Menteri Rini Resmikan 5 PLTS di NTT

oleh
Menteri Rini

Menteri Rini (Menteri Badan Usaha Milik Negara / BUMN Rini M Soemarno) dalam kunjungan kerjanya ke NTT (6/10) meresmikan 5 Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang telah dibangun PT PLN (Persero) untuk mendukung pasokan listrik di NTT terutama bagi masyarakat yang tinggal di pulau-pulau terluar.

Adapun lokasi PLTS tersebut 3 diantaranya berada di Kabupaten Manggarai Barat yaitu Desa Seraya Mareannu (190 Kwp), Desa Pasir Putih (530Kwp) dan Desa Batu Tiga (120Kwp). Sementara 2 lokasi lainnya berada di Desa Nuca Molas, Kabupaten Manggarai (380kWp), dan Desa Usulanu, Kabupaten Rote Ndao (70kWp).

Menteri Rini secara simbolis meresmikan PLTS Desa Pasir Putih di Pulau Messa yang merupakan PLTS terbesar PLTS-PLTS yang dibangun di Provinsi NTT. PLN secara umum telah membangun 11 PLTS, 5 diantaranya telah beroperasi dan telah siap mengalirkan listrik bagi masyarakat di pulau-pulau terluar.

“Kami sangat bangga, PLN telah membangun 11 PLTS di NTT, dan 5 diantaranya sudah beroperasi sehingga sangat bermanfaat bagi masyarakat. Kami terus mendorong dan memastikan 6 PLTS bisa selesai dibangun dan bisa membantu masyarakat,” papar Menteri Rini.

Dalam kesempatan tersebut, turut mendampingi Menteri Rini, Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama PLN, Sripeni Inten menegaskan jika pihaknya akan terus berupaya untuk meningkatkan rasio elektrifikasi (RE) terutama daerah-daerah yang sulit dijangkau untuk mendorong perbaikan ekonomi di wilayah tersebut.

“Kami pastikan akan terus membangun infrastruktur kelistrikan di seluruh pelosok negeri, untuk membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat. Dengan adanya listrik kami yakin ekonomi akan menggeliat, anak-anak bisa belajar dan bisa menarik investor,” ujarnya.

Tidak hanya meningkatkan rasio elektrifikasi, Sripeni menegaskan jika PLN juga tengah berupaya menggenjot pemanfaatan energi baru terbarukan.

“5 PLTS yang diresmikan ini menjadi bentuk kesungguhan PLN untuk peningkatan EBT,” tutup Sripeni. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *