Nilai Tukar Rupiah Optimis Masih Stabil

oleh
Nilai tukar rupiah

Nilai tukar rupiah sampai dengan minggu keempat Agustus 2019 pergerakannya dinilai stabil oleh Bank Indonesia (BI). Hal ini menyusul kondisi pasar global yang penuh ketidakpastian dampak perang dagang serta kondisi geopolitik luar negeri.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo saat ditemui di Bank Indonesia mengatakan bahwa meskipun nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat masih melemah namun dinilai tetap stabil.

“Ketegangan hubungan dagang antara China dan Amerika ditambah risiko geopolitik dari Inggris terkait Brexit berdampak besar terhadap nilai tukar rupiah. Mespi tercatat melemah tapi tetap stabil,” ujarnya (30/8).

Adapun sampai perdagangan Jumat sore, nilai tukar rupiah melemah 9 poin atau 0,06 persen di pasar spot menjadi Rp14.264 per dollar AS nya. Catatan tersebut mengalami penurunan apabila dibandingkan dengan harga pada penutupan Selasa lalu (27/8) yang berada pada posisi Rp14.255 per dollar AS nya.

Meski demikian, BI, imbuh Perry, menilai pergerakan tersebut masih relatf stabil.

“Adanya fluktuasi dalam jangka pendek itu hal biasa. Tetapi yang terpenting adalah mekanisme pasar tetap berlangsung demikian juga supply dan demand sehingga tetap mendukung stabilitas nilai tukar rupiah,” jelas Perry.

Ke depannya dengan kondisi tersebut, BI akan senantiasa teruis berada di pasar serta Melakukan langkah-langkah stabilisasi untuk terus memastikan bahwa stabilitas nilai tukar r tetap terjaga.

“Bukan itu saja, tapi kita juga tetap akan terus menjaga imbal hasil aset keuangan domestik,” tutupnya. [] -cristian-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *