Connect with us
PERTAMINA

Energi & Tambang

Pertamina Fondation Konsisten Jalankan Keputusan Pengadilan

Published

on

Pertamina Foundation

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Pertamina Foundation (PF) berkomitmen untuk menutup peluang munculnya kembali kerugian negara dalam program Gerakan Menanam Pohon (GMP).

Berkaitan dengan permohonan penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU) yang diajukan oleh beberapa pihak yang mengklaim dirinya sebagai relawan, PF menilai permohonan PKPU yang diajukan justru bisa berpotensi membuat kerugian negara dapat terus berlanjut dan semakin besar jumlahnya.

Saat ini, PF sedang meminta pendapat dari instansi dan penegak hukum yang berwenang yang akan menjadi pertimbangan dalam memutuskan dan mengambil Langkah serta solusi dari permasalahan terkait pelaksanaan program GMP.

“Pertamina Foundation tetap menghormati proses persidangan permohonan PKPU saat ini. Namun, kami menghimbau semua pihak, termasuk para pemohon PKPU, untuk bersama-sama mencegah kerugian negara dalam program GMP yang dapat berlanjut dan semakin besar,” ujar Syahrul Hakim, Legal Officer Pertamina Foundation.

Syahrul mengungkapkan bahwa program tersebut diselenggarakan pada 9 tahun lalu dan saat ini telah memiliki keputusan pengadilan mengikat yang harus dipatuhi oleh semua pihak pasca ditetapkan adanya pelanggaran hukum yang merugikan negara dalam pelaksanaannya.

Pertamina Foundation

“Sebelumnya, GMP merupakan salah satu kegiatan Corporate Social Responsibility PT Pertamina (Persero) pada tahun 2012-2014 yang dilaksanakan oleh Pertamina Foundation. Berdasarkan putusan Mahkamah Agung RI tahun 2018 (Putusan Nomor 1132 K/PID.SUS/2018) yang telah berkekuatan hukum tetap, dinyatakan adanya perbuatan melawan hukum yang merugikan negara dalam pelaksanaan program GMP,” terang Syahrul.

“Sisa dana program GMP juga telah dikembalikan ke negara sesuai perintah dalam Putusan Pengadilan,” tambah Syahrul.

Presiden Direktur Pertamina Foundation Agus Mashud S. Ansgari menegaskan, sebagai organisasi nirlaba, PF tetap fokus pada kegiatan di bidang sosial kemanusiaan, terutama pada peningkatan kualitas pendidikan, pemberdayaan masyarakat, olahraga dan lingkungan hidup. PF juga terus bertransformasi dan mengembangkan dirinya untuk dapat terus meningkatkan efektivitas kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan/ CSR agar lebih fokus, berdampak luas, dan berkelanjutan.

Saat ini, PF mengembangkan program unggulan PFSeries dengan kegiatan pemberian beasiswa melalui melalui program PFprestasi. Pemberdayaan perempuan dan kelompok usaha melalui PFPreneur.

“Kami juga memfasilitasi gagasan dan invoasi melalui proyek-proyek kreatif dalam program PFmuda dan PFsains yang terbuka bagi seluruh generasi muda di negeri ini. PF juga hadir dalam berbagai aksi tanggap bencana dan pemberian bantuan termasuk membantu korban terdampak pandemi Covid-19 di Indonesia melalui program PFbangkit,” tandas Agus. []

Energi & Tambang

Kinerja PLN Dioptimalkan, Erick Thohir Rombak Jajaran Direksi

Published

on

Kinerja PLN

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Kinerja PLN terus dioptimalkan oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara. Salah satu langkah yang dilakukan baru-baru ini adalah melakukan pergantian pada jajaran direksi.

Menteri BUMN Erick Thohir secara resmi telah melakukan perombakan jajaran pada BUMN listrik tersebut.

Keputusan tersebut dalam surat bernomor SK-200/MBU/06/2021 dan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PLN tahun 2021.

Dalam keputusan tersebut secara resmi menetapkan sejumlah nama sebagai direksi PLN yang berlaku sejak 16 Juni 2021.

Adapun beberapa nama tersebut adalah Direktur Bisnis Regional Sumatera dan Kalimantan yang diisi oleh Muhammad Ikbal Nur,

Selanjutnya untuk kursi Direktur Mega Proyek dan Energi Baru Terbarukan diduduki oleh Wiluyo Kusdwiharto.

Kemudian posisi Direktur Perencanaan Korporat, Erick Thohir menaruh harapan pada Evy Haryadi.

Dengan demikan maka susunan Direksi PLN saat ini adalah sebagai berikut:

1. Direktur Utama – Zulkifli Zaini

2. Wakil Direktur Utama – Darmawan Prasodjo

3. Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko – Sinthya Roesly

4. Direktur Manajemen Sumber Daya Manusia – Syofvi Felienty Roekman

5. Direktur Perencanaan Korporat – Evy Haryadi

6. Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan – Bob Saril

7. Direktur Energi Primer – Rudy Hendra Prastowo

8. Direktur Mega Proyek dan Energi Baru Terbarukan – Wiluyo Kusdwiharto

9. Direktur Bisnis Regional Sumatera dan Kalimantan – Muhammad Ikbal Nur

10. Direktur Bisnis Regional Jawa,Madura dan Bali – Haryanto W.S

11. Direktur Bisnis Regional Sulawesi, Maluku, Papua & Nusa Tenggara – Syamsul Huda

Seperti diketahui bahwa adanya pergantian pengurus menjadi hal yang lumrah pada setiap BUMN termasuk PLN. Langkah tersebut menjadi bagian dari upaya mendorong kinerja PLN.

PLN senantiasa terus berkomitmen dalam memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh masyarakat Indonesia. Sehingga dengan adanya direksi baru tersebut diharapkan kinerja PLN akan jauh semakin baik.

Continue Reading

Energi & Tambang

PLN Gandeng Ditjen Dukcapil Guna Peningkatan Pelayanan

Published

on

Dukcapil

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PLN tandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri terkait Pemanfaatan Nomor Induk Kependudukan, Data Kependudukan Dan Kartu Tanda Penduduk Elektronik Dalam Lingkup Layanan PLN.

Penandatanganan Kerja Sama dilakukan secara daring oleh Direktur Utama PLN, Zulkifli Zaini dan Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil, Zudan Arif Fakrulloh pada Jumat, (11/6). Hal ini merupakan bentuk digitalisasi proses bisnis khususnya pada peningkatan pelayanan pelanggan.

“PLN melayani lebih dari 79 juta pelanggan, dimana diantaranya sekitar kurang lebih 37 juta pelanggan merupakan pelanggan yang mendapatkan subsidi listrik yang harus dikelola secara profesional dan tepat sasaran,” tutur Zulkifli.

Dirinya menambahkan, diperlukan sinkronisasi data pelanggan PLN dengan data DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) dari Kementerian Sosial dimana Nomor Induk Kependudukan (NIK) digunakan sebagai basis pelayanan publik.

Dengan tercantumnya NIK pada seluruh data pelanggan PLN akan mempermudah verifikasi dan validasi data NIK pelanggan pada data base PLN serta membantu penyaluran subsidi listrik berbasis DTKS akan tepat sasaran.

“Mudah-mudahan 79 juta pelanggan PLN dengan target 37 juta pelanggan yang mendapatkan subsidi berbasis DTKS yang sudah berbasis NIK dapat berjalan dengan lancar dan tepat sasaran. Dengan sinkronasi data yang dilakukan, nantinya PLN dapat mengetahui informasi mengenai pelanggannya,” ucap Zudan.

Dirinya menambahkan, kerja sama ini dapat memudahkan PLN untuk membangun proses digitalisasi, pemberian subsidi, sekaligus melakukan pencocokan pelanggan lama dan verifikasi pelanggan baru.

PLN berharap kerja sama ini menjadi sebuah langkah strategis yang akan memberikan nilai tambah bagi kedua belah pihak. PLN akan terus meningkatkan sinergi dengan berbagai pihak untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan. []

Continue Reading

Energi & Tambang

Pasokan BBM dan LPG di Wilayah Jawa Tengah dan DIY Dipastikan Aman

Published

on

pasokan BBM

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Pertamina pastikan pasokan BBM dan LPG di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tetap dalam kondisi aman, pasca insiden kebakaran di salah satu bundwall tangki penyimpanan di area Kilang Cilacap, Jumat (11/6).

Unit Manager Communication, Relations, & Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina Pemasaran Regional Jawa Bagian Tengah dalam keterangan pers di Semarang mengatakan kejadian tersebut tidak akan mempengaruhi distribusi BBM dan LPG, khususnya di wilayah Jawa Tengah dan DIY.

“Pertamina Pemasaran Regional Jawa Bagian Tengah memiliki 7 Fuel Terminal dan 3 LPG Terminal yang berfungsi untuk memasok kebutuhan BBM dan LPG di provinsi Jawa Tengah dan DIY, untuk itu pasokan dan distribusi kepada masyarakat dapat dipastikan aman dan cukup melalui unit operasi tersebut,” ungkap Brasto.

“Untuk itu masyarakat tidak perlu khawatir, terlebih terkait kebutuhan pasokan BBM dan LPG,” tutupnya. []

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM

error: Content is protected !!