Connect with us
PERTAMINA

Airport Services

Menteri Parenkraf Lakukan Kunjungan Kerja ke NTB, Angkasa Pura I Paparkan Kesiapan Bandara Lombok Sambut MotoGP Mandalika

MediaBUMN

Published

on

Bandara Lombok

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Manajemen PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara Internasional Lombok memaparkan kesiapan Bandara Lombok untuk menyambut perhelatan MotoGP Mandalika kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat melakukan kunjungan kerja ke Lombok pada Jumat 15 Januari 2021.

Hingga 15 Januari 2021, progress proyek perluasan terminal Bandara Internasional Lombok telah mencapai 93 persen dan ditargetkan dapat selesai serta beroperasi pada Februari 2021. Selain proyek perluasan terminal, Angkasa Pura I juga melakukan perpanjangan dan pengerasan landas pacu (runway) Bandara Internasional Lombok dari 2.750 meter menjadi 3.300 meter dan pengerasan runway meningkatkan nilai PCN dari 56 menjadi 64. Dengan spesifikasi panjang runway dan tingkat PCN itu, maka runway Bandara Lombok Praya dapat mendukung operasional pesawat berbadan lebar (wide body) sekelas B777 dan pesawat kargo peserta MotoGP.

“Saya baru mendapat update dari Angkasa Pura I mengenai kesiapan Bandara Lombok dalam menyambut gelaran MotoGP yang insyaallah akan dilaksanakan tahun ini. Selain itu saya tadi memantau protokol kesehatan yang diterapkan di Bandara Lombok ini dan sudah berjalan dengan cukup baik,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Terkait status Bandara Internasional Lombok, Menparekraf Sandiaga Uno berharap bisa dipertahankan dan menambah jumlah penerbangan langsung dari berbagai destinasi ke Bandara Lombok ini. Dengan banyaknya penerbangan langsung, dapat meningkatkan geliat sektor parekraf.

“Bandara Lombok ini tetap menjadi bandara internasional karena pariwisata dan ekonomi kreatif akan sangat bertumbuh dengan adanya penerbangan langsung. Didukung big data, kita bisa melihat minat wisatawan yang berkunjung ke NTB tidak hanya di sekitar Mandalika saja namun juga tersebar di Rinjani, Senggigi hingga Sumbawa,” ujarnya.

“Angkasa Pura I mendukung penuh pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika yang menjadi lokasi penyelenggaraan MotoGP 2021 dan pengembangan pariwisata Lombok secara umum melalui pengembangan kapasitas Bandara Lombok yang menjadi pintu gerbang bagi turis internasional, nantinya ketika penerbangan internasional sudah dibuka, dan turis domestik,” ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi.

Untuk proyek perpanjangan runway Bandara Lombok, lanjut Faik Fahmi, ditargetkan dapat selesai pada Mei 2021 setelah perluasan terminal penumpang ditargetkan dapat beroperasi pada Februari 2021. Nantinya total luas terminal penumpang menjadi 43.501 meter persegi dengan kapasitas sekitar 7 juta penumpang per tahun, bertambah 19.378 meter persegi dari luas eksisting yang hanya 24.123 meter persegi dengan kapasitas yang hanya dapat menampung 3,5 juta penumpang per tahun.

Selain perpanjangan dan pengerasan runway yang baru mulai dilakukan, pada triwulan 4 tahun 2020 ini juga dilakukan pembuatan rapid exit taxiway (RET), parallel taxiway timur dengan luas 865 meter x 23 meter, dan perluasan apron menjadi 136.300 meter persegi dari luas eksisting yang hanya 108.100 meter persegi. Dengan apron seluas 136.300 meter persegi, maka apron dapat menampung 16 pesawat dengan konfigurasi 10 pesawat narrow body dan 6 pesawat wide body.

Selain itu, juga dilakukan pengembangan fasilitas kargo dan pembangunan waving gallery, serta perluasan parkir penumpang. Adapun fasilitas kargo yang dikembangkan yaitu pembuatan jalan akses kargo sepanjang 1.500 meter dan perluasan pelataran kargo menjadi 6.000 meter persegi dari 3.566 meter persegi. Pembuatan RET, parallel taxiway timur, perluasan apron, pengembangan fasilitas kargo, pembangunan waving gallerry, dan perluasan parkir penumpang ditargetkan dapat beroperasi pada Juli 2021. []

Airport Services

Sinergi BUMN & BUMD, Angkasa Pura Support Tandatangani MoU dengan Bank Kalsel

MediaBUMN

Published

on

Bank Kalsel

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT Angkasa Pura Suport (APS) salah satu anak perusahaan BUMN PT Angkasa Pura I (Persero) menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dengan PT Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Selatan (Bank Kalsel) untuk mendukung pengelolaan pemenuhan tenaga alih daya dan layanan facility management.

Penandatanganan MoU ini dilakukan secara virtual oleh Direktur Utama APS Desy Sulistyorini dan Direktur Utama Bank Kalsel Agus Syabarrudin, disaksikan oleh Dendi T. Danianto selaku Direktur Pengembangan Usaha PT Angkasa Pura I (Persero), Direktur Operasional Bank Kalsel Ahmad Fatrya Putra, dan Direktur SDM & Keuangan APS E. Dhanianto Wibowo pada Kamis 25 Februari di Jakarta dan Banjarmasin.

“Tahun 2021 ini Angkasa Pura I fokus untuk mengembangkan portofolio dan ekspansi bisnis untuk meningkatkan pendapatan alternatif dari bisnis non-aeronautika, salah satunya melalui anak perusahaan. Kami sangat mengapresiasi terjalinnya sinergi antara APS dengan Bank Kalsel yang merupakan salah satu BPD terbaik di Tanah Air dan berharap dapat terus mengembangkan potensi dan kerja sama yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak pada masa mendatang,” ujar Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi.

“Kerja sama APS dan Bank Kalsel ini merupakan Sinergi Merah Putih antara BUMD dan BUMN yang menjadi gateway untuk kerjasama yang lebih besar lagi. APS percaya dapat memberikan pelayanan berkualitas prima untuk memudahkan Bank Kalsel dalam pemenuhan tenaga alih daya yang terlatih di bidang facility management seperti tenaga cleaning service, cleaning high rise, security, dan landscape. Selain itu kami juga mendukung penyediaan sistem ICT, penyediaan peralatan gedung kantor seperti CCTV dan fleet management, serta pengelolaan parking management,” jelas Direktur Utama APS Desy Sulistyorini.

“Penandatangan MoU antara Bank Kalsel dengan APS diharapkan dapat menjadi sinergi yang positif dan efektif karena selain saling menguntungkan kedua pihak juga memenuhi kebutuhan masyarakat akan layanan perbankan di lingkungan Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin. Hal tersebut sesuai dengan lingkup kerjasama dalam MoU hari ini dalam layanan perbankan di antaranya fasilitas kantor kas, fasilitas ATM dan fasilitas Banua Card Bank Kalsel untuk pembayaran parkir di area bandara,” tambah Direktur Utama Bank Kalsel Agus Syabarrudin.

Luncurkan PanggilAja.com

Sebelumnya pada momentum pelaksanaan HUT ke 57 tahun Angkasa Pura I pada 22 Februari 2021 yang lalu APS secara resmi meluncurkan layanan bisnis terbaru di bidang facility service berbasis website dan mobile apps yaitu PanggilAja.com.

“PanggilAja.com hadir sebagai sebuah inovasi bisnis berbasis teknologi dari APS untuk menunjang kinerja perusahaan serta diharapkan dapat berkontribusi terhadap pendapatan bisnis non-aeronautika Angkasa Pura I sebagai induk,” kata Desy Sulistyorini.

PanggilAja.com merupakan solusi pembersihan fasilitas rumah tangga dan perkantoran di tengah pandemi Covid-19 yang hadir dengan protokol kesehatan yang lebih higienis, cepat, hemat dan aman. Saat ini layanan ini telah hadir di 6 (enam) kota di Indonesia yaitu Jakarta, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar dan Makassar. []

Continue Reading

Airport Services

Wujudkan Kesetaraan Akses Pekerjaan bagi Penyandang Disabilitas, Angkasa Pura I Rekrut Pegawai Penyandang Disabilitas

MediaBUMN

Published

on

penyandang disabilitas

MEDIABUMN.COM, Jakarta, – PT Angkasa Pura I (Persero) merekrut empat tenaga kerja penyandang disabilitas yang akan ditempatkan pada Unit Training and Development di Kantor Pusat Jakarta dan Unit Stakeholder Relations di Kantor Cabang Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo, Bandara Adi Soemarmo Solo, dan Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang.

Hal ini merupakan bentuk komitmen perusahaan terhadap perwujudan kesetaraan akses pekerjaan dan pemenuhan hak pekerja penyandang disabilitas sesuai dengan program Kementerian BUMN yang melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Kementerian Ketenagakerjaan pada Juli 2020 lalu terkait pelatihan kerja dan penempatan tenaga kerja penyandang disabilitas di BUMN.

Adapun empat tenaga kerja penyandang disabilitas yang direkrut tersebut merupakan peserta yang lolos seleksi Program Perekrutan Bersama (PPB) Disabilitas tahun 2020 di mana latar belakang pendidikannya yaitu S1 Sastra Inggris, S1 Pendidikan Bahasa Inggris, dan S1 Administrasi Bisnis dengan jenis disabilitas daksa.

“Sebagai perusahaan yang bervisi global, Angkasa Pura I mendukung berbagai upaya yang terdapat dalam sustainable development goals dan konvensi internasional, termasuk pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas dalam mengakses pasar kerja. Rekrutmen penyandang disabilitas ini merupakan wujud komitmen perusahaan terhadap kesetaraan akses pekerjaan bagi siapapun warga negara Indonesia yang memenuhi syarat kapabilitas dan profesionalitas untuk bekerja di Angkasa Pura I,” ujar Vice President Corporate Secretary PT Angkasa Pura I (Persero) Handy Heryudhitiawan. []

Continue Reading

Airport Services

Angkasa Pura I Sambut Baik Rencana Penggunaan GeNose C-19 di Bandara

MediaBUMN

Published

on

GeNose C-19

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT Angkasa Pura I (Persero) menyambut baik rencana Pemerintah untuk menggunakan alat deteksi Covid-19 GeNose C-19 di bandara pada 1 April 2021 mendatang. Hal ini menumbuhkan optimisme di sektor aviasi di mana dengan adanya layanan tes Covid-19 dengan harga terjangkau ini berpotensi meningkatkan trafik penumpang pesawat udara.

Saat ini, Angkasa Pura I tengah melakukan persiapan uji coba penggunaan GeNose C-19 sesuai Surat Direktur Keamanan Penerbangan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara nomor AU.201/4/12/DJPU.DKP-2021 perihal persiapan dan percobaan penggunaan peralatan GeNose C-19. Pada tahap uji coba ini Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulon Progo akan dijadikan bandara percobaan pelaksanaan uji coba penggunaan GeNose C-19.

“Angkasa Pura I sangat menyambut baik rencana penggunaan alat tes Covid-19 GeNose C-19 di bandara pada 1 April mendatang. Hal ini merupakan sentimen positif bagi sektor aviasi di mana layanan tes Covid-19 dengan harga terjangkau berpotensi meningkatkan trafik penumpang pesawat udara,” ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi.

Pada fase persiapan ini, Angkasa Pura I akan berkoordinasi dengan pihak penyedia alat GeNose C-19 untuk meyediakan 40 alat GeNose C-19, menyiapkan area lokasi layanan GeNose C-19 di YIA, menyiapkan prosedur alur pemeriksaan Covid-19 menggunakan GeNose C-19, dan kemudian melakukan simulasi pemeriksaan Covid-19 menggunakan GeNose C-19 pada minggu ketiga Maret 2021.

Pada tahap awal, layanan tes Covid-19 menggunakan GeNose C-19 akan diimplementasikan pada YIA dan secara bertahap akan diterapkan di seluruh bandara Angkasa Pura I. Layanan GeNose C-19 di bandara Angkasa Pura I dikhususkan bagi masyarakat yang sudah memiliki tiket penerbangan. Untuk harga layanan GeNose C-19 di bandara Angkasa Pura I akan diinformasikan kemudian menjelang penerapan GeNose C-19 di bandara pada 1 April 2021 mendatang.

“Dengan adanya layanan GeNose C-19 nanti di bandara, akan menambah pilihan layanan tes Covid-19 selain swab antigen dan PCR. Hal ini akan semakin memudahkan pengguna jasa bandara yang ingin melakukan perjalanan udara,” tambah Faik Fahmi. []

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM

error: Content is protected !!