Sentuh Angka 5,1 Persen, Perekonomian Indonesia Tumbuh Berkualitas

by

Perekonomian Indonesia pada 2017 tumbuh berkualitas. Terlebih, hal ini terjadi saat perekonomian global mengalami perlambatan.

Menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, pertumbuhan ekonomi dikatakan berkualitas apabila disertai beberapa indikator sosial.

“Paling tidak tingkat kemiskinan turun, tingkat pengangguran turun, gini ratio turun,” ungkap Darmin.

Baca Juga : 56% Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Disumbang oleh Sektor Konsumsi

Dalam dua tahun terakhir, imbuhnya, perekonomian Indonesia mampu tumbuh pada kisaran angka 5,1 persen. Pertumbuhan ekonomi ini terhitung cukup tinggi bila dibandingkan negara-negara besar di dunia seperti China dan India.

Lebih lanjut ia juga menekankan bahwa pemerintah berhasil menjaga stabilitas harga sleama tiga tahun belakangan. Ini tercermin dari tingkat inflasi yang terjaga di kisaran 3-3,5 persen.

“Hal tersebut tidak pernah terjadi secara konsekutif atau berturut-turut, bahkan di masa pemerintahan Orde Baru sekalipun. Pada waktu pertumbuhan ekonomi cukup tinggi, lebih tinggi dari sekarang 7-8 persen, pasti tingkat inflasinya double digit,” ujarnya

Baca Juga : Ekonomi Digital Indonesia Akan Tumbuh Mencapai Rp1.700 Triliun di Tahun 2020

Pemerintah memproyeksikan laju inflasi tahun ini mencapai 3,1 persen. Nilai ini lebih rendah dibandingkan target pemerintah dalam APBN-P 2017 4,3 persen. “Inflasi tahun ini berkisar 3,1 persen. Hingga November, inflasi ada di angka 2,87 persen. Sehingga akhir tahun tidak akan meleset banyak dari 3,1 persen”, tutur Darmin.

TAHUN POLITIK
Jika berbicara mengenai kesejahteraan, pemerintah mengandalkan 3 (tiga) area besar. Area tersebut adalah pembangunan infrastruktur, kebijakan sektoral, dan perbaikan iklim usaha. Hasilnya, ekonomi republik ini tumbuh relatif baik. Kurva tingkat pengangguran, tingkat kemiskinan, dan gini ratio pun melandai.

“Artinya, dalam bahasa ekonomi pembangunan, kualitas perekonomian kita membaik seiring proyeksi ekonomi global,” ujar Darmin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *