Apa itu BUMN? Pengertian BUMN, Sejarah dan Daftar BUMN di Indonesia

oleh
Pengertian BUMN

Badan Usaha Milik Negara atau sering disingkat BUMN memainkan peran penting dalam perekonomian nasional. BUMN memiliki sejarah panjang dan melalui perjuangan yang lama. Apa pengertian BUMN? Bagaimanakah sejarah hadirnya BUMN itu sendiri? Apa saja usaha yang masuk dalam BUMN?

Apa itu BUMN?

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) adalah badan yang dibentuk oleh pemerintah melalui sarana hukum sehingga dapat mengambil bagian dalam kegiatan yang bersifat komersial. Pada dasarnya, BUMN diciptakan untuk melakukan kegiatan komersial atas nama pemerintah

Di sebagian besar negara dengan pasokan sumber daya yang melimpah, negara biasanya memiliki saham dalam mineral, minyak, dan gas yang diproduksi secara lokal. Sumber daya diperoleh karena perusahaan milik negara memiliki atau mengoperasikan saham melalui apa yang dikenal sebagai lisensi operasi.

BUMN adalah usaha yang dimiliki oleh negara dan memiliki peran yang sangat signifikan terhadap perekonomian Indonesia. Ya, BUMN termasuk penyumbang pertumbuhan ekonomi nasional.

BUMN menyediakan barang atau jasa yang tidak ditanggung oleh perusahaan –perusahaan swasta dengan menyediakan lapangan kerja, memberikan panduan dukungan untuk pengusaha kecil dan menengah, dan merupakasumber pendapatan pemerintah.

Pemerintah mengambil kendali atas BUMN di bawah Kementerian Badan Usaha Milik Negara, yang bertindak seperti CEO dari perusahaan induk. Selain dari BUMN, ada juga perusahaan milik pemerintah atau kota, yang secara lokal dikenal sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Perbedaan utama antara BUMN dan BUMD adalah kepemilikan perusahaan, sedangkan BUMN dikendalikan oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara sedangkan BUMD dikendalikan langsung oleh pemerintah daerah.

Peran BUMD serupa dengan BUMN, dengan penekanan besar pada penyediaan barang atau jasa kepada masyarakat setempat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *