Connect with us
PERTAMINA

Energi & Tambang

Pertama Kalinya Pertamina Kirim Bahan Baku Biodiesel

MediaBUMN

Published

on

biodiesel

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT Pertamina (Persero) melakukan pengiriman pertama kali kargo trading bahan baku biodiesel berupa Sodium Methylate Oxide (SMO) kepada PT Tunas Baru Lampung.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk upaya mendukung penerapan kebijakan pencampuran 20% biodiesel dengan solar (B20).

Hal tersebut disampaikan VP Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman. Menurutnya, SMO adalah bahan kimia yang didapatkan dari pencampuran Methanol dengan Sodium Hydroxide.

Dijelaskannya, SMO digunakan sebagai katalis untuk proses transesterification dengan vegetebles oil dan bahan kimia lainnya untuk dijadikan Fatty Acid Methyl Esters (FAME).

FAME itu kemudian disalurkan ke Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Pertamina yang ada di seluruh Indonesa sebagai bahan pencampuran Biodiesel.

“Pasokan SMO yang dilakukan Pertamina ini merupakan upaya mendukung produksi FAME yang akan menjadi bahan pencampuran bahan bakar nabati,” kata Fajriyah, Jumat (15/11).

Selain itu untuk penggunaan SMO sebagai katalis akan membantu produksi FAME yang diharapakan dapat meningkatkan kehandalan ketersediaan FAME untuk mendukung program B20 yang dicanangkan pemerintah.

Lebih lanjut Fajriyah menjelaskan, Pertamina sudah melakukan pemasokan perdana SMO tersebut pada awal November 2019 dengan jumlah sebanyak tujuh iso tank dengan total volume 154.000 KGS.

“Dengan menyuplai produk dari biodesel ini, Pertamina berhasil meraih tambahan pendapatan hingga US$ 101.640 di bulan November 2019,” terangnya.

Kedepannya, Pertamina akan terus menjalin kontrak kerjasama dalam menyalurkan produk SMO dengan produsen-produsen FAME yang ada di seluruh Indonesia.

“Hal ini tentunya sesuai dengan prediksi kenaikan produksi Biodiesel di masa depan,” harap Fajriyah.

Maka dari itu, Pertamina saat ini masih sangat berpotensi bisa mendapatkan revenue lebih besar lagi kedepannya dengan menyuplai produk-produk yang dihasilkannya tersebut ke customer lainnya dengan pertimbangan pemakaian SMO sekitar 1-2 persen dari total kapasitas produksi penggunanya.

Sehingga, pada pasokan bahan baku biodiesel perdana ke PT Tunas Baru Lampung ini bisa terus berlanjut dengan customer lainnya.

Diketahui juga saat ini Pertamina tengah memaksimalkan penggunaan energi bersih melalui pengembangan panas bumi.

Energi bersih tersebut untuk memenuhi kebutuhan serta keberlangsungan suplai energi nasional. []

Energi & Tambang

PLN Siap Turunkan Tarif Listrik Sesuai Arahan Pemerintah

EKO PRASETYO

Published

on

listrik

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Presiden Joko Widodo mengumumkan pelanggan listrik golongan 450 VA akan digratiskan selama tiga bulan ke depan, terhitung mulai bulan April hingga Juni 2020. Selain itu, pelanggan 900 VA juga akan diberikan diskon tarif listrik sebesar 50 persen dengan masa pemberlakuan yang sama.

Terkait kebijakan ini, Vice President Public Relations PT PLN (Persero) Dwi Suryo Abdullah mengatakan aturan teknis tersebut masih menunggu Peraturan Menteri (Permen) Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

“Mekanismenya yang mengatur kementerian terkait, yaitu Kementerian ESDM. Dalam hal ini PLN sebagai operator, jadi apa yang disampaikan pemerintah dan regulasinya seperti apa, itu yang akan kita jalankan,” kata Dwi, Selasa (31/3/2020).

“Nanti kami akan dikirimi surat. Permennya ini diberlakukan sejak kapan, teknisnya seperti apa, itu semua dari Kementerian ESDM,” imbuhnya.

Dwi Suryo mengatakan, meski Permen ESDM itu belum, PLN akan mendukung keputusan pemerintah yang menggratiskan listrik selama 3 bulan bagi warga yang tidak mampu demi memerangi virus corona.

“Kita semua tetap mendukung pencegahan Covid-19. Semua harus menyukseskan supaya Indonesia terbebas dari virus Covid-19,” sebutnya.

Dwi menuturkan nantinya Kementerian ESDM yang akan mengatur terkait mekanisme pengaturan dan penghitungan biaya untuk pergantian tarif tersebut. Sementara PLN tetap berfokus untuk memberikan pelayanan listrik maksimal kepada masyarakat sehingga kebutuhan listrik tetap terpenuhi.

“Kami berharap dengan penangguhan dan diskon yang diberikan dapat mendukung masyarakat untuk tetap dapat beraktivitas di rumah masing-masing,” ungkapnya.

Diketahui, data pelanggan yang memakai listrik 450 VA jumlahnya sekitar 24 juta. Sedangkan yang memakai listrik 900 VA sekitar 7 juta pelanggan. Kebijakan penggratisan tarif listrik dan diskon tarif listrik sebelumnya sudah dibicarakan dengan PLN.

Sementara, I Made Suprateka selaku Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN, mengatakan PLN akan menindaklanjuti pola penggunaan listrik bagi kelompok pelanggan 450 VA dan 900 VA yang akan digratiskan dan juga didiskon 50 persen.

Menurut data PLN, rata-rata pelanggan listrik pelanggan 450 VA besaran penggunaan mencapai 70 kWh per bulan. Sedangkan pelanggan golongan 900 VA subsidi, rata-rata penggunaan listrik mencapai 100 kWh hingga 150 kWh per bulan.

“Perkiraan perhitungan tersebut akan dicocokkan kembali dengan database penggunaan pelanggan golongan 450 VA dan 900 VA subsidi. Untuk yang diberi diskon 50 persen, akan dilihat penggunaan rill setiap bulannya. Meskipun mereka biasanya maksimum besaran konsumsi listriknya 100 kWh hingga 150 kWh per bulannya,” imbuhnya.

Presiden Jokowi mengambil langkah untuk memberikan pembebasan dan diskon tarif listrik, menyusul penyebaran wabah corona di sejumlah wilayah yang semakin tinggi. Sehingga tidak memungkinkan adanya kegiatan perekonomian.

Jokowi menegaskan, pembebasan tarif listrik dan diskon 50 persen pembayaran bagi masyarakat ekonomi kurang mampu dilakukan pemerintah sebagai bantuan atas dampak kebijakan pembatasan sosial skala besar yang diterapkan pemerintah untuk mencegah penyebaran virus corona.
Selain tarif listrik, sejumlah bantuan lain juga dikucurkan lewat program keluarga harapan, kartu sembako, kartu pra kerja dan relaksasi kredit.

Presiden Jokowi juga menyampaikan, pemerintah telah memutuskan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dalam mengatasi Covid-19. Kebijakan PSBB ini merujuk pada Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Karantina Kesehatan. Dengan regulasi ini, Jokowi meminta kepala daerah tidak membuat kebijakan sendiri dan tetap terkoordinasi.

“Semuanya jelas. Saya minta kepala daerah tidak membuat kebijakan sendiri-sendiri yang tidak terkoordinasi. Semua kebijakan harus sesuai peraturan, berada dalam koridor Undang Undang, Peraturan Pemerintah, serta Keppres,” kata Jokowi. []

Continue Reading

Energi & Tambang

SKK Migas Gandeng BUMN, Proyek Hulu Migas Hemat Hingga Rp3,5 Triliun

EKO PRASETYO

Published

on

skk migas

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) berusaha mengefisiensi biaya di tengah penurunan harga minyak. Salah satu caranya yaitu dengan menggandeng Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Seperti Pertamina, Citilink Indonesia, Surveyor Indonesia, dan Sucofindo.

Dari kerja sama itu, diharapkan SKK Migas bisa meningkatkan penggunaan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) pada kegiatan hulu migas. Selain itu, ada potensi penghematan yang akan dihasilkan selama masa kontrak lima tahun senilai Rp3,5 triliun.

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengatakan, pihaknya berusaha agar industri hulu migas semakin efisien demi meningkatkan produksi.

“Tujuan kami agar target produksi 1 juta barel pada tahun 2030 mendatang bisa tercapai. Kerja sama ini merupakan salah satu alat untuk mengusahakannya,” kata Dwi dalam siaran pers pada Selasa (31/3/2020).

Adapun penandatanganan kerja sama antara SKK Migas dengan perusahaan pelat merah tersebut dilaksanakan secara terpisah dari kantor masing-masing. Semua pihak bersepakat tidak mengadakan seremoni dan pertemuan demi mendukung penanggulangan virus corona.

Kerja sama dengan Pertamina untuk menyediakan kebutuhan berupa bahan bakar, pelumas, dan petrochemical yang akan digunakan oleh industri hulu migas. Kerja sama ini berlaku hingga bulan Agustus 2024. Selanjutnya Pertamina akan memberikan potongan harga kepada sektor hulu migas. Besaran diskon tergantung pada volume pembelian dari kontraktor migas.

Sementara Deputi Dukungan Bisnis SKK Migas, Sulistya Hastuti Wahyu mengatakan, kerja sama itu memberikan potensi penghematan cukup signifikan. Diperkirakan akan menghemat sekitar Rp 3,405 triliun selama periode kontrak atau Rp 682 miliar per tahun. Kerja sama itu merupakan kelanjutan dari kerja sama periode sebelumnya tahun 2014 –2019.

Dari data SKK Migas, hasil kerja sama selama lima tahun terakhir telah memberikan penghematan sebesar Rp 1,684 triliun atau rata-rata Rp 336,8 miliar tiap tahun. Potensi penghematan periode kedua dipastikan akan meningkat karena volume konsumsi BBM oleh Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) lebih besar. Apalagi ada peningkatan nilai diskon yang akan diberikan oleh Pertamina.

Sedangkan kerja sama dengan Citilink yaitu dukungan kebutuhan transportasi udara yang lebih murah dan efisien. Kerja sama itu untuk melengkapi kerja sama sebelumnya dengan Garuda Indonesia. Dengan kerja sama ini, Citilink akan memberikan diskon harga 20 persen dari basic fair tiket pesawat dan pemberian bagasi sebesar 20 Kg gratis kepada penumpang dari pekerja SKK Migas dan KKKS.

Dari potongan harga tersebut, SKK Migas menargetkan penghematan awal sebesar Rp 1,5 miliar. Nilai efisiensi bisa terus naik seiring peningkatan kegiatan pada proyek-proyek besar hulu migas.

“Kerja sama itu juga memberikan ruang bagi KKKS untuk mengatur operasional lebih baik karena adanya pilihan pengunaan moda transportasi udara dengan biaya yang lebih kompetitif,” ujar Sulistya.

Terkait kerja sama ini, Direktur Utama Citilink Juliandra berharap nantinya mampu memperluas segmen konsumen Citilink di sektor industri migas. Mengingat area operasi SKK Migas tersebar di berbagai daerah di Indonesia dengan mobilitas karyawan yang cukup tinggi. Beberapa rute penerbangan Citilink juga menjangkau wilayah kerja eksplorasi.

Diharapkan kerja sama itu membantu efisiensi kegiatan survei dan pengeboran eksplorasi menjadi lebih optimal. Sepanjang tahun 2019 volume penerbangan seluruh KKKS mencapai 184.221 Pax dengan pengeluaran setara dengan Rp 280 miliar. Melalui kerja sama dengan Citilink, pengeluaran untuk transportasi udara akan semakin rendah karena harga tiket yang lebih murah dan diskon 20% dari tarif dasar.

Kemudian, kerja sama dengan Sucofindo dan Surveyor Indonesia dalam hal verifikasi realisasi TKDN kontrak barang dan jasa yang digunakan menunjang kegiatan KKKS. Melalui kerja sama itu, Sucofindo-Surveyor Indonesia dan KKKS akan memberikan potongan harga minimal 5 persen dari standar yang dikeluarkan oleh Ikatan Nasional Konsultan Indonesia.

Atas diskon yang akan diberikan, potensi penghematan yang diperoleh dari proyek hulu migas selama masa kontrak sekitar Rp 7,2 miliar. Di tahun 2019, pengeluaran seluruh KKKS untuk kewajiban verifikasi TKDN tercatat mencapai Rp 105,3 miliar.

Hasil kerja sama ini nantinya juga akan memberikan manfaat standarisasi biaya verifikasi TKDN sejak penyusunan rencana kerja dan anggaran (WP&B) validitas database realisasi TKDN komoditas. Kemudian acuan referensi kemampuan dalam negeri pada proyek-proyek hulu migas. Manfaat lain yang diharapkan yaitu proses pengajuan tanda sah TKDN ke Direktorat Minyak dan Gas (Ditjen Migas) yang lebih cepat.

Selain itu, KKKS yang menggunakan skema gross split, verifikasi TKDN melalui lembaga independen Sucofindo Surveyor Indonesia dalam payung kerjasama dengan SKK Migas akan sangat membantu dalam pengajuan realisasi variabel split TKDN yang akan ditandasahkan Ditjen Migas. []

Continue Reading

Energi & Tambang

Kebijakan PLN, Hitung Pemakaian Listrik 3 Bulan Terakhir

EKO PRASETYO

Published

on

kebijakan

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero) menerapkan kebijakan perhitungan rata rata pemakaian listrik selama 3 bulan terakhir. Kebijakan PLN dalam pencatatan dan pemeriksaan stand meter pelanggan yang ditangguhkan sementara waktu ini dilakukan untuk pelanggan pasca bayar dan berlaku untuk pembayaran rekening di bulan April.

Langkah ini dilakukan dalam upaya mencegah penyebaran virus covid-19 atau virus corona.

Senior Executive Vice President (SEVP) Dept. Bisnis & Pelayanan Pelanggan PLN, Yuddy Setyo Wicaksono, belum lama ini menjelaskan pembayaran rekening di bulan April akan menggunakan data historis rata-rata pemakaian kWh di bulan Desember, Januari dan Februari.

“Langkah ini adalah upaya menghindari pembaca atau pencatatan meteran dengan berkunjung ke rumah pelanggan,” katanya.

Langkah ini menurut Yuddy sebagai menjalankan imbauan pemerintah dalam melakukan Work From Home (WFH) guna pencegahan penyebaran virus corona.

“Harapannya cara ini bisa berhasil. Selain itu harapannya pelanggan juga tetap tenan dan tak perlu repot dalam melakukan interaksi,” harap Yuddy.

Seluruh pelanggan PLN, imbau Yuddy, apabila memiliki keluhan dan akan melakukan pengaduan terkait ketidaksesuaian pencatatan stand akhir kWh meter dan perhitungan rekening, akan diperhitungkan di rekening bulan depan, sehingga pelanggan tetap tak akan dirugikan.

Untuk pengaduan, pelanggan PLN dapat sampaikan ke contact center PLN di 123. Diimbaunya juga ke seluruh masyarakat untuk bisa melakukan pembayaran via online. Langkah ini juga upaya meminimalisir kontak fisik antar pelanggan dan petugas.

“Ini langkah preventif yang dilakukan PLN guna mencegah penularan Covid 19,” imbuhnya.

Diterangkannya, untuk pembayaran online, pelanggan tak harus lagi ke PLN. Salah satu yang bisa dituju antaranya seperti, Internet Bangking, ATM dan SMS Bangking.

Selain lewat aplikasi perbankan, pelanggan juga bisa lakukan pembayaran lewat Aplikasi Dompet Digital (E-Wallet), di antaranya Link Aja, Gopay, ataupun lewat aplikasi E-Commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, Traveloka, dan lainnya.

PLN juga disampaikannya memiliki layanan dalam bentuk aplikasi, yakni Aplikasi PLN Mobile.

Pelayanan ini guna memaksimalkan pelayanan PLN secara online selain via contac center.

Sebab, PLN di Aplikasi PLN Mobile terdapat layanan pengaduan dan layanan informasi tagihan, sambung baru, perubahan daya, penyambungan sementara maupun pengaduan pelanggan. []

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM