisa dilaksanakan tahun 2020 ini. Tujuan tak lain untuk menjaga stabilitas perekonomian nasional serta perlindungan pada masyarakat. Jika harga BBM dan tarif listrik turun, diharapkan cashflow dunia usaha bisa membaik.

“Begitu juga dengan keberadaan tenaga kerja bisa terjaga dan membuat angka pengangguran tidak bertambah. Jadi ini untuk membantu kelancaran dan kegiatan dunia usaha yang menyangkut hajat rakyat banyak, khususnya penyediaan listrik dan BBM,” kata Askolani.
Namun, kebijakan penurunan harga BBM dan listrik ini masih dalam diproses oleh pemerintah. Setelah mendapatkan penetapan dari Presiden RI Joko Widodo barulah kebijakan ini bisa diterapkan.

Meski ada wacana pemerintah akan menurunkan harga BMM dan tarif listrik, hingga kini harga BBM belum juga turun meski harga minyak dunia mengalami penurunan. Terkait hal ini, Anggota Ombudsman RI Laode Ida mengungkapkan alasan yang didapat Ombudsman RI dari keterangan direksi PT Pertamina.

Pertama, harga pokok BBM yang dijual di Indonesia harga adalah sebelum turunnya harga BBM dunia. Jadi kalau dijual dengan harga murah, dapat dipastikan Pertamina akan mengalami kerugian besar. Kedua, harga BBM dunia terus berfluktuasi alias naik turun. Dan ketiga, jika harga BBM diturunkan dan terjadi kerugian besar di pihak PT Pertamina, maka akan terjadi Pemutusan Hubungan Kerja atau PHK.

“Sebelumnya Direksi PT Pertamina telah memberikan penjelasan kepada Ombudsman Ombudsman. Yang saya tangkap dari penjelasan Pertamina, ada tiga alasan pokok itu tadi yang membuat harga BBM belum juga turun,” jelas Laode, Selasa (26/5/2020).

Menurut Laode, jika PT Pertamina mengalami kerugian dengan menurunkan harga BBM, maka akan semakin menambah barisan warga bangsa ini yang terkena PHK akibat wabah virus corona jumlahnya saat ini diperkirakan sudah berada di atas angka dua juta orang. Ombudsman pun mengapresiasi PT Pertamina yang hingga saat ini tidak melakukan PHK karyawan. []

Continue Reading

Perbankan

Lebaran Seru #DiRumahAja, bank bjb Sebar Promo Idulfitri 2020

MediaBUMN

Published

on

bjb

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Berbagai kemudahan terus dipersembahkan bank bjb kepada nasabah setianya, masih dalam semarak hari ulang tahun ke-59 tahun serta menjelang Hari Raya Lebaran Idulfitri 2020. bank bjb memberikan kado istimewa kepada para nasabah setianya dengan menggelar program promosi Idulfitri 1441 Hijriah.

Penawaran-penawaran promo ini merupakan program rutin yang diselenggarakan perseroan. Tujuannya, tidak lain untuk memanjakan nasabah loyal yang selama ini telah menjadi mitra bank bjb. Promo ini juga bertujuan untuk memeriahkan perayaan momen lebaran yang kental dengan suasana ingar-bingar.

“bank bjb mencoba memberikan Tandamata lebaran sebagai wujud ungkapan penghargaan dan apresiasi yang diberikan perusahaan kepada nasabah yang selama ini sudah menjadi nasabah setia kami dalam bertumbuh serta berkembang bersama. Semoga dapat dimanfaatkan oleh nasabah agar dapat menambah suasana kemeriahan Hari Raya Idulfitri kali ini,” kata Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto.

Digulirkannya promo lebaran ini ikut dimaksudkan untuk mendukung gerakan lebaran #DiRumahAja di tengah situasi pandemi COVID-19 yang masih menyelimuti dunia. Promo ini dapat dinikmati nasabah melalui layanan e-channel bank bjb.

Dalam pelaksanaannya, terdapat beberapa kategori promo yang diberikan oleh perseroan. Nasabah dapat memanfaatkan promo menarik ini secara optimal. Berikut rinciannya:

Zakat Fitrah

bank bjb juga menyediakan promo Bayar Zakat Fitrah #DiRumahAja melalui QRIS bank bjb. Nasabah yang melakukan pembayaran zakat kepada Baznas via QRIS bank bjb (dengan aplikasi uang elektronik bjb DIGIcash, OVO, GOPAY, LinkAja, Dana) bisa mendapatkan e-voucher Indomaret senilai Rp25.000 hingga 24 Mei 2020 pukul 06.00 WIB. Promo berlaku bagi 200 user pertama yang melakukan pembayaran Zakat.

Food & Beverage

Pada kategori food & beverage, ada sejumlah merchant kuliner yang menawarkan promo, antara lain Ina Cookies, Raacha, Gokana, BMK, Omiyago, dan Marugame Udon.

bank bjb menawarkan merchandise cantik bagi nasabah yang membeli produk Ina Cookies dengan minimum transaksi sebesar Rp150.000 menggunakan bjb DIGI dan bjb DIGICash. Syaratnya dengan menunjukan bukti transfer dan bjb DIGICash dengan melakukan Scan QRIS yang dibawakan oleh kurir. Promo berlangsung pada 20 Mei-20 Juni 2020. Berlaku bagi transaksi menggunakan bjb DIGI dan bjb DIGICash di area Bandung Raya.

Promo di Raacha, Gokana, dan BMK berlaku untuk transaksi minimal Rp200.000 per hari menggunakan bjb Debit Card dan bjb Credit Card akan mendapatkan voucher 25.000 khusus delivery order. Promo berlangsung pada 18 Mei-18 Juni 2020 di outlet Sukajadi, Piset Square, Cimahi Mall dan Jatinangor Town Square.

Promo di Omiyago berlaku pemesanan via home page omiyago.com. Nasabah dapat memperoleh voucher Rp80.000 untuk minimal transaksi Rp400.000. Caranya, masukkan kode voucher bjbTHR sat pemesanan. Promo berlangsung pada 18 Mei-31 Mei 2020. Berlaku untuk 500 transaksi pertama.

Di Marugame Udon, promo diberikan berupa free delivery fee sebesar Rp10.000 dengan minimum transaksi Rp100.000 untuk maksimum pengantaran 7 km. Promo berlaku untuk transaksi menggunakan bjb Credit Card jenis Platinum. Pemesanan dilakukan dengan melakukan telepon langsung ke outlet dan melakukan konfirmasi untuk jenis pembayaran menggunakan bjb Credit Card. Promo berlangsung pada 18 Mei-31 Mei 2020 di outlet Kalideres, Jatiwaringin, Danau Sunter Utara, Jalan Riau Bandung, Buah Batu, Jalan Semeru Malang, Jalan Teuku Umar Bali, Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru.

Marketplace

Pada kategori marketplace, ada sejumlah merchant yang menawarkan promo, antara lain Indomaret, Shopee, Tokopedia, Blibli, iLOTTE, JD.ID.

Promo di Indomaret berlaku untuk pembelian produk Festive Pilihan pada halaman promo Klik Indomaret. Nasabah dapat beroleh tambahan diskon potongan Rp15.000 dengan minimal belanja Rp100.000 menggunakan kupon BJBLEBARAN khusus pembayaran dengan Kartu bjb Credit Card. Periode promosi 20 Mei-30 Juni 2020.

Di Shopee, Tokopedia, iLOTTE, JD.ID nasabah dapat memperoleh diskon sebesar Rp25.000 dengan minimal transaksi Rp250.000. Masukkan kode voucher BJBLEBARAN untuk transaksi di Shopee, dan BJBRAMADAN di Tokopedia, dan BJB-RAMADHAN di Blibli.

Promo berlaku untuk metode potongan langsung dengan menggunakan bjb Credit Card di seluruh marketplace. Promo berlaku untuk 25 transaksi/hari. Periode promosi 22 Mei-31 Mei 2020.

Provider

Pada kategori provider, tiga provider yang menawarkan promo, antara lain Indosat, XL Axiata, Telkomsel.

Promo di Indosat menawarkan tambahan pulsa bagi nasabah terpilih sebesar 5.000 untuk denominasi 100.000 dan 10.000 untuk 150.000. Periode program berlangsung 24 Mei-2 Juni 2020 dan berlaku pukul 12.00-15.00 WIB untuk transaksi menggunakan bjb Mobile, bjb NET, bjb SMS, dan bjb ATM.

Promo di XL Axiata menawarkan double voucher Grabfood hingga 150.000 untuk pembelian Paket Xtra Combo dan Xtra Combo VIP melalui ATM bank bjb, bjb SMS, bjb NET dan Mobile Banking bank bjb. Periode program pada 22 Mei-31 Mei 2020.

Promo di Telkomsel menawarkan tambahan pulsa reguler 20.000 setiap pembelian pulsa internet 200.000 periode 23 Mei 2020 berlaku pukul 00.00 s.d 23.59 WIB.

Promo diberikan khusus bagi nasabah yang melakukan isi ulang pulsa internet melalui e-channel bank bjb (bjb Mobile, bjb NET, bjb SMS, bjb ATM). Info lebih lanjut kunjungi www.bankbjb.co.id atau hub. bjb Call 14049. []

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM