Menteri Rini Ingin Indonesia Bisa Swasembada Garam

by
Swasembada Garam

Pemerintah melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terus mendorong peningkatan produksi garam nasional sehingga Indonesia bisa segera swasembada garam. Untuk itu, PT Garam (Persero) sebagai satu-satunya BUMN di industri garam harus semakin agresif untuk mewujudkannya.

Hal itu disampaikan Menteri BUMN Rini Soemarno usai melakukan panen garam bersama ratusan petani garam di Desa Bipolo, Kecamatan Sulamu, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (14/8).

Kegiatan panen garam dilakukan di lahan garam milik PT Garam (Persero) dengan luas lahan 318 Hektare/Ha dan dihadiri pejabat di lingkungan Kementerian BUMN, para Direksi BUMN, pejabat pemerintahan daerah NTT dan tokoh masyarakat lainnya.

Baca Juga: Sinergi BUMN Salurkan KUR Untuk Petani Garam

Keberadaan ladang garam milik PT Garam di Bipolo merupakan salah satu lahan garam potensial yang masih akan terus dikembangkan untuk mendorong kapasitas produksi nasional dan perbaikan ekonomi masyarakat sekitar.

“Saya bahagia hari ini bisa hadir di sini bersama para petani garam melakuan panen bersama. Lahan garam di sini cukup luas dan potensial. Tentunya ini akan sangat bermanfaat terutama dalam mendorong perbaikan ekonomi masyarakat Bipolo khususnya dan masyarakat NTT umumnya,” ungkap Rini.

Selain potensi dan manfaat yang diperoleh masyarakat dari hasil panen garam tersebut, lanjut Rini, keberadaan lahan garam di Desa Bipolo juga dapat dimanfaatkan untuk tambak ikan atau udang sebagai alternatif penghasilan masyarakat.

“Lahan di sini juga potensial, sehingga PT Garam dapat bekerja sama dengan petani di sini di mana saat musim panen selesai, petani dapat memanfaatkan lahan di garam untuk untuk tambak ikan atau udang, sehingga pendapatan petani bisa meningkat,” tutupnya. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *