Lowongan BUMN Segera dibuka Besar-besaran! Simak Infonya

oleh
Lowongan BUMN

Lowongan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) akan segera membuka seleksi program perekrutan bersama (PPB) secara besar-besaran paling lambat akhir tahun ini. formasi yang diutuhkan akan segera diumumkan menyusul saat ini masih dalam perhitungan jumlah formasi yang dibutuhkan oleh masing-masing perusahaan pelat merah.

Menurut Direktur Eksekutif Forum Human Capital Indonesia (FHCI) Sofyan Rohidi, saat ini masing-masing perusahaan masih melakukan pendataan untuk kebutuhan SDM baru. Dari perhitungan tersebut nantinya baru akan diumumkan jumlah lowongan BUMN yang dibuka.

“Lowongan BUMN pasti akan dibuka secara besar-besaran. Tetapi saat ini masih belum diketahui berapa-berapanya untuk kebutuhan masing-masing BUMN. Masih dalam tahap perhitungan,” ujarnya.
Adapun berdasarkan Anggaran Perusahaan (RKAP) pada tahun 2019 Kementerian BUMN menyampaikan jika perusahaan-perusahaan BUMN secara total membutuhkan setidaknya 11 ribu SDM baru. Dimana 3.310 SDM telah dilakukan pengrekrutan pada PPB gelombang tahap pertama.

Tapi tidak bisa disimpulkan bahwa saat ini kebutuhan riil BUMN sekarang adalah selisih dari angka tersebut, yaitu 7.690. Pasalnya masing-masing BUMN ada yang melakukan rekrutmen di luar program PPB. Untuk itu perlu dihitung kembali.

“(BUMN) kadang kerja sama dengan universitas (melakukan rekrutmen), kan juga berjalan ya. Kemungkinan dengan universitas juga sudah ada beberapa yang bisa terpenuhi ya,” terangnya.
Jadi perlu dihitung kembali berapa banyak kebutuhan karyawan baru BUMN yang sudah dipenuhi melalui mekanisme tersebut maupun mekanisme lainnya.

“Kita harus kembali lagi berapa riilnya sebenarnya kebutuhannya, berapa yang sudah diumumkan, berapa yang sudah dipenuhi dengan kerja sama (universitas) itu. Nah kita hitung kembali,” tambahnya. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *