Mantan Menteri Jokowi Jadi Bos Perusahaan BUMN

oleh
mantan Menteri

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Beredar kabar para mantan Menteri Presiden Joko Widodo (Jokowi) di kabinet kerja periode pertama akan menempati beberapa pos sebagai bos di perusahaan-perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Bahkan Sekretaris Kabinet Pramono Anung tak sungkan-sungkan menyatakan beberapa di antaranya yang akan jadi kandidat pimpinan perusahaan pelat merah.

Pramono, Senin (25/11) berseloroh Rudiantara, mantan menteri komunikasi dan informatika itu akan mengisi jabatan baru sebagai direktur utama PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN.

Bahkan hal tersebut disampaikan Pramono telah final diputuskan. Kendati demikian, pernyataan Pramono ini masih diplomatis, bukan pernyataan yang tegas menanggapi isu Rudiantara saat ini sebagai calon kuat mengisi jabatan di PLN.

“Mudah-mudahan saja dalam waktu dekat ini segera dilantik, yang jelas saya sudah tanda tangan dan sudah dibahas di tim penilai akhir, sekarang ini ada di tangan menteri BUMN,” terang Pramono.

Dalam penjelasannya, Pramono mengungkapkan adanya keinginan dari Presiden Jokowi di tubuh perusahaan BUMN, seperti PLN dan Pertamina.

Presiden berharap ada perubahan dan pembenahan di dua intansi tersebut, apalagi saat ini terjadi defisit neraca perdagangan Indonesia yang dipengaruhi dua perusahaan tersebut.

Sementara itu, sebelumnya Rudiantara tak menampik kabar dirinya sebagai Dirut PLN. Ia hanya menyatakan hal tersebut bisa jadi sebagai rumor.

“Barangkali ini rumor?” kata Rudi beberapa waktu lalu.

Selain nama Rudiantara yang akan mengisi pos di PLN, juyga beredar nama-nama mantan menteri Jokowi lainnya di periode pertama menjabat sebagai presiden.

Nama lainnya tersebut adalah Mantan Menteri ESDM Ignasius Jonan serta Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Informasinya kedua nama tersebut akan mengisi pos jabatan di dua perusahaan negara.

Jonan diinformasikan akan isi pos di PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Sementara untuk Susi akan mengisi pos di sektor BUMN perikanan.

Susi informasinya akan merapa di Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo). Namun belum jelas jabatan apa yang akan diemban Susi, apakah komisrasi atau direksi perusahaan.

Menanggapi hal tersebut Staf Khusus Menteri BUMN Bidang Komunikasi Publik Arya Sinulingga belum dapat memastikan kebenarannya. Namun dirinya tak membantah hal tersebut.

Menurutnya Kementerian BUMN tidak menutup kemungkinan mantan menteri dan mantan wakil menteri diberikan peluang sebagai petinggi BUMN.

“Semua ada kemungkinan, kita cari untuk melengkapi BUMN, baik mantan menteri maupun mantan wakil menteri. Kita cari yang cocok dan tidak memaksakan,” katanya. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *