Connect with us
Pln

Asuransi

Partisipasi Jasa Raharja Sulsel Dalam Sosialisasi Bersama Penjamin Kecelakaan Lalu Lintas

Published

on

jasa raharja sulsel

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Selasa, 30 Mei 2023, bertempat di Kantor Kecamatan dan Polsek Bajo Kab. Luwu, PT Jasa Raharja Perwakilan Palopo Cabang Sulawesi Selatan bekerjasama dengan Bapenda, Polri dan Camat Bajo melaksanakan kegiatan Sosialisasi bersama dalam upaya memberikan edukasi kepada masyarakat luas, khususnya di Kec. Bajo Kab. Belopa. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala desa, perangkat desa dan tokoh masyarakat yang ada di Kec, Bajo.

Jasa Raharja yang dalam hal ini diwakili oleh Hery Irawan selaku Penanggung Jawab Samsat Belopa memberikan pemahaman mengenai peran, tugas serta fungsi Jasa Raharja. Jasa Raharja menjalankan dua program sosial yang pertama, yakni asuransi kecelakaan penumpang alat angkutan umum di darat, laut, udara, danau, sungai dan penyeberangan berdasarkan UU No. 33 Tahun 1964 Jo PP No. 17 Tahun 1965. Kedua, asuransi kecelakan lalu lintas Jalan berdasarkan UU No. 34 Tahun 1964 Jo PP No. 18 Tahun 1965. Tugas pokok Jasa Raharja ialah pertama memberikan santunan, kepada masyarakat yang menjadi korban kecelakaan angkutan umum dan menjadi korban kecelakaan lalu lintas jalan, Kedua menghimpun dan mengelola dana, dari masyarakat guna memenuhi pemberian hak masyarakat atas santunan.

Pihak Kepolisian yang diwakili Ka.Polesek Bajo, IPDA Sulfadly Rahman SEmenjelaskan mengenai implementasi UU No. 22 Tahun 2009 Pasal 74 terkait penghapusan data registrasi kendaraan bermotor yang tidak melunasi pajak kendaraannya selama 2 tahun berturut-turut. Selain itu memberikan himbauan dan edukasi tentang tertib berlalulintas. Kecelakaan biasanya diawali dari suatu pelanggaran, oleh karena itu patuhi setiap rambu dan tertiblah dalam berlalulintas.

Dalam kegiatan kali diadakan samsat keliling agar masyarakat lebih mudah dalam membaya rpajak. Selain itu, melalui PT Jasa Raharja Palopo diadakan kegiatan Cek kesehatan gratis. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Jasa Raharj adalam upaya pencegahan laka. Diakhir kegiatan, Tim Samsat Belopa menyerahkan data kendaraan yang menunggak pajak dan SWDKLLJ khususnya yang ada di Kec. Bajo. Harapannya adalah dari kecamatan, menyampaikan kepada desa dan seluruh masyarakat untuk patuh dalam pembayaran Pajak.

Camat Bajo menyambut baik kegiatan ini dan berharap kegiatan seperti ini terus dilaksanakan hingga tingkat desa. Camat Bajo mendukung penuh setiap upaya pencegahan kecelakaan serta upaya dalam meningkatkan kepatuhan warganya dalam membayar PKB dan SWDKLLJ.

Kepala PT Jasa Raharja Palopo, Suhardi Popang mengharapkan peserta yang mengikuti sosialisasi ini agar dapat menyebarkanluaskan informasi ini kepada keluarga dan masyarakat di sekitar tempat tinggalnya. []

Continue Reading

Label

Copyright © 2023 MEDIABUMN.COM