LinkAja Jadi Pengganti E-Money, Brizzi, dan TapCash

by
LinkAja

LinkAja yang merupakan integrasi platform sistem pembayaran Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) kini bukan hanya soal QR code saja. Ke depannya seluruh platform sistem pembayaran digital Bank milik pemerintah (Bank BUMN) akan memiliki satu merk yaitu LinkAja.

Hal itu ditegaskan oleh General Manager eBanking PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk / BNI, Anang Fauzie.

“Betul! Semua Bank-bank BUMN akan menggunakan brand LinkAja,” ujarnya.

Baca Juga: Laba Bank BUMN Tembus Rp32 Triliun

Menurut Anang pada tahap awal integrasi memang masih akan dilakukan terhadap uang elektronik server based. Sebagai contoh yaitu T-Bank yang merupakan miliki Bak Rakyat Indonesia atau BRI. Kemudian e-cah yang merupakan milik Bank Mandiri serta yap! Uniqku yang sudah dikenal masyarakat milik Bank Negara Indonesia atau BNI.

“Sementara itu untuk kategori uang elektronik card-based beserta use case, atau merchantnya akan masuk pada tahap selanjutnya. Hal ini berbarengan dengan kesiapan dari sisi infrastruktur serta kesiapan teknologi merchant yang terkait,” lanjut Anang.

Artinya kartu elektronik milik anggota Himbara tadi, misalnya TapCash (BNI), Brizzi (BRI), dan e-money (Mandiri) akan berubah menjadi satu brand saja.

LinkAja merupakan transformasi dari layanan pembayaran milik PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), T-Cash. Kelak LinkAja akan dikelola oleh perusahaan bentukan Telkomsel, yaitu PT Fintek Karya Nusantara (Finarya). []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *