Melalui PESAT bank bjb Siap Dukung Pemprov Jabar Bidik 100.000 Wira Usaha Baru

by

Untuk mencapai target bisnis di tahun 2018 bank bjb telah menyusun rencana strategis perbankan, salah satunya yaitu strategi dalam meningkatkan usaha Mikro di Jawa Barat melalui Program PESAT (Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Terpadu).

Baca Juga : Tingkatkan Pemberdayaan UMKM, bank bjb Jalin Sinergitas dengan Bank Sampoerna

Menurut Direktur Utama bank bjb, Ahmad Irfan, program PESAT merupakan upaya perbankan melakukan pembinaan serta pelatihan UMKM. Materinya antara lain yaitu memberikan wawasan usaha serta langkah-langkah strategis dalam pengembangan usaha.

“Dengan mengikuti program ini kami berharap pelaku usaha mikro bisa naik kelas sehingga bisa mendapat kepercayaan ketika mengakses permodalan melalui perbankan,” terangnya.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa dengan adanya Program PESAT secara tidak langsung sangat membantu upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar yang menargetkan 100.000 Wira Usaha Baru (WUB).

“Program PESAT sangat sejalan dengan upaya Pemprov dalam target di sektor mikro,” ujarnya.

Bank bjb, sebut Ahmad Irfan, senantiasa berkomitmen untuk menjadi yang terdepan dalam pengembangan sektor mikro di Jawa Barat. Bukan hanya sisi permodalan, namun bank bjb, lanjutnya, juga mendorong agar sektor mikro bisa memiliki kompetensi yang baik seperti halnya usaha skala besar.

“Melalui pembinaan dan pelatihan serta upaya lainnya yang bertujuan memajukan usaha-usaha mereka. Ke depan bank bjb akan terus melakukan ekspansi bisnis di sektor-sektor strategis seperti penyaluran kredit di sektor UMKM,” ujar Ahmad Irfan.

Baca Juga : Kinerja Aset Gemilang, Katrol Posisi bank bjb ke Posisi 13 Besar Nasional

Seperti diketahui bahwa kredit UMKM bank bjb di tahun 2017 mengalami peningkatan yang cukup signifikan yaitu mencapai 33%. Oleh karenanya, lanjut Ahmad Irfan, pada tahun 2018 perbankan membidik target diatas pencapaian tahun lalu. Menurutnya bank bjb akan senantiasa fokus pada sektor mikro pasalnya sektor tersebut sangat kuat meskipun badai krisis menempanya.

Selain itu, pada akhir tahun lalu bank bjb juga berhasil mencatat kontribusi dari realisasi penyaluran kredit UMKM sebesar 17% terhadap total pinjaman. Pencapaian tersebut lebih tinggi dari yang dipatok oleh regulator untuk UMKM yaitu sebesar 15%.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *