Pelabuhan Sibolga Dongkrak Perekonomian Sumatera Utara

oleh
Pelabuhan Sibolga

Pelabuhan Sibolga yang ada di Sumatera Utara sudah selesai dibangun secara menyeluruh oleh PT. Pelindo I. Kemarin, Presiden Jokowi bersama Menteri BUMN, Rini M. Soemarmo melakukan kunjungan ke sana. Bukan kunjungan biasa, rupanya Bapak Presiden juga meresmikan pelabuhan yang diharapkan bisa mempercepat konektivitas dan pemerataan ekonomi tersebut. Kini, Pelabuhan Sibolga sudah bisa dimanfaatkan oleh masyarakat secara penuh.

Bapak Presiden mengatakan bahwa pada tahun 2016, keadaan Sibolga berbeda jauh dari sekarang. Dulu masih banyak jalan yang berlubang, serta fasilitas pelabuhan sama sekali belum memadai. Sekarang, kapasitas angkut di pelabuhan ini sudah naik drastis sehingga bisa digunakan kapal-kapal besar untuk berlabuh. Selain itu, feri dan kargonya pun sudah terpisah sehingga sangat efisien dan membawa kemajuan ekonomi bagi Sibolga.

Baca Juga: Pelindo IV Lakukan Transformasi Bisnis

Ibu Menteri BUMN juga berupaya untuk terus mendorong peran BUMN supaya selalu meningkatkan pelayanannya. Terutama, dalam andil BUMN untuk mewujudkan pemerataan ekonomi dengan ketersediaan infrastruktur pelabuhan yang sesuai standar. Menurutnya, hal ini akan meningkatkan peran BUMN dalam memberi pelayanan yang optimal kepada masyarakat Indonesia.

POTRET PELABUHAN SIBOLGA

Pembangunan dan pengembangan Pelabuhan Sibolga ini meliputi penataan terminal multipurpose yang terbagi lagi dalam berbagai aspek lainnya. Aspek lain tersebut antara lain perluasan dermaga general kargo dan petikemas, pembangunan kontainer yard, serta penguatan dermaga. Dilakukan juga pemasangan fix crane di dermaga, perluasan dermaga untuk feri sampai dengan 400 meter persegi, juga trestle dan breasting.

Penataan terminal untuk penumpang juga dilakukan, diikuti pembangunan skybridge yang mencapai 150 meter. Skybridge ini berfungsi untuk menghubungkan dermaga feri ke terminal para penumpang. Hal ini penting untuk menjamin keselamatan penumpang karena jalur kendaraan yang sudah terpisah dari jalur penumpang.

Bambang Eka Cahyana, Direktur Utama Pelindo I menuturkan bahwa Pelabuhan Sibolga sudah siap seratus persen untuk dioperasikan. Dia meyakinkan bahwa pelabuhan ini dapat membawa multiplier efek yang luar biasa bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat Sumatera Utara. Peningkatan perekonomian masyarakat pun akan berkembang pesat berkat pelabuhan ini. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *