Pegadaian Menjadi Leader Sinergi BUMN Dalam Pengembangan Pariwisata Sumatera Barat

by

Dalam rangka pengembangan pariwisata di Sumatera Barat, PT Pegadaian (Persero) bersama sejumlah BUMN melakukan sinergitas untuk meningkatkan perekonomian daerah melalui sektor pariwisata, melalui Kegiatan yang bertajuk “Sinergi BUMN Dukung Sumbar sebagai Destinasi Wisata” dimana Menteri BUMN Rini Soemarno menunjuk BUMN usaha gadai tersebut sebagai leader dalam sinergitas tersebut.

Baca Juga : Menteri BUMN Dukung Percepatan Konektivitas Udara dan Pertumbuhan Ekonomi

Kegiatan pencanagan yang dilakukan di Pantai Muaro Lasak kota Padang (08/02) tersebut dihadiri oleh Menteri BUMN didampingi oleh Ketua Umum PWI Margiono dan Dirut PT Pegadaian (Persero) Sunarso selaku koordinator sinergi BUMN serta H. Nasrul Abit Wakil Gubernur provinsi Sumatera Barat. Kegiatan ini juga diikuti oleh jajaran Direksi BUMN yang melakukan sinergi pengembangan wisata tersebut.

Dalam kesempatan tersebut Dirut Pegadaian Sunarso mengungkapkan bahwa BUMN senantiasa aktif dalam pengembangan pariwisata nasional. Di Sumatera Barat, lanjutnya, implementasi program tahap awal meliputi pembangunan infrastruktur pariwisata Pantai Padang, Bukit Tinggi, dan Kelok Sembilan. Lebih lanjut Sunarso menyebut beberapa tahapan dalam pencanangan pembangun tersebut, yaitu:

(1) Dengan total biaya sebesar Rp769juta meliputi revitalisasi koridor Padang berupa pembuatan welcome gate dan papan informasi di Bandara Minangkabau serta pengembangan infrastruktur di Pantai Cimpago.

(2) Dengan anggaran sebesar Rp3 Miliar untuk pekerjaan di koridor Bukit Tinggi yang meliputi pekerjaan revitalisasi persediaan air bersih, toilet, tenda kuliner, taman, pagar, menara pandang dan renovasi lainnya.

(3) Pekerjaan di koridor Kelok Sembilan dengan anggaran RP190 juta yaitu meliputi pekerjaan renovasi mushola, toilet VIP, toilet umum dan pengelolaan limbah.

Sedangkan untuk tahap kedua masih dalam proses pengerjaan, dengan beberapa progres pembangunan di Kepulauan Mentawai, pesisir selatan pantai Sago dan kabupaten Sawahlunto.

Baca Juga : Pegadaian Raih “The Most Active Issuer” dari KSEI

Sementara itu, Menteri BUMN Rini M. Soemarno menyampaikan bahwa untuk menyukseskan program ini pemerintah mempercepat proses pembangunan jalan tol Padang-Bukittinggi.

“Pembangunan jalan tol ini akan mengurai kemacetan yang selama ini dialami oleh warga. Dengan teratasinya persoalan tersebut maka ekonomi pun akan ikut meningkat,” tutup Rini. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *