Pegadaian Raih “The Most Active Issuer” dari KSEI

by

PT Pegadaian (Persero) berhasil meraih penghargaan sebagai “The Most Active Issuer” pada ajang 20th Anniversary Celebration PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) yang di selenggarakan di Assembly Hall Menara Mandiri Jakarta (24/1)

Penghargaan tersebut ditujukan kepada Pegadaian atas peran aktifnya di pasar modal. Wakil Ketua Dewan Komisioner Ototritas Jasa Keuangan (OJK), Nurhaida memberikan langsung penghargaan tersebut kepada Direktur Utama Pegadaian Soenarso.

Baca Juga : Pegadaian Raih Anugerah “Top Digital Public Relations 2018”

Dalam kesempatan tersebut Soenarso mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada KSEI atas penghargaan yang dialamatkan kepada BUMN Gadai tersebut. Meskipun Pegadaian belum melantai di pasar bursa dan baru listed obligasi, imbuh Soenarso, namun perseroan terus aktif berpartisipasi di pasar modal sejak KSEI berdiri.

“Namun peluang Pegadaian untuk masuk pasar bursa di masa mendatang sangat terbuka,” ujar Soenarso.

Lebih lanjut Sunarso mengatakan bahwa Dalam waktu dekat perusahaan akan meluncurkan obligasi maksimal sebesar Rp3.5 triliun pada semester I/2018. Karena saat ini, lanjutnya, Pegadaian masih memiliki plafon sebesar Rp3.5 Triliun dari izin penerbitan obligasi yang telah diterbitkan oleh OJK pada tahun 2017 yaitu sebanyak Rp6 Triliun.

“Tahun lalu kami melepas obligasi Rp2.5 Triliun sisanya akan kami terbitkan pada semester I/2018,” jelas Soenarso.

Baca Juga : Pegadaian mendukung Pertumbuhan Core Business Melalui Pemanfaatan Aset Strategis

Soenarso memaparkan bahwa saat ini komposisi pinjaman Perseroan sebesar 27% berasal dari instrumen pasar modal berupa obligasi dan sisanya sebesar 73% dari pinjaman perbankan. Portofolio pinjaman dari pasar modal dari capital market tersebut masih punya peluang untuk dinaikkan sampai 40%.

“Kami terus mengkaji kebijakan permodalan perusahaan untuk mendapatkan komposisi cost capital terbaik bagi Pegadaian,” tutup Soenarso. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *