Pemerintah Siapkan Ekosistem Untuk Kembangkan Fintech

oleh
Pemerintah

Pemerintah menegaskan akan mendorong kemajuan teknologi keuangan agar mampu berkontribusi maksimal terhadap perekonomian. Untuk itu menjadi sangat penting bagi pemerintah untuk menyiapkan ekosistem industri yang baik.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan jika pemerintah saat ini tengah menyiapkan perkembangan teknologi dengan berbagai intervensi. Hal tersebut dilakukan agar momentum pertumbuhan ekonomi tetap terjaga dengan baik.

Kami pastikan jika pembangunan mampu menghasilkan pertumbuhan yang inklusi,” ungkap Menkeu sebagai panelis technology (fintech) pada acara Indonesia Fintech Summit and Expo 2019 di Assembly Hall JCC, Senin (23/09).

Acara yang mengangkat tema Inovation for Inclusion tersebut juga diikuti oleh Gubernur Bank Indonesia (Gubernur BI) Perry Warjiyo dan Ketua DK OJK Wimboh Santoso.

Sri Mulyani mengatakan bahwa anggaran Belanja APBN telah disiapkan agar Indonesia dapat terus mengikuti kemajuan teknologi. Antara lain, sebut Menkeu yaitu anggaran infrastruktur penyiapan akses internet dan anggaran pendidikan sebagai peningkatan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia).

“Kita sebagai negara besar tidak boleh tergerus oleh perubahan teknologi yang begitu cepat,” ujar wanita kelahiran Bandar Lampung tersebut.

Pembangunan Palapa Ring oleh pemerintah, imbuh Menkeu, diharapkan dapat membuat masyarakat mampu mengakses internet hingga ke pelosok agar dapat mengambil keuntungan dari kemajuan teknologi, utamanya yaitu akses ke teknologi keuangan.

Dari sisi industri, Menkeu juga menjelaskan antisipasi pemerintah dalam mendesain berbagai kebijakan. Salah satu yang dilakukan oleh Kemenkeu adalah terus berdialog dengan pelaku industri. Ia berharap hal tersebut dapat menciptakan sebuah kebijakan yang adil bagi pelaku industri dan dunia, terutama kebijakan perpajakan. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *