Connect with us
PERTAMINA

Airport Services

Menhub Budi Karya Apresiasi Kesiapan dan Fasilitas YIA

MediaBUMN

Published

on

Budi Karya

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Menteri Perhubungan Republik Indonesia Budi Karya Sumadi mengapresiasi kesiapan dan kelengkapan fasilitas Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) dalam kunjungan kerjanya ke Bandara Internasional Yogyakarta pada Jumat, 26 Juni 2020 pagi.

“Saya lihat fasilitas YIA sudah semakin baik dan diharapkan YIA menjadi salah satu infrastruktur untuk meningkatkan pariwisata di Yogyakarta,” ujar Budi Karya Sumadi. Selain itu, Budi Karya Sumadi juga mendorong Angkasa Pura I untuk terus konsisten dalam menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

“Angkasa Pura I harus selalu konsisten dalam melaksanakan protokol kesehatan dan berkoordinasi dengan Satgas Covid -19 Pusat dalam pengelolaan bandara di masa adaptasi kebiasaan baru atau new normal,” imbuh Budi Karya Sumadi dalam kunjungannya untuk meninjau sarana dan prasarana transportasi di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta pada Jumat 26 Juni 2020.

Menanggapi apresiasi tersebut, Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi menyampaikan, “YIA merupakan salah satu bandara di Indonesia dengan fasilitas terbaik. Hal ini dapat dilihat dari kualifikasi runway terbaik di Indonesia, panjang 3,250 m x 45 m dan ketebalan pavement classification number (PCN) 107 sehingga dapat didarati oleh pesawat terbesar dan terberat saat ini yaitu A380 dan Boeing 777-300ER. Terminal penumpang dengan luas 219.000 meter persegi mampu menampung 20 juta penumpang per tahun, 11 kali lipat dari Bandara Adisutjipto yang hanya 1,8 juta penumpang per tahun, serta memiliki 22 parking stand, 10 garbarata serta terminal kargo dengan kapasitas kargo 500 ton per hari”.

Bandara ini juga dirancang memiliki sistem penanggulangan bencana alam seperti bangunan gedung terminal anti gempa bumi hingga 8.8 skala richter dan terjangan tsunami hingga 12 meter. Selain itu, arsitektur bandara ini tidak hanya modern, namun secara eksterior dan interior tetap menggambarkan budaya Yogyakarta, baik itu melalui instalasi karya seni yang melibatkan berbagai seniman lokal Yogyakata, serta beragam area yang telah didesain secara khusus untuk menjadi etalase Yogyakarta, Kulon Progo dan sekitarnya.

Terkait penerapan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19, YIA berupaya untuk selalu konsisten menerapkan protokol tersebut, bahkan melakukan pengetatan penerapan protokol kesehatan ketika terjadi peningkatan trafik penumpang.

Selain penerapan protokol kesehatan, YIA juga menyediakan layanan rapid test bagi calon penumpang yang berlokasi di lantai mezzanine gedung penghubung YIA dengan hasil cepat dan harga terjangkau. Proses pemeriksaan hingga mendapatkan hasil rapid test memakan waktu sekitar 30 menit, tergantung antrean. Pemeriksaan rapid test dilakukan oleh petugas rumah sakit. Layanan ini buka setiap hari pukul 06.00-16.00 WIB sehingga dapat memberikan kemudahan bagi calon penumpang yang akan melakukan keberangkatan dari YIA namun surat keterangan bebas Covid-19 nya sudah tidak berlaku.

ADAPUN PROTOKOL KESEHATAN YANG DITERAPKAN YAITU:

– Seluruh personil dan mitra usaha yang bertugas di bandara diwajibkan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD), terutama masker.

– Penyediaan hand sanitizer di berbagai titik di bandara.

– Penerapan jarak fisik atau physical distancing di seluruh area, termasuk di area mitra usaha.

– Kursi antrian pengecekan dokumen penumpang di area kedatangan dan keberangkatan telah diatur menjadi single-seat untuk memastikan jarak antar penumpang terjaga.

– Personil yang bertugas secara berkala juga mengingatkan seluruh penumpang untuk selalu menjaga jarak fisik, menggunakan masker, dan menjaga kebersihan diri.

Sebagai informasi, pada periode 1 – 23 Juni 2020 terjadi peningkatan trafik penumpang mencapai 1.500 orang per hari, bahkan mencapai 2.000 orang per hari pada akhir pekan. Pada periode ini terdapat total 35.343 penumpang dengan trafik pesawat mencapai 556 pergerakan. Jumlah trafik penumpang di YIA ini merupakan trafik tertinggi ke-empat pada periode ini di antara bandara Angkasa Pura I lainnya.

Bandara Angkasa Pura I dengan trafik tertinggi pada periode ini yaitu Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dengan 107.123 penumpang, diikuti oleh Bandara Juanda Surabaya dengan 101.075 penumpan, dan Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan dengan 66.779 penumpang. []

Airport Services

Angkasa Pura I Borong 2 Penghargaan pada Ajang Indonesia Best BUMN Award 2020

MediaBUMN

Published

on

Best BUMN Award

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT Angkasa Pura I (Persero) meraih dua penghargaan pada ajang Indonesia Best BUMN Award 2020 yang diselenggarakan oleh WartaEkonomi.co.id. Kedua penghargaan tersebut yaitu “The Best Financial Performance” dan “Virtual Customer Service for Passenger Convenience”.

Penganugerahan penghargaan diberikan oleh CEO & Chief Editor WartaEkonomi.co.id Muhamad Ihsan kepada Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi secara virtual dan disaksikan oleh Founder dan Prescom Majalah Warta Ekonomi Fadel Muhammad pada Jumat 27 November 2020. Indonesia Best BUMN Award 2020 yang bertema “The Guardian of Indonesia” ini merupakan penghargaan dari Warta Ekonomi bagi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memiliki kinerja keuangan dan kebijakan strategis perusahaan dalam melakukan inovasi produk atau jasa, strategi bisnis, integrasi, ataupun ekspansi bisnis pdada 2019 bagi kepentingan masyarakat Indonesia.

“Penghargaan ini merupakan apresiasi terhadap baiknya kinerja keuangan dan layanan Angkasa Pura I pada 2019. Meski mengalami penurunan trafik penumpang dibanding tahun 2018 akibat berbagai tantangan di industri aviasi, seperti kenaikan harga tiket pesawat, diresmikannya 7 akses ruas tol, dan faktor lainnya, namun pendapatan perusahaan tetap tumbuh 1,4 persen dibanding 2018. Selain itu, dari sisi pelayanan, kami juga menginisiasi berbagai inovasi layanan bagi pengguna jasa bandara secara berkelanjutan, salah satunya virtual customer service. Hal ini merupakan perwujudan komitmen kami terhadap pengembangan berkelanjutan pada setiap lini proses bisnis,” ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi.

Best BUMN Award

Layanan pelanggan virtual atau virtual customer service merupakan layanan petugas customer service yang tidak berhadapan langsung secara fisik dengan pengguna jasa bandara, namun melalui perangkat layar monitor. Petugas customer service yang semula bertugas memberikan layanan informasi kepada pengguna jasa bandara di gerai customer service, kini ditempatkan secara terpusat di Airport Operation Control Center (AOCC) dengan fasilitas layanan menggunakan teknologi tele-conference. Layanan ini dioptimalkan ketika pandemi Covid-19 merebak.

“Komitmen kami adalah terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jasa bandara, mitra usaha, mitra bisnis, dan seluruh stakeholder. Walau berada dalam masa pandemi dan adaptasi kebiasaan baru, komitmen kami untuk memberikan pelayanan terbaik yang berlandaskan aspek keselamatan, keamanan, maupun kenyaman tetap diwujudkan,” tambah Faik Fahmi.

Penghargaan Indonesia Best BUMN Award 2020: The Guardian of Indonesia kali ini, melakukan dua penilaian, yaitu kinerja keuangan (financial performance) dan kebijakan strategis perusahaan dalam melakukan inovasi produk ataupun jasa, strategi bisnis, integrasi, ataupun ekspansi bisnis. Tim peneliti Warta Ekonomi menggunakan pendekatan desk research deskriptif kuantitatif untuk menilai kinerja keuangan BUMN berdasarkan laporan tahunan atau laporan keuangan tahun 2019 yang dikeluarkan perusahaan. Selain itu, tim peneliti Warta Ekonomi menggunakan metode media monitoring untuk menilai kebijakan strategis perusahaan dalam melakukan inovasi produk ataupun jasa, strategi bisnis, integrasi, ataupun ekspansi bisnis. []

Continue Reading

Airport Services

Sabet Penghargaan BUMN Informatif! Bukti Konsistensi Angkasa Pura I Dalam Mendukung Keterbukaan Informasi Publik

MediaBUMN

Published

on

BUMN Informatif

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT Angkasa Pura I (Persero) meraih penghargaan sebagai BUMN Informatif dengan nilai 90,72 dari Komisi Informasi Pusat pada ajang Anugerah Keterbukaan Informasi Publik. Status klasifikasi “Informatif” merupakan status penghargaan terbaik bagi badan publik yang menyelenggarakan layanan informasi publik. Adapun klasifikasi lainnya yaitu “Menuju Informatif”, “Cukup Informatif”, “Kurang Informatif”, dan “Tidak Informatif”.

Penghargaan tersebut diumumkan dan diserahkan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin kepada Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi secara virtual pada acara Penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2020 Rabu 25 November 2020.

“Sebagai bentuk dukungan terhadap upaya pewujudan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih melalui keterbukaan informasi publik, Angkasa Pura I senantiasa melakukan perbaikan berkelanjutan dalam implementasi layanan informasi publik. Selain melakukan pengembangan kompetensi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi, Angkasa Pura I juga melakukan inovasi seperti optimalisasi media digital untuk layanan informasi publik ini. Kami berterima kasih kepada Komisi Informasi Pusat dan pemangku kepentingan terkait atas apresiasinya terhadap upaya kami dalam memberikan layanan informasi publik,” ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi.

Penghargaan ini, lanjut Faik Fahmi, merupakan apresiasi terhadap para Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi dan pegawai Angkasa Pura I lainnya yang turut berkontribusi terhadap layanan informasi publik Angkasa Pura I yang handal. “Semoga penghargaan ini dapat menjadi penyemangat bagi PPID dan pegawai terkait layanan informasi publik Angkasa Pura I untuk dapat memberikan layanan informasi publik yang lebih baik lagi,” ujar Faik Fahmi.

Adapun inovasi layanan informasi publik Angkasa Pura I terkait optimalisasi media digital yaitu:

1. Pembuatan website khusus layanan informasi publik dengan alamat ppid.ap1.co.id yang terintegrasi dengan website utama ap1.co.id.

2. Optimalisasi fitur permohonan informasi online melalui website yang terintegrasi dengan email khusus PPID.

3. Pembuatan video animasi tutorial permohonan informasi yang dapat diakses pada website.

4. Aktivasi media sosial yang menarik yakni mengedepankan konten-konten yang kreatif, informatif, dan edukatif, yang mana mampu meningkatkan follower hingga 18.000 selama 8 bulan terakhir.

5. Optimalisasi media-media seperti giant wall sebagai media informasi perkembangan perusahaan.

6. Dalam kaitannya dengan kolaborasi dengan instansi serta publik dalam proses penyedaan, pelayanan, hingga penyebarluasan informasi, selama Januari hingga Agustus 2020 sudah ada 40 konten kolaborasi bersama 14 instansi dan lembaga sosial.

Ke depannya, untuk mendukung pengembangan layanan informasi publik perusahaan, akan dibuat aplikasi mobile agar semakin memudahkan publik dalam melakukan permohonan informasi ke Angkasa Pura I.

Anugerah Keterbukaan Informasi Publik diselenggarakan untuk mengevaluasi implementasi Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik Nomor 14 Tahun 2008 oleh tujuh kategori badan yaitu Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Pemerintah Provinsi, Kementerian, Perguruan Tinggi Negeri, Lembaga Negara dan Lembaga Pemerintah Non-Kementerian (LP/LPNK), Partai Politik, dan Lembaga Non-Struktural.

Sebagai informasi, tahun 2020 ini, badan publik yang dievaluasi sebanyak 348 badan publik, sedangkan yang berpartisipasi sebanyak 291 badan publik. Berdasarkan rentangan penilaian monitoring dan evaluasi badan publik tahun 2020 yang dilaksanakan oleh Komisi Pusat melibatkan delapan juri dari kalangan akademisi, peneliti, pegiat keterbukaan informasi dan media massa, untuk kategori Badan Publik Informatif hanya 17,43 persen (60 Badan Publik) dan Menuju Informatif 9,77 persen (34 Badan Publik) yang dapat dinilai telah melaksanakan UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Rentang nilai setiap kategori yaitu 90-100 untuk kategori Informatif; 80-89,9 untuk kategori Menuju Informatif; 60-79,9 untuk kategori Cukup Informatif (termasuk rendah keterbukaan informasinya); 40-59,9 untuk kategori Kurang Informatif; dan 0-39,9 untuk kategori Tidak Informatif. []

Continue Reading

Airport Services

Tiga Bandara Angkasa Pura I Raih Penghargaan Bandara Sehat 2020 dari Kementerian Kesehatan

MediaBUMN

Published

on

Bandara Sehat

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Tiga bandara Angkasa Pura I meraih Penghargaan Bandara Sehat 2020 pada ajang Penghargaan Bidang Kesehatan dan Lingkungan 2020 yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Hal ini merupakan salah satu bukti komitmen Angkasa Pura I dalam menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 secara konsisten. Pengumuman penghargaan dilakukan pada Selasa 17 November 2020 secara virtual. Pada kegiatan tersebut turut memberikan kata sambutan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putrato dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Adapun tiga bandara Angkasa Pura I yang meraih penghargaan tersebut yaitu Bandara Jenderal Anhmad Yani Semarang, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, dan Bandara Lombok Praya.

“Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi terhadap komitmen Angkasa Pura I dalam menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 di seluruh area bandara Angkasa Pura I. Penghargaan ini juga melengkapi berbagai apresiasi dari berbagai pihak, baik dari dalam negeri seperti apresiasi dari Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wihsnutama Kusubandrio, hingga mitra global seperti Incheon Airport International Corporation, terhadap upaya Angkasa Pura I dalam menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan konsisten. Kami berterima kasih kepada Kementerian Kesehatan atas penghargaan ini yang dapat memicu kami untuk meningkatkan kinerja pelayanan pada masa adaptasi kebiasaan baru,” ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi.

Pada sambutannya, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan bahwa inisiasi ini berguna sebagai bentuk pencegahan Covid-19 dengan penerapan protokol kesehatan termasuk di tempat fasilitas umum.

“Sesuai peraturan pemerintah, kegiatan ini dapat menjadi momentum mengajak seluruh komponen anak bangsa dalam perilaku hidup sehat serta penerapan protokol di tempat dan fasilitas umum,” ujar Menteri Kesehatan Terawan dalam sambutannya secara virtual, Selasa (17/11).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menambahkan, “Upaya yang dilakukan ini memang penting untuk didorong oleh berbagai kementerian atau lembaga terkait. Selain itu, kebijakan yang terintegrasi dalam protokol kesehatan lingkungan ini pun perlu terus dioptimalkan agar semua pihak dapat menerapkan protokol kesehatan secara konsisten”.

Angkasa Pura I secara konsisten menerapkan protokol kesehatan perusahaan terkait pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan bandara. Seiring dengan mulai meningkatnya trafik penerbangan, Angkasa Pura I juga secara rutin melakukan pengawasan kepada pengguna jasa bandara untuk menerapkan protokol kesehatan secara disiplin.

Kesuksesan penerapan Protokol Kesehatan Angkasa Pura I ditandai oleh apresiasi dari Menteri BUMN Erick Thohir ketika melakukan kunjungan ke Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang pada 16 Mei lalu dan apresiasi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parenkraf) Wishnutama Kusubandio ketika melakukan kunjungan ke Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali pada 18 Juni 2020 lalu.

Menteri BUMN Erick Thohir saat itu mengapresiasi kinerja para petugas Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang yang menjalankan tugasnya dengan baik dalam menyiapkan operasional penerbangan pada masa pembatasan perjalanan orang yang dapat dilihat dari penyediaan kursi tunggu berjarak, pengaturan alur penumpang, dan pengaturan jadwal penerbangan untuk mengantisipasi antrean di bandara. Sedangkan Menteri Parenkraf Wishnutama mengapresiasi penerapan protokol kesehatan di bandara hingga ke proses pengaturan saat penumpang mengambil bagasi.

“Angkasa Pura I menjamin bahwa penerapan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid19 di 15 bandara dilakukan secara konsisten dan disiplin. Kami selalu memastikan kebersihan pada fasilitas-fasilitas publik seperti konter check in, trolley, self check-in machine, security check point, tray & x-ray, toilet, boarding pass scanner, hand rail, arm chair, dan lain sebagainya di bandara kami dilakukan pembersihan secara intens dan berkala menggunakan disinfektan. Hal ini perlu disampaikan untuk meningkatkan kepercayaan diri masyarakat untuk melakukan perjalanan udara dengan nyaman dan aman di tengah masa adaptasi kebiasaan baru ini,” ujar Faik Fahmi.

Angkasa Pura I senantiasa berkomitmen untuk konsisten menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan perusahaan dan bandara demi meningkatkan kepercayaan diri masyarakat untuk melakukan perjalanan udara dengan aman dan nyaman di masa adaptasi kebiasaan baru.

Adapun Protokol New Normal Perusahaan dapat dilihat dan diunduh pada: https://ap1.co.id/id/information/pedoman-new-normal-covid19

Continue Reading

Label

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM

error: Content is protected !!