LinkAja Resmi Menjadi Uang Elektronik Pembayaran BPJS

oleh
uang elektronik

MEDIABUMN.COM, JakartaLinkAja telah resmi menjadi satu-satunya uang elektronik yang terdapat akses layanan pembayaran BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK).

Hal tersebut disampaikan Direktur Utama LinkAja Danu Wicaksana di Jakarta, (Rabu (13/11). Dijelaskannya saat ini LinkAja menjadi aplikasi uang elektronik yang memiliki layanan pembayaran BPJS Ketenagakerjaan.

“ LinkAja kini hadir mempermudah pembayaran BPJAMSOSTEK,” ujarnya.

Seperti diketahui BPJAMSOSTEK memiliki jaminan-jaminan untuk para pelanggannya, seperti jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, dan jaminan hari tua bagi peserta bukan penerima upah dan pekerja migran Indonesia .

“Hal ini merupakan salah satu komitmen dari kami dalam menjawab tantangan utama di bidang pembayaran digital, di antaranya kebiasaan masyarakat dalam menggunakan uang tunai dan akses terhadap layanan keuangan yang saat ini masih terbatas,” jelasnya.

Tak sampai disitu dijelaskannya juga bahwa perlindungan BPJAMSOSTEK sendiri pada dasarnya seperti yang diketahui juga terkait tiga jenis kepesertaan, di antaranya seperti penerima upah, bukan penerima upah, pekerja migran Indonesia.

Kendati demikian untuk saat ini, layanan yang baru bisa diakses melalui aplikasi LinkAja adalah pembayaran BPJAMSOSTEK bagi peserta bukan penerima upah dan pekerja migran Indonesia.

Bukan penerima upah dalam BPJAMSOSTEK sendiri dijelaskan untuk setiap pekerja yang melakukan usaha ekonomi secara mandiri, contohnya seperti pedagang, pengendara ojek dan petani.

Sementara untuk para pekerja migran Indonesia ditujukan kepada setiap warga negara Indonesia yang akan, sedang, atau sudah melakukan pekerjaannya dan telah menerima upah di luar wilayah negaranya (Republik Indonesia).

Sekedar informasi, untuk pembayaran lewat aplikasi LinkAja hanya bisa dilakukan bagi para peserta yang sudah terdaftar.

Jika belum terdafat maka yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah mendaftarkan diri.

Untuk melakukan pendaftaraan, peserta BPJAMSOSTEK bukan penerima upah hanya melakukan pendaftaran online mandiri di situs https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/bpu.

Sedangkan bagi BPJAMSOSTEK pekerja migran Indonesia yang saat ini berada diluar negeri dapat mendaftar melalui https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/migran.

Dijelaskan Direktur Pelayanan BPJS TK Krishna Syarif, BPJAMSOSTEK mendukung adanya kerjasama pembayaran iuran menggunakan LinkAja.

“Kami melihat ini bisa menjadi salah satu solusi terbaik para peserta BPJAMSOSTEK untuk mendapatkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan dengan memberikan kemudahan-kemudahan, khususnya terkait pendaftaran dan pembayaran iuran,” tandasnya. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *