Apa itu BUMN? Pengertian BUMN, Sejarah dan Daftar BUMN di Indonesia

oleh
Pengertian BUMN

Sejarah BUMN

Selama era kolonial Belanda, pemerintah memonopoli opium, pegadaian, pos (termasuk Bank Tabungan Kantor Pos), industri telegraf dan telepon, serta memiliki sebagian besar kereta api. Berbagai monopli perusahaan itu dikelola oleh Departemen Badan Usaha Milik Negara (Belanda: Department van Gouvernementsbedrijven).

Kemudian setelah pasca kemerdekaan yakni pada akhir Konferensi Meja Bundar (KMB), pemerintah Indonesia memiliki kepemilikan besar atau lengkap atas utilitas publik, bus, kereta api, bank, dan komunikasi.

Kemudian dengan dimulainya Demokrasi Terpimpin di Indonesia, banyak perusahaan milik Belanda, atau cabang perusahaan Belanda di Indonesia yang mulai dikelola oleh pemerintah. Lalu selama Orde Baru, perusahaan-perusahaan yang dinasionalisasi masih milik negara dan beberapa perusahaan terdaftar di Bursa Efek Jakarta kemudian. Nah, hingga saat ini bank-bank terbesar di Indonesia sebagian besar milik negara.

Pengertian BUMN

Adapun sejarah Kementerian Badan Usaha Milik Negara atau kementerian yang mengawasi pengembangan badan usaha milik negara di Indonesia. Kementerian ini dipimpin oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara, yang bertanggung jawab kepada Presiden.

Kementerian Badan Usaha Milik Negara sendiri dahulunya adalah Departemen Keuangan. Kementerian Badan Usaha Milik Negara berada di eselon kedua Departemen Keuangan dari tahun 1973 hingga 1993, sebelum diangkat menjadi eselon I pada tahun 1993.

Lalu pada tahun 1998, Departemen Badan Usaha Milik Negara dibentuk, namun masih diatur di bawah Departemen Keuangan dalam Eselon Pertama dari 2000-2001. Pada tahun 2001, Departemen Badan Usaha Milik Negara dan diganti namanya menjadi Kementerian Badan Usaha Milik Negara.

Jenis-jenis BUMN

Pengembangan Badan Usaha Milik Negara berada di Direktorat Persero dan Pengelolaan Keuangan Perusahaan Negara, yang merupakan Unit Eselon Kedua di Departemen Keuangan. Unit ini juga disebut Direktorat Persero dan Badan Usaha Negara dan Direktorat Pembinaan BUMN.

Unit ini dipromosikan menjadi Unit Eselon Pertama sebagai Direktorat Jenderal Pembinaan Badan Usaha Negara pada tahun 1993. Pada tahun 1998, unit ini dipromosikan menjadi Departemen dan dipimpin oleh pejabat tingkat menteri Menteri Negara Penanaman Modal dan Pembinaan BUMN. Adapun jenis-jenis BUMN sendiri lainnya :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *