Connect with us
PERTAMINA

Jasa Keuangan

Pegadaian Serahkan Ambulans Modifikasi dan Peralatan Medis Kepada PMI

GUNADI WITJAKSONO

Published

on

ambulans

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT Pegadaian (Persero) ikut ambil bagian dalam menanggulangi pandemi virus corona (Covid-19) dengan menyerahkan mobil ambulans yang telah dimodifikasi ke Palang Merah Indonesia Provinsi DKI Jakarta. Selain ambulans, sejumlah peralatan medis juga diserahkan di kantor pusat Pegadaian.

Bantuan itu diterima oleh Bendahara Pengurus Provinsi PMI DKI Jakarta, Irwan Dwiyana Makdoerah. Bantuan mobil ambulans modifikasi ini merupakan tindak lanjut PT Pegadaian untuk membantu mengatasi berbagai kendala yang dihadapi tim paramedis di lapangan.

Kepala Divisi KBL PT Pegadaian (Persero) Hertin Maulida mengatakan, pihak Pegadaian terus mencari informasi terkait peralatan apa saja yang dibutuhkan oleh tim medis yang bertugas di lapangan, terutama yang dibutuhkan PMI DKI Jakarta.

“Kami terus melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait, salah satunya PMI DKI Jakarta,” kata Hertin, Selasa (7/4/2020).

Setelah mendengarkan keluhan yang dihadapi tim medis di lapangan, sambung Hertin, pihaknya memutuskan untuk memberikan bantuan berupa satu unit mobil ambulas modifikasi PMI. Ia berharap bantuan ini dapat mempermudah kerja para petugas medis dalam mengobati para pasien.

“Kami berharap ambulans modifikasi ini dapat digunakan secara efektif dan efisien terutama dalam menangani pasien yang dinyatakan positif Covid-19,” jelasnya.

Sementara Bendahara PMI DKI Jakarta Irwan Dwiyana Makdoerah mengatakan saat ini kebutuhan unit ambulans memang sangat dibutuhkan untuk penanganan pasien covid-19. Terutama ambulans khusus yang dapat digunakan oleh tim paramedis lapangan.

Irwan pun menyampaikan apresiasi kepada PT Pegadaian yang telah mendengarkan aspirasi dan keluhan tim paramedis. Menurut Irwan, pihaknya sudah pernah menerima bantuan berupa satu unit ambulans dari PT Pegadaian (Persero), tepatnya pada April 2019 lalu.

“Akibat penyebaran virus covid-19 ini, kami kemudian mengusulkan agar ambulans tersebut dimodifikasi sesuai kebutuhan tim paramedis lapangan,” ungkap Irwan.

Pada kesempatan itu, PT Pegadaian (Persero) juga menyerahkan sejumlah bantuan dalam bentuk peralatan medis. Yakni 200 baju hazmat, 200 sepatu boots dan 100 kacamata Gogel. Kemudian 100 sarung tangan, 10 Thermal Gun, dan 50 baju seragam PMI.

“Bantuan ini selanjutnya akan kami distribusikan kepada tim paramedis lapangan yang membutuhkan,” jelas Irwan Dwiyana.

Penyerahan bantuan ini menjadi bukti tanggung jawab sosial perusahaan atas kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia. Dengan menunjukkan BUMN selalu Hadir untuk Negeri. Selain melalui produk dan layanan, PT Pegadaian sebagai salah satu BUMN terus memberikan solusi bagi masyarakat. []

Jasa Keuangan

Pelayanan Kredit Pensiunan, PT Pos dan Koperasi Nusantara Jalin Kerjasama

GUNADI WITJAKSONO

Published

on

Pelayanan Kredit Pensiunan

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Pelayanan Kredit Pensiunan terus ditingkatkan oleh PT Pos Indonesia (Persero). Salah satunya dengan menjalin kerjasama dengan Koperasi Simpanan Pinjam (KSP) Nusantara (KopNus).

Kedua Badan Usaha ini melakukan Joint Operation Layanan Keuangan. Salah satu yang menjadi fokus kerja sama kedua pihak adalah pelayanan kredit pensiunan.

Penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) itu dilakukan oleh Direktur Utama PT Pos Indonesia Gilarsi Wahyu Setijono, Dedi Damhudi dan Ketua Dewan Pengawas Koperasi Nusantara, Joshua Rahmat dan Ketua Koperasi Nusantara, di Kantor Pusat PT Pos Indonesia, Bandung, Jumat (15/52020).

Direktur Utama PT Pos Indonesia, Gilarsi Wahyu Setijono berharap dengan kerjasama ini dapat meningkatkan pelayanan dalam Pelayanan Kredit Pensiunan. Ia juga berharap ‘embrio baru’ pelayanan ini bisa bertumbuh dalam melayani masyarakat Indonesia.

“PT Pos dan Kopnus sudah punya hubungan yang luar biasa panjangnya. Hari ini kita melahirkan sebuah embrio baru yaitu Pelayanan Kredit Pensiunan. Kami mempunyai cita-cita yang jauh lebih besar yaitu menjalin kolaborasi dari sebuah proses untuk memberikan lending yang terbesar, yang terluas jangkauannya, dan yang paling modern,” tutur Gilarsi dalam siaran persnya, Minggu (17/5/2020).

Ia pun menegaskan, bahwa PT Pos Indonesia (Persero) akan terus berusaha menangkap peluang dan melakukan berbagai upaya agar tetap eksis. Hal senada juga disampaikan Gunadi selaku Direktur Bisnis Koperasi Nusantara.

“Kami berharap semoga PT Pos Indonesia dan Kopnus dengan dapat mengembangkan lebih besar lagi untuk pelayanan kredit pensiunan. Baik dalam hal pelayanan kredit pensiun maupun peningkatan layanan pembayaran pensiun PNS, TNI dan Polri di seluruh kantor Pos Indonesia,” kata Gunadi.

Bantah Bangkrut

Pada kesempatan itu, Direktur Utama PT Pos Indonesia Gilarsi Wahyu Setijono juga membantah isu kebangkrutan yang sempat terkabar dalam beberapa waktu terakhir. Gilarsi menegaskan, perusahaan yang dipimpinnya itu bahkan mencatatkan laba walaupun nilainya tertekan.

Dari laporan keuangan tahun 2018, perusahaan pelat merah ini masih mampu meraih laba bersih sebesar Rp 127 miliar, meski nilai itu turun 64 persen dari periode sebelumnya yang mencapai Rp 355 miliar.

“Untuk tahun ini laba masih positif tapi ada depresi margin,” kata Gilarsi.

Selain itu, pendapatan perseroan meningkat menjadi Rp 5,5 triliun dari periode 2017 yang mencapai Rp 5,05 triliun naik 8,9 persen. Ekuitas dan total aset pun turut meningkat menjadi Rp 4,023 triliun dari Rp 3,31 triliun. Sementara aset meningkat menjadi Rp 8,83 triliun dari Rp 7,86 triliun. []

Continue Reading

Jasa Keuangan

THR Pensiunan PNS Cair, Taspen Imbau Waspada Penipuan

GUNADI WITJAKSONO

Published

on

THR pensiunan

MEDIABUMN.COM, Jakarta – THR pensiunan PNS akan dicarikan secara serentak pada Jumat ini (15/5/2020). Kepastian ini disampaikan oleh PT Taspen (Persero) selaku pihak yang menyalurkan tunjangan hari raya (THR) kepada penerima pensiun PNS.

Namun pihak perseroan mengingatkan agar penerima pensiun dan penerima tunjangan untuk berhati-hati terhadap aksi penipuan yang mengatasnamakan PT Taspen.

SVP Sekretariat Perusahaan Taspen M. Ali Mansur menjelaskan, besaran THR pensiunan itu setara dengan penghasilan bulan Maret 2020 dan tidak dikenakan potongan iuran dan/atau potongan lain. Untuk pemotongan pajak penghasilan akan disesuaikan dengan ketentuan undang-undang.

“Pembayaran THR pensiunan dan dana tunjangan tahun ini terdiri dari tunjangan keluarga, tunjangan tambahan penghasilan, pensiun pokok, tanpa tunjangan beras dan hanya dikenakan potongan pajak,” ujar Ali Mansur, Rabu (13/5/2020).

Ali Mansur juga mengimbau kepada seluruh kantor bayar Taspen di semua wilayah untuk memberikan pelayanan yang baik tetapi tetap memperhatikan protokol pencegahan penyebaran virus Corona (Covid-19). Ali menjelaskan, di masa pandemi Covid-19 saat ini, Taspen sudah memiliki protokol kesehatan sendiri dalam memberikan layanan kepada pesertanya. Yaitu program Tanggap Andal Selamatkan Pensiunan dengan Pelayanan Bebas Corona atau Taspen Pesona.

“Kami selalu siap memberikan layanan kepada para peserta khususnya para peserta pensiun di antaranya dengan layanan Tcare, E-Klim, dan Otentikasi Digital. Tapi untuk penerima pensiun atau tunjangan yang menerima lebih dari satu penghasilan yang sumber dananya sama-sama dari APBN, kami hanya diberikan salah satu saja yang lebih menguntungkan penerima,” jelas Ali.

Untuk diketahui, pada tahun 2020 ini, PT Taspen akan menyalurkan THR kepada 11 kelompok pensiunan, yaitu Pensiun PNS yang terdiri dari Pensiun PNS Pusat/Daerah, Pensiun PNS eks Pegadaian dan PNS eks Departemen Perhubungan pada PT KAI (Persero).

Kemudian Penerima Pensiun Pejabat Negara, Penerima Pensiun TNI atau Polri, Penerima Pensiun Hakim, Penerima Pensiun Janda/Duda/Yatim-Piatu dari Penerima para pensiunan, Penerima Tunjangan Veteran, Penerima Tunjangan KNIP, Penerima Tunjangan KNIL, Penerima Pensiun Orang Tua dari PNS yang Tewas, Penerima Tunjangan PKRI, dan Penerima Tunjangan Janda/Duda dari Penerima Tunjangan.

“Untuk informasi yang lebih jelas terkait pembayaran THR pensiunan tahun 2020 ini, nasabah dapat menghubungi call center 1 500 919 atau langsung datang ke kantor Taspen terdekat di daerah masing-masing,” tandasnya. []

Continue Reading

Jasa Keuangan

Layanan Syariah LinkAja Buka Pembayaran Zakat Daring

GUNADI WITJAKSONO

Published

on

Layanan Syariah LinkAja

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Layanan Syariah LinkAja kini membuka satu layanan terbaru yaitu pembayaran zakat daring. Inovasi ini dilakukan oleh PT Fintek Karya Nusantara (LinkAja) untuk mendukung masyarakat di tengah pandemi corona agar tetap bisa membayar zakat tanpa harus keluar rumah dan menjalankan sosial distancing.

Dengan layanan ini, LinkAja mengajak masyarakat untuk menggunakan sistem pembayaran melalui Layanan Syariah LinkAja. Direktur Utama LinkAja Haryati Lawidjaja, mengatakan, bahwa Ramadan tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Karena saat pandemi corona membuat masyarakat harus selalu berada di rumah.

“Hadiranya Layanan Syariah LinkAja kami harapkan dapat dimanfaatkan oleh seluruh umat untuk memenuhi kebutuhan produk halal dan untuk membantu sesama dalam menunaikan ibadah dengan penuh berkah,” kata Haryati dalam siaran persnya, Senin (11/5/2020).

Haryati Lawidjaja menuturkan bahwa Layanan ini juga memfasilitasi donasi dan pembayaran zakat di beberapa mitra marketplace, seperti Bukalapak, Tokopedia, dan Blibli.com, yang sesuai dengan kaidah syariah. Selain itu, masyarakat tetap dapat memenuhi kebutuhan produk halal yang tersedia di Layanan Syariah LinkAja, seperti tagihan telepon, pajak, listrik, serta layanan transportasi.

Selain memenuhi kebutuhan harian, Layanan Syariah LinkAja juga mengajak seluruh masyarakat untuk mengisi bulan Ramadan dengan menunaikan ibadah ZISWAF (Zakat, Sedekah, Wakaf) guna membantu mereka yang terdampak oleh Covid-19.

“Melalui fitur Zakat, Donasi, dan Wakaf secara digital yang tersedia di aplikasi Layanan Syariah LinkAja, Masyarakat dapat berpartisipasi dalam program Indonesia Lawan Corona,” ujarnya.

Adapun program ini telah bekerja sama dengan sejumlah lembaga zakat, seperti Dompet Dhuafa, ACT, Baznas RI, Rumah Zakat, Lembaga Zakat BUMN, dan lain-lain. Layanan Syariah LinkAja juga menginisiasi Program Zakat dan Sedekah Berbasis Kelurahan yang akan berlangsung sepanjang tahun.

Dimulai dari area Jakarta dan akan diperluas ke berbagai daerah lainnya agar dapat menjangkau seluruh Indonesia. Partisipasi Layanan Syariah LinkAja dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 sudah terlihat sejak awal Mei lalu dengan mendistribusikan 1.100 paket kesehatan yang terdiri dari masker, vitamin, dan hand sanitizer kepada para pedagang pasar tradisional di lima kota besar.

“Pada momen pandemi ini, dibutuhkan kerja sama dan uluran tangan dari berbagai pihak untuk membantu menekan tingkat penyebaran virus corona,” tandasnya. []

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM