Juli Ini Pertamina Bakal Punya Dirut Baru

by

Dalam waktu dekat ini (Juli) PT Pertamina (Persero) akan memiliki Direktur Utama definitive. Hal ini dikatakan langsung oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno.

Seperti diketahui bahwa kursi Direktur Utama masih diduduki oleh Pelaksana Tugas (Plt) Dirut Pertamina Nicke Widyawati dimana nama tersebut juga merangkap jabatan sebagai Direktur Sumber Daya Manusia (SDM).

Pasca pencopotan Elia Massa Manik dari posisi Direktur Utama Pertamina pada 20 April silam, Nicke dipercaya Menteri BUMN untuk mengisi kekosongan jabatan strategis tersebut. Elia dicopot dari posisinya sebagai Direktur Utama lantaran berbagai faktor, antara lain kelangkaan premium dan tragedi tumpahnya minyak di perairan teluk Balikpapan.

“Saya pastikan tidak lama lagi Pertamina akan punya Dirut. Semoga Juli ini sudah bisa diumumkan,” ujar Rini (02/7).

“Insyaallah (penunjukkan Dirut Pertamina) tidak lama lagi. Moga-moga di bulan Juli,” ujar Rini di sela acara halal bil halal di kediamannya, Jakarta, Sabtu (30/6).

Selama menjabat sebagai Menteri BUMN, Rini sudah dua kali melakukan mencopot Dirut Pertamina. Adapun sebelum Elia, nama mantan Direktur Semen Indonesia, Dwi Soetjipto juga pernah mengalami hal serupa pada 3 Februari 2017 silam.

Rini menyadari selama ia menjabat sebagai Menteri BUMN, ia telah dua kali mencopot pejabat Dirut Pertamina. Sebelum Elia, Dwi Soetjipto juga hanya bertahan selama periode 28 November 2014-3 Februari 2017.

“Saya telah menyampaikan beberapa nama yang menjadi kandidat menjadi Direktur utama Pertamina kepada Presiden Joko Widodo,” pungkasnya. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *