Pelindo III Implementasikan DO Online Per 1 September 2019

oleh
DO Online

Pelindo III berhasil mengimplementasikan Delivery Order / DO Online untuk layanan ekspor impor di terminal pelabuhan. Adapun implementasi DO tersebut telah diterapkan secara bertahap. Kini seluruh pelabuhan untuk layanan petikemas domestik dipastikan perseroan telah menerapkan sistem DO tersebut secara online.

Menurut Direktur Utama Pelindo III (Persero), Doso Agung, implementasi DO online tersebut akan meningkatkan kelancaran arus barang dan menurunkan biaya logistik. Selain itu juga memberikan kemudahan kepada pengguna jasa dalam melakukan permohonan pengeluaran barang.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa khusus bagi layanan DO Online peti kemas domestik, perusahaan ataupun aden pelayaran mengunggah dokumen Delivery Order sebagaimana format yang telah ditentukan melalui aplikasi Anjungan.

“Selanjutnya sistem akan melakukan validasi kesesuaian antara dokumen excel yang di unggah dengan nomor kontainer yang ditunjuk,” jelasnya.

Keuntungan layanan DO Online bagi pihak pelayaran adalah dapat memberikan keamanan pengeluaran petikemas. Karena hanya JPT yang ditunjuk pelayaran yang mempunyai akses ke anjungan untuk dapat melakukan pencetakan dokumen job order delivery. Di lain pihak JPT dapat dengan mudah mendapatkan data petikemas yang akan dilakukan proses delivery hanya dengan menginputkan nomor DO secara online yang didapat dari agen pelayaran yang menunjuk.

“Dengan diterapkannya sistem DO Online, proses layanan pengeluaran peti kemas dari terminal menjadi lebih lancar. Karena verifikasi dokumen dilakukan secara otomatis. Keamanan atas data juga terjamin dari pemalsuan karena dokumen DO di-entry langsung oleh perusahaan atau agen pelayaran sebagai pihak yang bertanggung jawab mengeluarkan dokumen DO,” terangnya. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *