Connect with us
PERTAMINA

HIGHLIGHT BUMN

Optimalisasi Aset BUMN, Pelindo III dan KAI Teken MoU

GUNADI WITJAKSONO

Published

on

Optimalisasi aset BUMN

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Optimalisasi aset BUMN terus dilakukan oleh sejumlah perusahaan pelat merah, kali ini antara PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) dan PT Kereta Api Indonesia (Persero).

Kedua perusahaan ini melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) untuk kerjasama optimalisasi aset BUMN, penguatan bisnis dan rantai suplai logistik.

Penandatanganan kerjasama ini dilakukan oleh Dirut PT KAI Didiek Hartantyo dan Dirut PT Pelindo III, U Saefudin Noer di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (20/11/2020).

Kerjasama kedua BUMN ini akan dijalankan di beberapa pelabuhan milik Pelindo II di antara Pelabuhan Tanjung Emas, Pelabuhan Tanjung Perak, Pelabuhan Tanjung Intan, dan sejumlah pelabuhan lainnya.

Direktur Utama PT Pelindo III, U. Saefudin Noer mengatakan, kedua pihak akan memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada, dan mengembangkan bentuk kerjasama potensial lainnya.

Menurutnya, kerjasama ini sesuai dengan arahan Meneri BUMN Erick Thohir yaitu penerapan dari Core Values BUMN yaitu AKHLAK yang merupakan singkatan dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

“Aset BUMN ini akan kita manfaatkan sesuai kemampuan dan keperluan untuk menjalankan fungsinya. Sehingga penyaluran logistik dan transportasi darat maupun laut semakin efisian,” kata Saefudin.

Saefudin menjelaskan, kedua perusahaan pihak juga sepakat memperbaiki infrastruktur dan integrasi antar moda darat dan laut melalui inovasi bisnis yang dilakukan secara bersama-sama.

Ia pun berharap hubungan antara Pelindo III dan KAI akan semakin harmonis sehingga dapat memudahkan kerjasama dan adaptasi yang sedang berjalan.

Hal senada disampaikan Dirut PT KAI, Didiek Hartantyo, ia juga berharap MoU dalam optimalisasi aset BUMN dan inovasi bisnis ini dapat memberikan hasil positif bagi kinerja perusahaan.

Selanjutnya kedua belah pihak akan menindaklanjuti MoU ini untuk memberi kemudahan bagi pemilik barang atau pelaku logistik yang akan mengirimkan barang melalu kereta api menuju pelabuhan, ataupun sebaliknya.

Menurut Didiek, kerjasama ini bagian penting dari upaya pemerintah dalam mengurangi biaya logistik.
Pasalnya selama ini biaya logistik di Indonesia masih terbilang cukup bahkan melebihi rata-rata biaya logistik di sejumlah negara lain. []

HIGHLIGHT BUMN

Vaksinasi Covid-19 Mulai Dipersiapkan, Erick Thohir Pastikan Data Aman

EKO PRASETYO

Published

on

Vaksinasi covid-19

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Vaksinasi covid-19 terus dipersiapkan oleh Pemerintah dengan menyiapkan skema kolaborasi antar BUMN.

BUMN juga dibangun sistem data terpusat dalam melakukan vaksinasi covid-19 agar data yang dihasilkan benar-benar akurat dan valid.

Menteri BUMN, Erick Thohir mengatakan dua BUMN yang akan terlibat dalam vaksinasi covid-19 ini, yaitu PT Telkom Indonesia dan PT Bio Farma.

Dengan sistem tersebut, Erick memastikan data yang digunakan sebagai dasar vaksinasi ialah milik pemerintah dan tidak ada campur tangan pihak lain.

“Saya tegaskan bawah data ini milik pemerintah. Kami dari BUMN menjalankan tugas ini juga menjaga agar data terekam dengan baik. Jadi ini sepenuhnya milik pemerintah,” ujar Erick, dalam webinar, Selasa (24/11/2020).

Dijelaskannya, seluruh data hasil vaksinasi ini akan dijamin kerahasiaannya sesuai komitmen Kementerian BUMN.

Data pribadi peserta tidak akan dijadikan domain publik atau milik perusahaan tertentu, termasuk perusahaan BUMN.

“Ini kan data pribadi dan tidak bisa menjadi milik perusahaan, maka kerahasiaan data itu memang harus kita jaga sejak awal. Untuk itu, saya menyatakan bahwa BUMN disini hadir untuk membantu, dan datanya milik pemerintah,” jelasnya.

Vaksinasi covid-19 Gratis?

Pada kesempatan ini, Thohir juga menjawab terkait permintaan vaksin covid-19 agar digratiskan.

Menurut Erick, pemerintah hanya menggratiskan vaksin bagi masyarakat yang tidak mampu dan juga para petugas kesehatan sebagai garda depan penanganan pandemi.

Sedangkan untuk masyarakat yang mampu, ia meminta untuk melakukan vaksinasi covid-19 secara mandiri.

“Vaksin bantuan pemerintah kami utamakan bagi masyarakat yang tidak mampu, sementara masyarakat yang mampu saat ini kami harapkan bisa membantu pemerintah dan membantu warga yang kurang mampu,” kata Erick.

Erick menyatakan, dalam situasi pandemi ini semua pihak harusnya bahu membahu untuk melakukan pembenahan, mulai dari pemerintah, swasta, hingga masyarakat.

Sejauh ini berbagai elemen masyarakat, termasuk organisasi pengusaha telah menyatakan bersedia melakukan vaksinasi covid-19 secara mandiri untuk meringankan beban biaya yang dikeluarkan pemerintah.

“Yang sudah menyatakan siap vaksin mandiri itu dari Kadin. Anggota Kadin menyatakan siap membantu dengan melakukan vaksinasi covid-19 untuk pegawai mereka. Selama ini para pegawai sudah berkontribusi bekerja bagi perusahaan. Saatnya mereka dibantu,” kata dia.

Untuk diketahui, pemerintah tengah menyiapkan sistem vaksinasi covid-19 secara massal yaitu vaksinasi bantuan pemerintah dan vaksinasi mandiri. []

Continue Reading

HIGHLIGHT BUMN

Piutang BUMN Dikonvesi, Ternyata Ini Alasan Pemerintah

Alfian Setya Saputra

Published

on

Piutang BUMN

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Piutang BUMN milik PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero) maupun PT Pengembangan Armada Niaga Nasional (Persero) dikonversi oleh Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Konversi ini dilakukan dengan menyalurkan Penyertaan Modal Negara (PMN) non tunai.

Pada tahun ini, kedua BUMN tersebut mendapatkan PMN non tunai dari pemerintah, yaitu untuk BPUI sebesar Rp286 miliar, dan untuk Pengembangan Armada Niaga Nasional sebesar Rp3,76 triliun.

Terkait piutang BUMN yang dikonversi ini, Dirjen Kekayaan Negara Kementerian Keuangan, Isa Rachma Tarwata menyampaikan alasannya.

Menurutnya pemerintah melihat prospek dari kedua BUMN dan ingin turut serta mengembangkan prospek yang dimaksud.

Namun BPUI dan PANN diminta agar tetap mencari modal sendiri untuk mengembangkan usahanya.

“Kita mau BUMN ini memulai usaha yang dengan semangat yang baru, tapi jangan menjadi BUMN yang manja yang semuanya dibiayai pemerintah, harus tetap mencari modal sendiri,” jelas Isa dalam video conference yang digelar Jumat (20/11/2020).

Menurut Isa, untuk mencari modal usaha sendiri, perusahaan pelat merah harus punya struktur keuangan yang bagus.

“Bisa dari perbankan atau dari pasar modal dan sebagainya. Jadi pemerintah bisa membantu BUMN tanpa harus selalu ngasih uang. Kita beri tantangan tapi tetapkita kasih support. Lalu utangnya kita konversi jadi modal, tapi untuk uang cashnya cari sendiri,” beber dia.

Selain penyaluran PMN non tunai, menurut Isa akan ada Barang Milik Negara (BMN) yang akan diserahkan kepada BUMN untuk dijadikan tambahan modal.

Rencananya di tahun 2021 depan akan ada beberapa perusahaan pelat merah yang mendapat jatah BMN berupa tanah yang bisa digunakan sebagai tambahan modal.

Selain itu ada juga Barang Milik Negara yang dibeli atau diadakan oleh kementerian atau lembaga tertentu, kemudian diserahkan kepada BUMN sebelum tahun 2019.

Nantinya skema iniakan mengikuti tata kelola di dalam Peraturan Pemerintah (PP) nomor 27/2014 dan juga revisinya PP 28/2020.

Sementara Bantuan Pemerintah Yang Belum Ditetapkan Statusnya (BPYBDS) itu ada prosedur yang relatif sedikit berbeda, dan lebih mudah. []

Continue Reading

HIGHLIGHT BUMN

Direksi Pupuk Indonesia dan LEN Industri Dirombak

EKO PRASETYO

Published

on

Direksi Pupuk Indonesia

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Direksi Pupuk Indonesia kembali dirombak oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Kali ini jabatan yang diganti di jajaran direksi Pupuk Indonesia yaitu Direktur Keuangan dan Investasi yang sebelumnya dijabat oleh Indarto Pamoengkas diganti oleh pejabat baru, Eko Taufik Wibowo.

Diketahui, Eko Taufik sebelumnya menjabat sebagai Direktur Utama PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) dan Senior Vice President di Bank Mandiri sejak tahun 2000 hingga 2015.

Pergantian di jajaran Direksi Pupuk Indonesia ini melalui SK Menteri BUMN nomor 377/MBU/11/2020 yang dilakukan secara online, pada Kamis (19/11/2020).

Melalui keputusan ini, Menteri BUMN Erick Thohir juga mengangkat Gusrizal sebagai Direktur Pemasaran Pupuk Indonesia yang sebelumnya sudah pernah mengisi jabatan tersebut.

Wijaya Laksana selaku Kepala Komunikasi PT Pupuk Indonesia (Persero) menyampaikan apresiasi atas kinerja Indarto Pamoengkas yang telah selesai menjabat di perusahaan pelat merah itu.

Wijaya menilai, selama ini Indarto telah memberikan dedikasi dan integritas yang tinggi selama menjabat posisi Direktur Keuangan dan Investasi.

Ia pun berharap perubahan yang telah dilakukan oleh direktur selama 5 tahun terakhir, semakin membawa kemajuan bagi perusahaan ke depan.

Dengan perubahan ini jajaran Direksi Pupuk Indonesia sebagai berikut:

Direktur Utama: Bakir Pasaman

Wakil Direktur Utama: Nugroho Christijanto

Direktur Produksi: Bob Indiarto

Direktur Keuangan dan Investasi: Eko Taufik Wibowo

Direktur Transformasi Bisnis: Panji W. Ruky

Direktur SDM & Tata Kelola: Winardi

Direktur Pemasaran: Gusrizal

Selanjutnya, Indarto melanjutkan pengabdiannya di BUMN lainnya, yaitu PT LEN Industri (Persero) sebagai Direktur Keuangan dan SDM.

Ia menggantikan pejabat sebelumnya yaitu Priadi Ekatama Sahari, sesuai Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor SK-376/MBU/11/2020.

Indarto yang telah berkarier di berbagai BUMN dinilai telah matang sebagai pengatur strategi keuangan Pupuk Indonesia selaku holding BUMN pupuk.

Kehadiran Indarto diharapkan dapat meningkatkan kinerja operasional dan keuangan perusahaan secara signifikan.

Diketahui, ia pernah meraih penghargaan bagi Pupuk Indonesia sebagai Perusahaan Terpercaya dalam tata kelola perusahaan tahun 2018 dan menerima penghargaan Indonesia Best Chief Financial Officer 2017.

“Kementerian BUMN menetapkan Indarto di PT LEN Industri untuk memperkuat kolaborasi antar BUMN yang bergerak di sektor industri pertahanan, sekaligus mendukung sektor ini agar semakin mandiri,” tulis rilis Len Industri.

Dijelaskan manajemen PT LEN Industri, pembentukan Holding BUMN Industri Pertahanan ini bertujuan untuk mewujudkan dan meningkatkan industri pertahanan dalam negeri agar menjadi lebih maju, kuat dan berdaya saing.

Dengan Penetapan tersebut, susunan direksi PT LEN Industri adalah sebagai berikut :

Zakky Gamal Yasin sebagai Direktur Utama

Linus Andor Mulana Sijabat sebagai Direktur Operasi I

Adi Sufiadi Yusuf Abdurrajak sebagai Direktur Operasi II

Indarto Pamoengkas sebagai Direktur Keuangan dan SDM.

“Harapan kami susunan direksi yang baru meningkatkan operasional dan kinerja keuangan PT Len Industri, dan turut berkontribusidalam memperkuat industri pertahanan, transportasi, energi baru terbarukan, dan navigasi,” tulis rilis Len Industri. []

Continue Reading

Label

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM

error: Content is protected !!