Connect with us
PERTAMINA

Transportasi

Perjanjian Pinjaman Garuda Indonesia dan Bank Mandiri Diperpanjang

CHRIESTIAN

Published

on

Perjanjian pinjaman

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Perjanjian pinjaman antara PT Garuda Indonesia dengan PT Bank Mandiri resmi diperpanjang.

Kedua perusahaan plat merah ini menyepakati beberapa poin dalam perjanjian pinjaman tersebut, di antaranya pemberian pinjaman dan addendum perjanjian treasury line.

Atas perjanjian pinjaman tersebut, kedua belah pihak sepakat untuk melakukan perpanjangan jangka waktu perjanjian pinjaman yang sebelumnya sudah berjalan.

Semula perjanjian itu berlaku sejak 16 Desember 2020 sampai dengan 31 Maret 2021, kini diperpanjang hingga 31 Desember 2021 mendatang.

Adapun fasilitas yang disediakan dari pihak Bank Mandiri berupa fasilitas Non Cash Loan-Customized IGF dan fasilitas Treasury Line yang telah berjalan sejak tahun 2016 lalu.

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT Garuda Indonesia Prasetio menjelaskan, penandatanganan perjanjian pinjaman dengan Bank Mandiri ini telah dilakukan pada 30 Maret lalu.

Menurutnya, selain perubahan jangka waktu perjanjian, jumlah fasilitas Treasury Line juga diubah, dari yang sebelumnya 300 juta dolar AS menjadi 150 juta dolar AS.

Sementara untuk fasilitas Non Cash Loan Customized IGF dalam perjanjian yang baru ini, jumlah fasilitas tetap sama yaitu Rp2,4 triliun.

“Meski ada beberapa poin yang diubah, namun ketentuan persyaratan lainnya, termasuk mengenai bunga dan jaminan tidak berubah,” ujar Prasetio dikutip dari keterbukaan informasi BEI, Minggu (4/4/2021).

Prasetio menjelaskan, dasar pertimbangan Garuda Indonesia melakukan perubahan perjanjian pinjaman ini adalah untuk memperpanjang jangka waktu sampai akhir tahun ini.

Selanjutnya fasilitas pinjaman yang didapat dari Bank Mandiri akan digunakan untuk mendukung kebutuhan modal kerja dan operasional perusahaan.

“Dana ini tidak terbatas pada pembelian bahan bakar yang merupakan penunjang kegiatan utama. Tetapi untuk berbagai kebutuhan pada operasional perseroan,” jelasnya.

Ia menambahkan, salah satu kebutuhan penting Garuda Indonesia yaitu pelaksanaan transaksi lindung nilai untuk mitigasi risiko yang berasal dari pergerakan nilai tukar Rupiah terhadap mata uang asing.

Untuk itu pihaknya melakukan transaksi material ini yang sudah sesuai dengan POJK 17/2020 yang wajib diumumkan keterbukaan informasi kepada masyarakat.

Namun perjanjian pinjaman ini tidak diwajibkan menggunakan penilai karena merupakan transaksi pinjaman yang diterima langsung dari perbankan.

Sementara jajaran Dewan Komisaris dan Direksi Garuda Indonesia menyatakan bahwa perjanjian pinjaman ini adalah Transaksi Afiliasi antara dengan Bank Mandiri yang tidak terbentur dengan berbagai kepentingan. []

Transportasi

Garuda Indonesia Buka Rute Khusus Kargo Surabaya – Hong Kong

MediaBUMN

Published

on

khusus kargo

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia secara resmi melayani penerbangan rute khusus kargo Surabaya – Hong Kong yang merupakan bagian dari upaya perluasan jaringan penerbangan kargo guna mendukung peningkatan daya saing komoditas ekspor unggulan nasional, khususnya wilayah provinsi Jawa Timur. Pada penerbangan perdana tersebut, Garuda Indonesia mengangkut komoditas unggulan dari Jawa Timur yang terdiri dari produk UMKM Jawa Timur, komoditas perikanan dan hasil produksi lainnya.

Penerbangan khusus kargo Rute Surabaya – Hong Kong dilayani sebanyak 1 kali setiap minggunya dengan armada Airbus A330-300 yang memiliki daya angkut mencapai 30-40 ton di setiap penerbangannya. Rute khusus kargo Surabaya – Hong Kong ini berangkat dari Bandara Internasional Juanda pada pukul 06.00 WITA dan tiba di Hong Kong pada pukul 12.00 waktu setempat.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengungkapkan, “Penerbangan rute khusus kargo menjadi salah satu peluang bisnis yang secara berkelanjutan akan kami perkuat selaras dengan tren kebutuhan pengangkutan kargo yang terus tumbuh. Dengan pengembangan jaringan penerbangan kargo ini, harapan kami kegiatan direct export komoditas unggulan dari kawasan Surabaya dan sekitarnya dapat semakin berdaya saing, sehingga dapat mendukung upaya percepatan pemulihan ekonomi nasional, khususnya wilayah Jawa Timur”.

“Tentunya kami harapkan kehadiran penerbangan kargo ini dapat semakin meningkatkan daya saing kualitas produk komoditas unggulan di Jawa Timur dengan waktu pengiriman yang lebih singkat tanpa harus melakukan transit di beberapa hub penerbangan sehingga kualitas produk menjadi lebih terjaga tentunya dengan cost logistik yang lebih kompetitif. Dengan demikian, harga komoditas ekspor dapat menjadi lebih bersaing di pasar global”, papar Irfan.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyambut baik pembukaan penerbangan khusus kargo tersebut. “Saya sangat mengapresiasi dan mendukung penuh layanan penerbangan khusus kargo rute Surabaya – Hong Kong yang mulai beroperasi per 6 Maret. Hal ini tentunya akan berkontribusi positif untuk membantu export kita ke Hong Kong sekaligus meningkatkan daya saing produk kita,” ungkap Khofifah.

Lebih lanjut Khofifah mengharapkan kiranya pembukaan penerbangan khusus kargo tersebut dapat dilihat sebagai peluang bagi pelaku UMKM khususnya yang berada di wilayah Jawa Timur. “Harapannya, peluang tersebut bisa meningkatkan semangat yang lebih bagi pelaku UMKM kita untuk berkembang dan berdaya saing”, lanjut Khofifah.

Sebelumnya, sejalan dengan upaya pengembangan jaringan penerbangan logistik dari wilayah Jawa Timur, Garuda Indonesia juga telah menerbangkan penerbangan khusus kargo dengan rute Surabaya- Banjarmasin – Balikpapan 6 kali setiap minggunya menggunakan armada B737-800NG dengan rata-rata pengangkutan komoditas telur tetas dan general cargo hingga 13,5 ton di setiap penerbangannya.

Selain itu, sejalan dengan upaya optimalisasi pasar kargo dan dukungan terhadap daya saing komoditas unggulan nasional, Garuda Indonesia sebelumnya juga telah melayani penerbangan khusus kargo Manado – Narita, Makassar – Singapura serta Denpasar – Hong Kong. []

Continue Reading

Transportasi

Jasa Marga Imbau Pengguna Jalan Antisipasi Beberapa Titik Genangan di Jalan Tol

MediaBUMN

Published

on

genangan air

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Kembali diguyur curah hujan yang sangat tinggi sejak dini hari tadi, PT Jasa Marga (Persero) Tbk saat ini tengah menindaklanjuti beberapa titik genangan air di Jalan Tol Jasa Marga, diantaranya sebagai berikut:

JALAN TOL JAKARTA-CIKAMPEK

Arah Jakarta:
– Km 09B, saat ini genangan di Lajur (L) 1 s.d L2, kendaraan masih bisa melintasi L3-L4. tengah dilakukan penanganan dengan pompa.
– Akses masuk GT Jatibening arah Jakarta tergenang, kendaraan yang akan masuk tol dialihkan melalui akses GT Jatiwaringin / Pondok Gede.
– Km 19B, saat ini genangan di Lajur 1 sd 2, lajur 3 dan 4 dapat dilalui semua kendaraan. Lajur 1 dan 2 masih bisa dilintasi kendaraan besar.
– GT Cikarang Barat 5 arah Jakarta, lajur kiri tergenang, lajur kanan dapat dilintasi.
– GT Cibitung 7 arah Jakarta, seluruh lajur tergenang, namun lajur kanan masih dapat dilintasi.

JALAN TOL JAKARTA-TANGERANG

Arah Tangerang:
– SS Bitung, dilakukan pengalihan lalu lintas kendaraan arah Cikupa, dikeluarkan ke Km 19 Tangerang. Saat ini tengah dilakukan penanganan dengan pompa.
– Km 24 A, saat ini L2 s.d L4 sudah bisa dilintasi. Saat ini tengah dilakukan penanganan dengan pompa.

JALAN TOL JORR: PONDOK RANJI-SERPONG

Arah Serpong:
– KM 8+600 Ruas BSD, dilakukan penutupan GT Pondok Ranji Utama (arah BSD) dialihkan ke Bintaro.

JALAN TOL JAGORAWI:

Arah Jakarta:
– Km 3+800, saat ini L3 dan L4 dapat dilintasi. Saat ini dilakukan pemasangan tanggul dan penanganan dengan pompa.

JALAN TOL DALAM KOTA JAKARTA

Arah Tj Priok:
KM 00+200 SS Cawang: Terowongan SS Cawang dari Halim menuju Tj Priok, saat ini L2 tergenang. Saat ini dilakukan penanganan dengan pompa dan pengalihan kendaraan kecil ke Jalan Tol Dalam Kota.

Jasa Marga memohon maaf atas ketidaknyamanan pengguna jalan akibat hal ini. Antisipasi perjalanan melalui informasi terkini yang dapat diakses melalui Call Center Jasa Marga 24 jam di nomor telepon 14080 dan Twitter @PTJASAMARGA (khusus informasi lalu lintas). []

Continue Reading

Transportasi

Langkah Tepat Erick Thohir, Stop Kontrak Pesawat Bombardier!

Alfian Setya Saputra

Published

on

Langkah

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Langkah Erick Thohir yang memutus kontrak 12 pesawat Bombardier CRJ 1.000 yang digunakan PT Garuda Indonesia Tbk dinilai sebagai langkah yang tepat.

Sedianya pesawat yang disewa via Nordic Aviation Capital (NAC) baru akan selesai kontraknya pada tahun 2027 mendatang.

Namun, Erick memutuskan untuk menyudahi kontrak kemudian mengembalikan pesawat Bombardier tersebut.

Keputusan tersebut lantaran mantan bos Intermilan ini menduga adanya kasus suap dalam kontrak sewa pesawata tersebut.

Menurutnya, keputusan ini terkait penyelidikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Indonesia dan penyelidikan Serious Fraud Office Inggris atas dugaan korupsi.

“Terkait keputusan KPK dan Serious Fraud Office Inggris dimana adanya indikasi kasus suap dari pihak pabrikan kepada oknum pimpinan di PT Garuda Indonesia Tbk pada saat proses pengadaan pesawat tahun 2011 silam,” papar Erick dalam konferensi pers via daring, Rabu (10/02).

Saat ini Gaaruda Indonesa, sebut Erick mengoperasikan sejumlah 18 jet regional Bombardier CRJ-1000.

Kurangi Kerugian Perseroan

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan bahwa pemutusan kontrak tersebut menjadi langkah yang baik untuk mengurangi beban kerugian yang harus diterima perseoan di masa akan datang.

“Ada konsekuensi tapi kami siap menghadapinya secara professional,” ujar Irfan.

Lebih lanjut ia mengatakan selama mengoperasikan armada tersebut selama 7 tahun lamanya, perseroan justru mencatat kerugian.

“Setiap tahun kami rugi lebih dari US$30 juta, sementara untuk biaya sewanya mencapai US$27 juta,” tandas Irfan.

Dengan demikian, imbuhnya, adanya langkah pemutusan kontrak sewa pesawat tersebut maka diproyeksikan perseroan akan hemat lebih dari US$200 juta. []

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM

error: Content is protected !!