Oktober 2018 Holding BUMN Keuangan Terbentuk

by

Pembentukan holding BUMN keuangan diproyeksikan selesai pada Oktober 2018 mendatang. Hal tersebut ditargetkan oleh Kementerian BUMN selaku pemegang saham.

Menurut Deputi Kementerian BUMN Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Konsultan, Gatot Trihargo, progresnya saat ini yaitu tengah pembenahan pada internal masing-masing perusahaan.

Lebih lanjut Gatot mengatakan bahwa Kementerian BUMN akan selalu fokus dalam melakukan pengawasan terhadap proses pembentukan holding keuangan tersebut.

“Kami juga terus berdiskusi secara berkala. Setelah holding terbentuk aka nada cucu usaha yang akan berada di bawah holding jasa keuangan yang dipimpin oleh Danareksa,” ujarnya.

Terkait unit bisnis syariah, imbuh Gatot, pihaknya tetap pada rencana semula yaitu menggabungkan BNI Syariah dengan Unit Usaha Syariah (UUS) BTN

“Bank Syariah Mandiri (BSM) juga kami dorong untuk IPO,” terang Gatot.

Gatot juga menyebut bahwa pemerintah nantinya juga akan membentuk Aset Manajemen Unit (AMU) sebagai anggota dan bagian dari holding jasa keuangan.

“AMU akan berfungsi menyelesaikan kredit yang bermasalah. Hal ini dilakukan agar industry jasa keuangan dapat bekerja lebih fokus,” tutup Gatot. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *