PertafloSIM Software Inovasi Persembahan Anak Bangsa

by
PertafloSIM

PertafloSIM merupakan sebuah software penghitung aliran migas (minyak dan gas) dalam pipa dari dasar sumur hingga ke permukaan dan titik serah atau titik jual (sales point). Software ini baru saja diluncurkan oleh PT Pertamina (Persero).

PertafloSIM ini adalah sebuah temuan atau hasil inovasi para teknisi perminyakan Pertamina dengan Research Consortium OPPINET Institut Teknologi Bandung (ITB). Sebuah penemuan karya anak bangsa yang sangat membanggakan.

Direktur Perencanaan, Investasi, dan Manajemen Risiko (PIMR), Heru Setiawan mengatakan, inovasi software ini merupakan upaya efisiensi yang dilakukan Pertamina khususnya sektor hulu. Karena dibandingkan dengan software komersial dengan sistem sewa lisensi yang biasa digunakan Pertamina sebelumnya, PertafloSIM ini jauh lebih hemat.

Selain itu, software ini sangat mendukung efisien di sektor hulu. Karena saat ini, Pertamina sedang mengembangkan jaringan perpipaan yang luas pada blok-blok terminasi. Software ini telah diuji coba di Lapangan Tambun yang memiliki jaringan lengkap. Di antaranya mulai dari dry gas, black oil, dan model multiphase compositional.

PertafloSIM ini juga telah dipresentasikan kepada SKK Migas dan Direktorat Hulu, yang nantinya akan menjadi potensi pengguna paling besar. Mulai dari Upstream Technical Center, Eksploitasi Pertamina EP, Asset-1 sampai dengan Asset-5 Pertamina EP. Selain itu ada juga Pertamina Hulu dan Pertamina Hulu Mahakam.

PertafloSIM Hadirkan Efisiensi

Pihak Pertamina berharap, adanya PertafloSIM ini akan membantu terciptanya potensi perusahaan untuk mengembangkan teknologi sendiri. Software ini rencananya, akan digunakan secara intensif di lingkungan Pertamina, sehingga nantinya terwujud efisiensi biaya produksi.

Heru juga mengungkapkan, bahwa Pertamina sudah 18 tahun bekerja sama dengan ITB. Menemukan serta mengembangkan software perhitungan aliran minyak dan gas dalam pipa. Pertamina bersama ITB selalu memberikan motivasi bagaimana cara memecahkan permasalahan-permasalahan di lapangan melalui model matematika dan simulasi.

Dengan terciptanya PertafloSIM ini, tentunya akan sangat membantu Pertamina untuk mengetahui perhitungan aliran migas dalam pipa. Dengan demikian, pihak Pertamina akan terus mengembangkan software yang telah tercipta agar lebih baik dan maksimal. Pertamina pun berharap, agar ke depannya anak-anak bangsa mampu menciptakan karya lebih banyak dan lebih baik lagi. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *