Connect with us
PERTAMINA

Finansial

NIM Bank BUMN Masih Akan Bertahan di Level 5%

MediaBUMN

Published

on

Margin bunga bersih bank-bank BUMN akan lebih ramping. Hal ini dikarenakan bank plat merah tersebut harus lebih efisien di tengah kenaikan bunga deposito yang tidak dibarengi oleh peningkatan bunga kredit.

Beberapa bankir memproyeksikan sampai dengan akhir 2018 margin bunga bersih akan terkoreksi sebesar 10bps-20bps, tetapi NIM (net interest margin) akan tetap bertahan pada level 5%.

Direktur Keuangan BNI, Anggoro Eko Cahyo mengatakan bahwa akhir tahun 2018 pihaknya memprediksi rasio NIM akan berada pada posisi 5,3-5,4%.

“Lebih rendah dari tahun lalu yang pada level 5,5%,” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan penurunan margin bunga bersih itu seiring dengan adanya tren bunga dana yang mengalami kenaikan. oleh karena itu BNI, imbuh Anggoro, telah menyiapkan sejumlah rencana strategis.

Kami siap melakukan ekpansi di sektor prospektif dan melakukan remedial serta restrukturisasi guna menjaga kualitas aset,” paparnya.

Sementara itu Direktur Utama Bank Mandiri Tbk, Kartika Wirjoatmodjo mengatakan bahwa adanya kenaikan bunga acuan akan terjadi tekanan pada margin bank karena bunga deposito naik sementara tidak demikian dengan bunga deposito.

“Akhir tahun nanti NIM Bank Mandiri kemungkiinan akan tertekan 10bps-20bps menjadi 5,6-5,7%. Posisi NIM Bank Mandiri saat ini yaitu 5,8%,” ujarnya.

Bank BUMN lainnya yaitu BRI yang masih berfikir untuk menaikan bunga kredit. Menurut Direktur Utama BRI, Suprajarto, dengan kondisi tersebut tentunya akan ada koreksi pada margin.

“Akhir tahun 2018 nanti rasio NIM BRI diprediksi mencapai 7,3%,” ujarnya.

Sementara itu Direktur BTN Mahelan Prabantarikso memprediksi akhir tahun ini margin BTN akan mencapai 5% atau lebih tinggi dibandingkan NIM pada tahun lalu yang hanya berada pada level 4,76%.

“Kami akan murunkan biaya dana dengan cara menghimpun dana murah yang lebih meningkat,” terangnya. []

Perbankan

bjb 60versary – Lucky Birthday Tawarkan Hadiah Jutaan Rupiah

MediaBUMN

Published

on

Lucky Birthda

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Pada tahun 2021 ini Bank bjb genap berusia 60 tahun. HUT kali ini dibingkai dalam tema “Melaju Penuh Energi Wujudkan Visi Negeri”.

Untuk merayakan pencapaian tersebut, perseroan telah menyiapkan sejumlah program dan promo menarik bagi para nasabah loyal.

Salah satu promo menarik yang menawarkan hadiah jutaan rupiah adalah Promo bjb Lucky Birthday 2021.

Program bjb Lucky Birthday 2021 ini terbagi dalam dua periode. Pertama, Birthday Package 1 – 3 yang berlangsung dari 1 Mei sampai 31 Juli 2021. Kedua, Birthday Package 4 yang berlangsung hanya sepanjang Mei 2021.

Lucky Birthda

Program promosi bjb Lucky Birthday 2021 yang terdiri dari empat paket program promosi dapat diikuti oleh nasabah dengan ketentuan sebagai berikut:

• Birthday Package 1 berlaku bagi nasabah yang bersedia menempatkan dana fresh fund dengan ketentuan tertentu.

• Birthday Package 2 merupakan program pemberian hadiah langsung kepada nasabah yang melakukan pembelian produk Bancassurance disertai penempatan dana pada Giro/Tabungan bank bjb.

• Birthday Package 3 diberikan kepada nasabah untuk mendapatkan hadiah langsung dengan melakukan pembelian produk Reksa Dana disertai penempatan dana pada Giro/Tabungan bank bjb.

• Birthday Package 4 adalah program khusus bagi nasabah bjb precious yang bersedia menempatkan dana fresh fund dalam bentuk Giro/Tabungan dan Deposito selama 3 bulan.

Jangan sampai ketinggalan dan ikuti kemeriahan promo Hari Ulang Tahun bank bjb. Mengenai ketentuan lebih lanjut dapat mengunjungi https://60versary.infobjb.id []

Continue Reading

Perbankan

Aplikasi Mandiri Diupgrade Untuk Kembangkan Ekosistem Digital

EKO PRASETYO

Published

on

Aplikasi Mandiri

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Aplikasi Mandiri dari PT Bank Mandiri akan terus dikembangkan untuk membangun ekosistem digital bagi seluruh nasabah.

Bahkan bank BUMN ini sedang menyiapkan aplikasi Mandiri Livin 2.0 yang merupakan model upgrade dari aplikasi Livin 1.0.

Kepala Riset Henan Putihrai Sekuritas, Robertus Yanuar Hardy mengatakan, dari hasil riset terkai jasa keuangan, Bank Mandiri berencana meluncurkan aplikasi Livin 2.0.

Rencannya aplikasi Mandiri ini akan dilaunching pada kuartal empat tahun ini, yakni antara Oktober hingga Desember 2021.

“Livin 0.2 adalah model yang telah disempurnakan dari ‘Livin 1.0. Bank Mandiri melakukan pembenahan sehingga aplikasi ini memiliki fitur yang tidak terbatas hanya pada pembukaan tabungan, pembayaran QR, asuransi, investasi, pembiayaan, dan pendaftaran kartu kredit saja,” kata dia, Senin (10/5/2021).

Dalam aplikasi Mobile Mandiri yang baru ini, pihaknya telah melengkapi fitur Pay Later yang dapat dimanfaatkan oleh para konsumen untuk kemudahan transaksi.

Menurutnya, pengembangan Aplikasi Mandiri tersebut berpotensi meningkatkan efisiensi operasional perusahaan ke depan.

Bahkan diprediksi dapat meningkatkan marjin laba operasional sebelum pencadangan atau Pre Provision Operating Profit (PPOP).

Dimana pada kuartal I tahun ini, PPOP Bank Mandiri tumbuh menjadi 57.2 persen, sementara pada kuartal I tahun 2020 sebesar 56,1 persen.

Menurut Robertus, bank berkode BMRI memiliki big data yang tidak kalah unggul dengan layanan dari berbagai bank digital yang saat ini banyak bermunculan.

Ia melanjutkan, pinjaman berbasis payroll dan Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang merupakan 50 persen dari kredit segmen ritel perseroan adalah hasil dari pengembangan jaringan grup BMRI.

Grub BMRI terdiri dari 10 anak usaha, dengan puluhan BUMN dan korporasi swasta yang selama ini menjadi debitur perseroan.

Menurutnya, berbagai produk ini akan memiliki dampak yang lebih baik dengan dukungan tim khusus ‘Enterprise Data Management’ (EDM) Group.

Untuk diketahui, nilai transaksi melalui aplikasi Mandiri ‘Livin 1.0’ pada kuartal pertama tahun ini mencapai Rp 341 triliun.

Jumlah itu sudah melampaui nilai transaksi pada ATM Mandiri yang turun dari Rp280 triliun menjadi Rp200 triliun.

Selain itu, Bank Mandiri melalui anak usahanya Mandiri Capital Indonesia (MCI) juga telah berinvestasi di Bukalapak dan IPO Cashlez dengan market cap mencapai US$ 45 juta.

MCI kini memiliki investasi di sejumlah perusahaan rintisan di sektor teknologi keuangan yang dapat menumbuhkan ekosistem digital, seperti Amarta, Koinworks, dan Investree. []

Continue Reading

Perbankan

Rayakan HUT ke-60, bank bjb Gelar Promo di Ratusan Merchant

MediaBUMN

Published

on

60 tahun

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk. (bank bjb) akan genap berusia 60 tahun pada Kamis 20 Mei 2021 mendatang. Untuk memeriahkan perayaan HUT, bank bjb menggelar ratusan promo Tandamata yang dapat dinikmati oleh nasabah.

Promo tersebut berlaku di lebih dari 400 merchant di berbagai daerah di Indonesia. Mulai dari merchant kuliner, perawatan tubuh, otomotif, hobi, elektronik, kesehatan, wahan bermain, minimarket, dan sebagainya.

Promo yang dapat dinikmati di antaranya adalah potongan harga untuk sejumlah produk hingga 60% senilai maksimum Rp60.000. Promo berlaku untuk transaksi yang dilakukan oleh 60 orang pertama setiap harinya.

Untuk mendapatkan keuntungan tersebut, nasabah harus bertransaksi menggunakan bjb Digi dan bjb DigiCash di merchant-merchant yang telah bekerjasama dengan bank bjb. Promo berlaku selama 6-31 Mei 2021, dan hanya untuk satu kali transaksi per-orang dalam satu merchant setiap harinya.

60 tahun

Beberapa merchant yang berpartisipasi dalam promo HUT ke-60 bank bjb di antaranya adalah Game Master Bandung, Jnc Cookies di berbagai daerah, May Outfit Sukabumi, Rinimart, Wingz O Wingz Cihampelas Bandung dan sejumlah cabang lainnya, Janji Jiwa Pandeglang, dan KPBS Pangalengan Cirebon.

Juga Den Haag Klappertaart Bandung, Jurnal Risa Coffee Bandung, Minori Sushi Bandung, Magal Sukabumi, MS Glow Subang, hingga Shell jalan Pelajar Pejuang Bandung. Khusus untuk Shell Pelajar Pejuang Bandung, promo berlaku untuk pembelian V power atau diesel selama 19-21 Mei 2021.

Selain merchant-merchant di atas, terdapat ratusan penawaran menarik lainnya yang dapat diakses di https://60versary.infobjb.id/promo-bank-bjb.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto mengatakan, rangkaian promo Tandamata tersebut merupakan salah satu bentuk apresiasi perusahaan terhadap loyalitas nasabah selama 60 tahun.

“Program promo Tandamata kali ini diselenggarakan sebagai rasa syukur kami atas pencapaian kiprah bisnis bank bjb selama 60 tahun. Selain itu, program ini juga diharapkan dapat membantu menggerakan kembali roda ekonomi masyarakat di tengah situasi pandemi Covid-19,” ungkapnya. []

Continue Reading

Label

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM

error: Content is protected !!