Connect with us
PERTAMINA

Infografik

PEMIMPIN IBU KOTA BARU! SIAPA KANDIDAT TERKUAT?

CHRIESTIAN

Published

on

Pemimpin Ibu Kota Baru

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Kandidat Pemimpin Ibu Kota Baru telah diumumkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), di Istana Negara. Jokowi menyebut ada 4 calon pemimpin Ibu Kota yang direncanakan akan dikelola secara khusus oleh Badan Otoritas yang segera dibentuk.

Jokowi menyebut empat nama calon pemimpin Ibu Kota baru yaitu Bambang Brodjonegoro, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Abdullah Azwar Anas dan Tumiyana. Sosok tersebut di atas dinilai sebagai figur yang memiliki prestasi di bidangnya masing-masing.

BERIKUT PROFIL SINGKAT EMPAT CALON PEMIMPIN IBU KOTA BARU

1. BASUKI TJAHAJA PURNAMA

Pria yang dikenal dengan sebutan Ahok ini menjabat sebagai Komisaris PT Pertamina (Persero) Sejak 22 November 2019. Meskipun baru seumur jagung menjadi komisaris di BUMN energi tersebut, namun pria yang lebih suka dipanggil BTP saat ini tersebut memiliki gebrakan dengan membuat transparansi di tubuh Pertamina.

Sebelumnya seperti diketahui Basuki Tjahaja Purnama pernah tercatat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta (2012), dan Gubernur DKI Jakarta (2014). Sebagai orang nomor satu di DKI prestasi BTP untuk Ibukota sangat mentereng sehingga tidak heran jika Presiden Jokowi menginginkannya untuk menjadi salah satu kandidat terkuat Pemimpin Ibu Kota Baru

BTP merupakan lulusan Uversitas Trisakti jurusan Teknik Geologi, berhasil meraih gelar Insinyur pada tahun 1989. Kemudian BTP melanjutkan pendidikan magister pada Tahun 1994 dengan gelar Master Manajemen di Sekolah Tinggi Manajemen Prasetiya Mulya.

2. ABDULLAH AZWAR ANAS

Abdullah Azwar Anas merupakan Bupati Banyuwangi yang juga menjadi kandidat Pemimpin Ibu Kota Baru. Pria kelahiran Banyuwangi pada 6 Agustus 1973 ini juga tidak kalah untuk urusan prestasi.

Karir politiknya dimulai di Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada tahun 2001-2005 dengan jabatan terakhir yaitu sebagai Wakil Sekjen. Setealh itu Azwar Anas berlabuh ke partai PDI Perjuangan.

Pendidikan tingkat SD ia tempuh di tiga sekolah yang berbeda, yakni MI Karangdoro, Tegal Sari (1980), MI An-Nuqoyyah, guluk-guluk, Sumenep, Madura (1982-1983) dan MI Kebunrejo Genteng, Banyuwangi (1983-1986).

Sedangkan pendidikan tinggkat tingginya ia jalani di S1 Fakultas Sastra Universitas Indonesia (UI), Jakarta (1994-1999), S1 Falkutas Tekhnologi Pendidikan IKIP Jakarta (1992-1998), dan S2 Falkutas Ilmu Sosial & Politik UI Jakarta (2002-2005 )

3. BAMBANG BRODJONEGORO

Pria kelahiran Jakarta 3 Oktober 1966 ini juga masuk radar Presiden Jokowi menjadi salah satu kandidat Pemimpin Ibu Kota Baru. Bambang merupakan seorang akademisi tulen yang karirnya sempat menjadi Menteri Keuangan pada Kabinet Kerja Presiden Jokowi (2014-2016) berhasil menyelesaikan pendidikan sarjananya di Universitas Indonesia di jurusan Ekonomi Pembangunan dan Ekonomi Regional tahun 1985-1990.

Setelah itu Bambang berhasil meraih gelar master pada tahun 1995 di University of Illinois at Urbana-Champaign, Amerika Serikat. Kemudian gelar Doctor (Ph.D) berhasil diraihnya dari universitas yang sama pada Agustus 1997.

Bambang pernah tercatat sebagai dosen tamu pada The Department of Urban and Regional Planning, University of Illinois at Urbana-Champaign, Amerika Serikat, pada bulan November 2002. Kemudian pada tahun 2005 hingga 2009 Bambang ditunjuk sebagai Dekan FE-UI.

4. TUMIYANA

Tumiyana yang kini menjabat sebagai Direktur Utama PT Wijaya Karya (Persero) Tbk tersebut juga menjadi salah satu sosok yang diperhitungkan Presiden Jokowi untuk menjadi pemimpin Ibu kota Baru.

Pria kelahiran Klaten, Jawa Tengah 10 Februari 1965 ini berhasil menempuh pendidikan Sarjana Teknik Sipil Universitas Borobudur pada tahun 1994. Kemudian ia berhasil meraih gelar magister manajemen di Jakarta Institute of Management Studies tahun 1997.

Selain sebagai Dirut Wika, Tumiyana juga menjabat Komisaris PT Kereta Cepat Indonesia China (2018 – sekarang). Adapun karir Tumiyana sebelumnya adalah sebagai Direktur Keuangan – PT PP (Persero) Tbk. (2008 – 2016), kemudian sebagai Direktur Utama PT Pembangunan Perumahan / PP (Persero) Tbk (2016 – April 2018)

Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Infografik

YUK KENALAN SAMA SWDKLLJ

CHRIESTIAN

Published

on

SWDKLLJ

 

 

Continue Reading

Infografik

PR BESAR MENKES YANG BUKAN DOKTER!

CHRIESTIAN

Published

on

Menkes

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Nama Budi Gunadi Sadikin yang merupakan Wakil Menteri BUMN telah resmi ditunjuk Presiden Joko Widodo menjadi Menteri Kesehatan menggantikan Terawan Agus Putranto

Penunjukan Budi Gunadi Sadikin tentunya menjadi menarik karena baru kali ini dalam sejarah republik Indonesia memiliki Menkes yang bukan seorang ahli kesehatan atau dokter

Tentunya Presiden Jokowi memiliki pertimbangan tersendiri dalam menentukan hal ini. lantas apa saja PR besar yang harus diselesaikan Budi Gunadi Sadikin yang sebelumnya dikenal sebagai bankir handal dan ahli pertambangan?

Continue Reading

Infografik

KARIR MENTERENG PAHALA MANSURY HINGGA JADI WAMEN BUMN!

CHRIESTIAN

Published

on

Pahala

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Pahala Nugraha Mansury resmi menjabat sebagai Wakil Menteri BUMN I menggantikan Budi Gunadi Sadikin yang bertugas sebagai Menteri Kesehatan

Pahala bukanlah sosok yang baru mengabdi di perusahaan BUMN. Sosoknya telah lama melintang mengabdi di sejumlah perusahaan pelat merah seperti Bank Mandiri, Pertamina, Garuda Indonesia dan terkahir di Bank BTN.

Ia mengaku dihubungi dan diminta langsung oleh Menteri BUMN Erick Thohir untuk menjadi wakilnya. []

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM

error: Content is protected !!