Perum Damri Dukung Program Satu Juta Wisatawan Ke Danau Toba

oleh
Perum Damri

Perum Damri bakal berkoordinasi dengan Pemerintah Kora Tanjungbalai dan juga Pelindo I Cabang Tanjungbalai Asahan. Guna membangun halte bus serta ditata dengan baik supaya mendukung kenyamanan dan tentunya keamanan para penumpang. Hal itu dilakukan dalam rangka mendukung program Menteri Pariwisata yang menargetkan satu juta wisatawan ke Danau Toba pada tahun 2019.

Ahmad S selaku General Manajer Perum Damri Cabang Medan menuturkan bahwa pihaknya bakal membuka trayek baru. Yakni mulai dari Pelabuhan Teluk Nibung Tanjungbalai menuju ke Ajibata Parapat.

Perum Damri Siap Dukung Trayek Danau Toba

Pada rencana awal, Perum Damri bakal menyiapkan 2 unit bus, 1 bus stanby dari Tanjungbalai ke Ajibata maupun sebaliknya. Dengan mematok tarif Rp72 ribu per penumpangnya. Jika nanti permintaan semakin banyak, akan diusahakan untuk menambah armada yang tersedia.

Selanjutnya, Ahmad S menambahkan, apa yang pihaknya lakukan ialah guna semakin memajukan pariwisata Danau Toba. Yang terkoneksi ke Pelabuhan Pelindo yang merupakan pelabuhan internasional ke Malaysia.

“Dari Pak Dirjen (Direktur Jenderal) sudah turun suratnya untuk menunjukkan kita melayani dari Tanjungbalai ke Ajibata. Dengan dilayani dua bus dan nanti bakal dilaunching pada 8 Agustus di Kantor Walikota Tanjungbalai. Perum Damri bakal menjadi shuttle bus dalam pengelolaan pariwisata Danau Toba,” Ujar Ahmad S.

Kontribusi Perum Damri dalam memajukan wisata di Danau Toba ialah dengan menjadi modal transportasi. Yang dikhususkan untuk mengangkut para penumpang wisatawan baik nusantara maupun mancanegara. Dengan melalui Pelabuhan Teluk Nibung Tanjungbalai ke Danau Toba yang bakal berdampak baik guna perkembangan pariwisata Indonesia.

Sementara itu, HM Syahrial selaku Walikota Tanjungbalai menyambut dengan baik dan juga sangat mengapresiasi. Dalam adanya kerja sama BUMN yang bergerak dalam jasa transportasi tersebut dengan Pemerintah Kota Tanjungbalai.

Sebab sudah menjadi pengetahuan bersama bahwa Tanjungbalai merupakan salah satu pintu masuk wisatawan dari tetangga kita. Yakni dari Negara Malaysia untuk menuju ke Danau Toba.

Pemerintah sangat bersyukur dengan kehadiran dari Perum Damri, yang rencananya bakal dilaksanakan peluncuran pada 8 Agustus 2019. Pihak Dinas Dishub serta Dinas Pariwisata akan membantu mempromosikan hal tersebut. Guna mendorong hal ini untuk sampai ke tengah masyarakat secara meluas. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *