Menteri BUMN: “Magang di Perusahaan BUMN Bukan Disuruh Bikin Kopi & Fotocopy”

by

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno dalam orasinya di kampus Universitas Indonesia (UI) depok belum lama ini mengeaskan bahwa dirinya siap mengawal program bersertifikat di perusahaan BUMN.

Hal ini menindaklanjuti penandatanganan fasilitas magang UI dengan 10 BUMN, yaitu Bank Mandiri, BRI, BTN, BNI, Bulog, Taspen, Waskita Karya, Perikanan Indonesia, Telkom dan PTPN III.

Dala program tersebut Rini siap memberikan jaminan kepastian kepada mahasiswa akan ilmu yang bermanfaat sebelum bisa langsung terjun ke dunia kerja.

“Magang itu bukan untuk disuruh bikin kopi dan fotocopy! Ibu dulu magang di Citibank, kita harus berani tanya apa tugas kita,” ujar Rini.

Oleh karenanya, Rini meminta kepada ke-10 Direktur SDM untuk melaksanakan program magang bersertifikat dengan sebaik-baiknya. Selain itu, imbuhnya, ia meminta dilakukan monitoring atas pekerjaan yang diberikan kepada mahasiswa UI yang ikut program tersebut.

Program ini merupakan upaya yang dilakukan Kementerian BUMN untuk mendorong peningkatan SDM yang lebih berkualitas. Terlebih, lanjut Rini, persaingan ke depan yang semakin ketat.

Dengan adanya program tersebut, jelas Rini, mahasiswa akan menjalani masa magang selama 6 bulan. Jika sudah lulus, nantinya terbuka peluang untuk melanjutkan kerja di BUMN dengan model PKWT (Perjanjian Kerja Waktu Tertentu).

“PKWT ini tentunya bersertifikat. Dengan adanya program ini maka BUMN dan UI saling memperoleh manfaat yang sangat baik,” tutupnya. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *