Menteri BUMN Dukung Kesejahteraan Petani Kopi Jember

by

Akhir Pekan Kemarin (01/7) Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini M. Soemarno melakukan kunjungan kerja ke Jember Jawa Timur. Adapun dalam kunjungan tersebut Menteri Rini bertemu langsung dengan kelompok Petani Kopi di Gunung Gumintir, Desa Sidomulyo, Kecamatan Silo.

Dalam kesempatan tersebut Menteri Rini mengegaskan bahwa ia memberikan dukungan penuh untuk kesejahteraan petani kopi tersebut. Rini secara khusus mengatakan bersama BUMN akan mendorong kesejahteraan petani melalui berbagai program strategis BUMN yaitu program kemitraan, pembiayaan serta bimbingan kepada seluruh petani di desa tersebut.

Kesulitan para petani dalam mengakses pembiayaan, pasar dan budidaya menjadi sorotan utama Menteri Rini. Lebih lanjut Rini menginstruksikan Bank BNI dan PT Perkebunan Nusantara XII (Persero) atau PTPN XII untuk bersinergi memberikan binaan dan bantuan pembiayaan melalui Kredi Usaha Rakyat atau KUR sera program kemitraan.

Program pemberdayaan dilatarbelakangi kesulitan petani kopi selama ini dalam memperoleh akses pembiayaan, pasar dan pelatihan budidaya kopi yang baik. Dukungan ditunjukkan dengan sinergi dua BUMN yaitu PT Perkebunan Nusantara XII dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Melalui sinergi, para petani kopi binaan PTPN XII mendapatkan pembiayaan melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Program Kemitraan (PK) dari BNI.

“Dengan sinergitas yang dibangun tersebut diharapkan akan lebih mendorong petani kopi di Jember akan semakin meningkat khususnya dari sisi kesejahteraan. Saya berterimakasih kepada BNI dan PTPN XII yang telah bersinergi dengan baik,” ujarnya.

Selain kemudahan akses pada sisi pembiayaan, para petani, lanjut Rini, juga menerima manfaat melalui kegiatan capacity building yaitu berupa pelatihan budidaya kopi agar lpetani dapat lebih unggul dan produktif.

Tentunya saya sangat senang selain pemberdayaan bagi petani dari sisi harga kopi juga jauh lebih menguntungkan petani,” ujarnya.

BNI, sebut Rini, telah menyalurkan Rp12, Miliar bagi petani kopi di Jawa Timur yang tercatat sebenyak 1.577 petani. Adapun pembiayaan KUR diberikan untuk 559 petani dengan pembiayaan Rp5,2 Miliar serta Program Kemitraan yang diberikan kepada 1.018 petani dengan pembiayaan Rp7,6 Miliar. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *