Apa itu BUMN? Pengertian BUMN, Sejarah dan Daftar BUMN di Indonesia

oleh
Pengertian BUMN

1. Perusahaan Jawatan (Perjan / PJ)

Perusahaan Jawatan (Perjan / PJ) yang memiliki biaya operasional yang didanai dari anggaran nasional. Karyawan BUMN ini adalah pegawai negeri dan perusahaan dianggap sebagai agen pemerintah. BUMN jenis ini sudah tidak ada lagi. Perusahaan-perusahaan dalam kategori ini telah ditingkatkan menjadi jenis-jenis BUMN lain atau telah menjadi agen pemerintah.

2. Perusahaan Umum (Perum)

Perusahaan Umum (Perum) atau perusahaan layanan publik yang sepenuhnya dimiliki oleh pemerintah. Tujuan utama BUMN ini adalah untuk menyediakan barang dan atau jasa kepada publik. Perusahaan-perusahaan ini diizinkan untuk mengejar keuntungan.

Pengertian BUMN

3. Perusahaan Persero (Persero)

Persero adalah BUMN yang merupakan Perusahaan Terbatas (PT) atau perusahaan terbatas. Jenis BUMN ini lebih mandiri daripada Perum dan tujuan utama perusahaan-perusahaan ini adalah untuk mendapatkan keuntungan dan berkontribusi pada pendapatan pemerintah. Jenis BUMN ini mudah dikenali karena mereka memiliki istilah Persero yang melekat pada nama mereka (kecuali PT Pertamina dan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk.)

Ada dua sub-tipe Persero:

1. Persero Terbuka

Perusahaan Persero Terbuka (Persero Tbk.) atau Perusahaan Publik, yang merupakan perusahaan yang kepemilikannya dimiliki oleh pemerintah dan masyarakat umum yang menerbitkan saham yang diperdagangkan secara bebas di bursa saham (atau di pasar bebas). Subtipe BUMN ini juga memiliki akhiran Tbk. terlampir pada nama mereka.

2. Perusahaan perseroan pemerintah

Perusahaan Perusahaan Pemerintah yang merupakan perusahaan yang kepemilikannya 100% dimiliki pemerintah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *