Outlook Bisnis 2019: Perum Perindo Siap Dorong Ekspor

by
Perum Perindo

Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) menilai outlook industri perikanan nasional di tahun 2019 memiliki potensi yang sangat besar khususnya pada pasar ekspor yang permintaannya terus mengalami peningkatan. Namun, di tengah peluang tersebut, justru kondisi industri perikanan di nasional dihadapi sejumlah tantangan besar salah satunya yaitu kurangnya supply untuk memenuhi permintaan pasar.

Kebijakan moratorium yang dilakukan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dinilai memiliki dampak positif terhadap sektor perikanan di tanah air. Bahkan adanya pemberantasan illegal fishing memiliki impact yang sangat terasa di seluruh dunia. Direktur Utama Perum Perindo, Risyanto Suanda menegaskan, yang patut dipahami bahwa illegal fishing merupakan suatu keniscayaan. Mungkin orang bertanya apakah kebijakan tentang illegal fishing akan berubah apabila menterinya diganti? Jawabannya adalah tidak! Kondisi pasar internasional saat ini sudah mengimplementasikan 100% market trustability.

Baca Juga: 2019 Krakatau Steel Bidik Produksi 6,5 juta Ton

“Artinya tidak ada lagi ruang untuk illegal fishing,” ujar pria kelahiran Karawang 24 Februari 1976 tersebut.

Sebagai contoh, sebuah kapal Indonesia melakukan penangkapan ikan yang dilakukan di perairan teritori Filipina untuk kemudian hasilnya dijual ke Amerika. Maka pihak Amerika tentu akan menanyakan surat atau legalitas atas tangkapan ikan tersebut. Ditangkapnya di perairan mana? Menggunakan kapal apa? kemudian kapal tersebut juga bisa dicek menggunakan vessel monitoring system.

“Maka dengan demikian akan dapat diketahui legal atau tidaknya hasil penangkapan ikan tersebut,” terangnya.

Dengan adanya kebijakan tersebut, tentunya sudah sangat terasa bagi para pemain besar di regional, contohnya seperti di Thailand yang sudah dinyatakan decline. “Mereka mau membeli tuna atau cakalang secara resmi ke Indonesia pun tidak bisa karena memang barangnya tidak ada akibat kurangnya supply.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *