Connect with us
PERTAMINA

Jasa Pelayanan & Logistik

Muatan Barang PT Pelni Naik Hingga 300 Persen

EKO PRASETYO

Published

on

Muatan barang

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Muatan barang PT Pelni (Persero) pada semester I 2020 tercatat mengalami kenaikan volume hampir 300 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun 2019.

Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni Yahya Kuncoro mengatakan, peningkatan muatan barang dengan angkutan kapal PT Pelni, salah satunya karena mendapatkan penugasan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) penyelenggaraan angkutan barang pada 2020 di delapan trayek.

“Dibandingkan dengan semester I tahun 2019 muatan barang naik dari 941 TEUs menjadi 2.869 TEUs di semester I 2020. Artinya kinerja pada kapal barang naik nyaris 300 persen,” kata Yahya Kuncoro, Jumat (3/7/2020).

Yahya menjelaskan, dari delapan trayek penugasan Kemenhub tersebut, ada tiga trayek yang padat muatan, yakni trayek T-15 yang melintasi Tanjung Perak, Makassar, Jailolo, Morotai dan kembali ke Tanjung Perak.

Kemudian trayek T-10 dengan rute Tanjung Perak, Tidore, Galela, Buli, Maba, Weda, Tanjung Perak dan trayek H-1 di jalur Tanjung Perak, Makassar, Tahuna dan Tanjung Perak.

“Ketiga trayek ini berkontribusi sebesar 63,40 persen dari total muatan barang, atau membawa total sebesar 1.819 TEUs,” jelasnya.

Kemudian lima trayek lainnya masih memiliki potensi untuk menambah muatan barang PT Pelni, seperti trayek T-13 di Tanjung Perak, Rote, Sabu, dan Tanjung Perak.

Trayek T-5 yaitu Bitung, Tahuna, Tagulandang/ulu siau, Lirung/Melangoane, Miangas, Marore, Tahuna, Bitung dan trayek T-14 di Tanjung Perak, Lembata, Tabilota/Larantuka dan Tanjung Perak.

Lalu trayek T-18 di Tanjung Perak, Badas, Bima, Merauke, (Kelapa Lima), Bima, dan Tanjung Perak serta trayek T-3 di Tanjung Priok, Jemaja/Letung, Tarempa, Midai, Selat Lampa, Serasan dan kembali ke Tanjung Priok.
Untuk angkutan kendaraan PT Pelni di semester I, juga mengalami peningkatan sebesar empat persen dibandingkan semester I 2019, yakni dari 3.536 unit menjadi 3.681 unit.

“Peningkatan juga terjadi pada muatan Responsibility and excellent delivery (redpack), atau layanan end to end logistik Pelni dari 74.569 kg/m3 menjadi 156.884 kg/m3, atau sebesar 110 persen,” jelasnya.

Yahya berharap, dengan mulai dibukanya beberapa pelabuhan sebagai akses keluar-masuknya muatan barang dan masyarakat, akan meningkatkan performa perusahaan di waktu mendatang.

“Kita berharap pembukaan akses ini bisa menjadi peluang untuk menjalin kerja sama dengan berbagai BUMN, swasta, maupun instansi lainnya,” tutupnya. []

Airport Services

Sinergi BUMN & BUMD, Angkasa Pura Support Tandatangani MoU dengan Bank Kalsel

MediaBUMN

Published

on

Bank Kalsel

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT Angkasa Pura Suport (APS) salah satu anak perusahaan BUMN PT Angkasa Pura I (Persero) menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dengan PT Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Selatan (Bank Kalsel) untuk mendukung pengelolaan pemenuhan tenaga alih daya dan layanan facility management.

Penandatanganan MoU ini dilakukan secara virtual oleh Direktur Utama APS Desy Sulistyorini dan Direktur Utama Bank Kalsel Agus Syabarrudin, disaksikan oleh Dendi T. Danianto selaku Direktur Pengembangan Usaha PT Angkasa Pura I (Persero), Direktur Operasional Bank Kalsel Ahmad Fatrya Putra, dan Direktur SDM & Keuangan APS E. Dhanianto Wibowo pada Kamis 25 Februari di Jakarta dan Banjarmasin.

“Tahun 2021 ini Angkasa Pura I fokus untuk mengembangkan portofolio dan ekspansi bisnis untuk meningkatkan pendapatan alternatif dari bisnis non-aeronautika, salah satunya melalui anak perusahaan. Kami sangat mengapresiasi terjalinnya sinergi antara APS dengan Bank Kalsel yang merupakan salah satu BPD terbaik di Tanah Air dan berharap dapat terus mengembangkan potensi dan kerja sama yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak pada masa mendatang,” ujar Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi.

“Kerja sama APS dan Bank Kalsel ini merupakan Sinergi Merah Putih antara BUMD dan BUMN yang menjadi gateway untuk kerjasama yang lebih besar lagi. APS percaya dapat memberikan pelayanan berkualitas prima untuk memudahkan Bank Kalsel dalam pemenuhan tenaga alih daya yang terlatih di bidang facility management seperti tenaga cleaning service, cleaning high rise, security, dan landscape. Selain itu kami juga mendukung penyediaan sistem ICT, penyediaan peralatan gedung kantor seperti CCTV dan fleet management, serta pengelolaan parking management,” jelas Direktur Utama APS Desy Sulistyorini.

“Penandatangan MoU antara Bank Kalsel dengan APS diharapkan dapat menjadi sinergi yang positif dan efektif karena selain saling menguntungkan kedua pihak juga memenuhi kebutuhan masyarakat akan layanan perbankan di lingkungan Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin. Hal tersebut sesuai dengan lingkup kerjasama dalam MoU hari ini dalam layanan perbankan di antaranya fasilitas kantor kas, fasilitas ATM dan fasilitas Banua Card Bank Kalsel untuk pembayaran parkir di area bandara,” tambah Direktur Utama Bank Kalsel Agus Syabarrudin.

Luncurkan PanggilAja.com

Sebelumnya pada momentum pelaksanaan HUT ke 57 tahun Angkasa Pura I pada 22 Februari 2021 yang lalu APS secara resmi meluncurkan layanan bisnis terbaru di bidang facility service berbasis website dan mobile apps yaitu PanggilAja.com.

“PanggilAja.com hadir sebagai sebuah inovasi bisnis berbasis teknologi dari APS untuk menunjang kinerja perusahaan serta diharapkan dapat berkontribusi terhadap pendapatan bisnis non-aeronautika Angkasa Pura I sebagai induk,” kata Desy Sulistyorini.

PanggilAja.com merupakan solusi pembersihan fasilitas rumah tangga dan perkantoran di tengah pandemi Covid-19 yang hadir dengan protokol kesehatan yang lebih higienis, cepat, hemat dan aman. Saat ini layanan ini telah hadir di 6 (enam) kota di Indonesia yaitu Jakarta, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar dan Makassar. []

Continue Reading

Airport Services

Wujudkan Kesetaraan Akses Pekerjaan bagi Penyandang Disabilitas, Angkasa Pura I Rekrut Pegawai Penyandang Disabilitas

MediaBUMN

Published

on

penyandang disabilitas

MEDIABUMN.COM, Jakarta, – PT Angkasa Pura I (Persero) merekrut empat tenaga kerja penyandang disabilitas yang akan ditempatkan pada Unit Training and Development di Kantor Pusat Jakarta dan Unit Stakeholder Relations di Kantor Cabang Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo, Bandara Adi Soemarmo Solo, dan Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang.

Hal ini merupakan bentuk komitmen perusahaan terhadap perwujudan kesetaraan akses pekerjaan dan pemenuhan hak pekerja penyandang disabilitas sesuai dengan program Kementerian BUMN yang melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Kementerian Ketenagakerjaan pada Juli 2020 lalu terkait pelatihan kerja dan penempatan tenaga kerja penyandang disabilitas di BUMN.

Adapun empat tenaga kerja penyandang disabilitas yang direkrut tersebut merupakan peserta yang lolos seleksi Program Perekrutan Bersama (PPB) Disabilitas tahun 2020 di mana latar belakang pendidikannya yaitu S1 Sastra Inggris, S1 Pendidikan Bahasa Inggris, dan S1 Administrasi Bisnis dengan jenis disabilitas daksa.

“Sebagai perusahaan yang bervisi global, Angkasa Pura I mendukung berbagai upaya yang terdapat dalam sustainable development goals dan konvensi internasional, termasuk pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas dalam mengakses pasar kerja. Rekrutmen penyandang disabilitas ini merupakan wujud komitmen perusahaan terhadap kesetaraan akses pekerjaan bagi siapapun warga negara Indonesia yang memenuhi syarat kapabilitas dan profesionalitas untuk bekerja di Angkasa Pura I,” ujar Vice President Corporate Secretary PT Angkasa Pura I (Persero) Handy Heryudhitiawan. []

Continue Reading

Airport Services

Angkasa Pura I Sambut Baik Rencana Penggunaan GeNose C-19 di Bandara

MediaBUMN

Published

on

GeNose C-19

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT Angkasa Pura I (Persero) menyambut baik rencana Pemerintah untuk menggunakan alat deteksi Covid-19 GeNose C-19 di bandara pada 1 April 2021 mendatang. Hal ini menumbuhkan optimisme di sektor aviasi di mana dengan adanya layanan tes Covid-19 dengan harga terjangkau ini berpotensi meningkatkan trafik penumpang pesawat udara.

Saat ini, Angkasa Pura I tengah melakukan persiapan uji coba penggunaan GeNose C-19 sesuai Surat Direktur Keamanan Penerbangan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara nomor AU.201/4/12/DJPU.DKP-2021 perihal persiapan dan percobaan penggunaan peralatan GeNose C-19. Pada tahap uji coba ini Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulon Progo akan dijadikan bandara percobaan pelaksanaan uji coba penggunaan GeNose C-19.

“Angkasa Pura I sangat menyambut baik rencana penggunaan alat tes Covid-19 GeNose C-19 di bandara pada 1 April mendatang. Hal ini merupakan sentimen positif bagi sektor aviasi di mana layanan tes Covid-19 dengan harga terjangkau berpotensi meningkatkan trafik penumpang pesawat udara,” ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi.

Pada fase persiapan ini, Angkasa Pura I akan berkoordinasi dengan pihak penyedia alat GeNose C-19 untuk meyediakan 40 alat GeNose C-19, menyiapkan area lokasi layanan GeNose C-19 di YIA, menyiapkan prosedur alur pemeriksaan Covid-19 menggunakan GeNose C-19, dan kemudian melakukan simulasi pemeriksaan Covid-19 menggunakan GeNose C-19 pada minggu ketiga Maret 2021.

Pada tahap awal, layanan tes Covid-19 menggunakan GeNose C-19 akan diimplementasikan pada YIA dan secara bertahap akan diterapkan di seluruh bandara Angkasa Pura I. Layanan GeNose C-19 di bandara Angkasa Pura I dikhususkan bagi masyarakat yang sudah memiliki tiket penerbangan. Untuk harga layanan GeNose C-19 di bandara Angkasa Pura I akan diinformasikan kemudian menjelang penerapan GeNose C-19 di bandara pada 1 April 2021 mendatang.

“Dengan adanya layanan GeNose C-19 nanti di bandara, akan menambah pilihan layanan tes Covid-19 selain swab antigen dan PCR. Hal ini akan semakin memudahkan pengguna jasa bandara yang ingin melakukan perjalanan udara,” tambah Faik Fahmi. []

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM

error: Content is protected !!